Kamis, 04 Mei 2017

Depresi Dan Penyakit Jiwa Perlu Mendapatkan Pengobatan Yang Serius

Posted by tina sindi on 17.57 with 6 comments

Saat ini penyakit manusia bermacam - macam. Ada penyakit yang terdeteksi ada juga yang susah terdeteksi. Termasuk penyakit Depresi atau penyakit jiwa. Kadang sang penderita penyakit ini tidak menyadari kalau dirinya terdeteksi penyakit Depresi. Ini yang membuat bahaya, karena nantinya akan bertambah parah dan menjadi gangguan jiwa yang membuat kita hilang ingatan.
Apakah yang dimaksud kesehatan jiwa?
Kesehatan jiwa adalah suatu kondisi yang memungkinkan berkembangnya fisik, intelektual dan emosional dari seseorang secara optimal.

Penyakit jiwa ini bukan saja menyerang orang dewasa, bahkan sekarang anak - anak dan remaja pun banyak yang mengalami penyakit jiwa. Berbagai macam faktor dan penyebab gangguan jiwa ini. Apalagi saat melihat anak kecil yang mengalami penyakit jiwa, sedih rasanya lihatnya.

Kok bisa ya....

Semua bisa terjadi dan penyebabnya bervariasi.
Dalam masa perkembangannya, setiap anak dan remaja memiliki kebutuhan khusus yang berbeda dengan orang dewasa. Proses tumbuh kembang anak terjadi dalam segala aspek, baik fisik, intelektual, psikologis, moral, sosial dan spiritual didalam tahapan atau fase yang berkesinambungan.
Upaya pemenuhan kebutuhan akan proses tumbuh kembang diatas telah ditangkap oleh RSJ Dr Soeharto Heerdjan Grogol Jakarta sejak 20 tahun lalu dengan memberikan layanan kesehatan jiwa anak dan remaja.

Sejak 1 April 2010, layanan tersebut telah menjelma menjadi sebuah unit layanan besar dengan gedung tersendiri berlantai dua. Terdiri dari layanan rawat jalan dan rawat inap.
Layanan tersebut bertujuan untuk memberi bantuan konsultasi, kebutuhan terapi dan perawatan akan masalah emosi dan perilaku pada anak dan remaja.
Saya juga sempat kaget mendengar ada anak - anak dan remaja yang mengalami gangguan jiwa.
Dan lebih beruntung nya lagi saya bisa melihat langsung saat ada undangan ke RS. Jiwa Dr. Soeharto Heerdjan Jakarta.
Disini saya menjadi paham dan bersyukur, betapa pentingnya kesehatan fisik dan kesehatan jiwa.

Ya... kesehatan fisik dan kesehatan jiwa haruslah seimbang. Mahal harganya saat melihat langsung pasien yang ada disini. Jadi masihkah kita tidak mau mensyukuri nikmat sehat ini.
Kesempatan yang sangat berharga untuk bisa datang langsung dan menjadi bagian di acara Ulang Tahun yang ke 150 RS. Jiwa Dr. Soeharto Heerdjan ini sangat lah bermanfaat bagi saya. Sebelum nya saya tidak pernah terpikir untuk mengunjungi RSJSHJ ini. Untuk apa dan bagaimana tak pernah terpikirkan. Tapi saat mendapatkan undangan yang sangat berharga dan langka ini, saya merasa senang sekali.

Bersama para Blogger kita diundang ke acara ulang tahun yang ke 150 RSJSH ini. Acara diawali dengan tour mengelilingi RSJSH. Visit Hospital ini di awali dengan mengunjungi ruangan rehabilitas para pasien. Pasien yang di rehabilitas disini, adalah pasien yang kondisi jiwanya sudah stabil namun mereka masih bingung untuk mengerjakan sesuatu. Dan mereka tetap berada di RSJSHJ ini karena keluarga ingin mental dan jiwanya benar - benar sembuh.

Gangguan Jiwa mengakibatkan terganggunya kemampuan ODMK ( Orang Dengan Masalah Kejiwaan ) untuk berperan secara bermakna di lingkungan keluarga dan masyarakat. Untuk itu dibutuhkan penanganan atau pelayanan REHABILITAS PSIKOLOGI.
Rehabilitas Psikologi adalah suatu pelayanan berupa strategi yang memfasilitasi peluang - peluang yang ada dalam individu dengan masalah kesehatan jiwa sehingga bisa berfungsi secara optimal di lingkungan dengan mengembangkan kemampuannya dan bisa beradaptasi dengan perubahan di lingkungan ( WHO. 1995 ).

Adapun waktu pelaksanaan Rehabilitasi ini adalah hari Senin s/d Jum'at  mulai dari jam 08.00 - 14.00 wib.

Ruang lingkup pelayanan :
1. Symptom Managementnya ( Manajemen Gejala) :

  • Melatih ODMK agar dapat mengenali tanda dan gejala untuk mencegah kemungkinan kambuh.
  • Melatih ODMK mengenali dan mengatasi gejala sisa.
  • Membantu memberdayakan ODMK untuk mengatasi penyakitnya dan dapat mengontrol kembali hidupnya.

2. Medication Management ( Manajemen Pengobatan ) :

  • Mengajarkan ODMK memahami pengobatan.
  • Mengajarkan ODMK memahami dan menilai efek obat dan efek samping obat.
  • Mengajarkan bagaimana mencari informasi dan berkonsultasi dengan profesi kesehatan terkait dengan obat yang mereka gunakan.

3. Basic Conversational Skills ( Keterampilan Percakapan Dasar ) :

  • Mengajarkan ODMK cara berbicara secara sistematik.
  • Melatih komunikasi secara efektif ( komunikasi verbal dan non verbal, Percakapan sehari - hari dan lain-lain )

4. Community Re-integration  ( Reintegrasi Ke - Masyarakat ) :

  • Mengajarkan bagaimana cara berintegrasi kembali di masyarakat setelah pulang kerumah
  • Melatih ODMK dengan keterampilan untuk perawatan diri ( self care ), pekerjaan rumah tangga, manajemen keuangan, menggunakan transportasi umum, interaksi sosial, latihan kerja mandiri.
  • Membantu ODMK untuk mendapatkan pekerjaan atau wiraswasta.
  • Mengajak ODMK mengunjungi bank, pasar dan tempat umum lainnya.


Pasien Rehabilitasi di RS Jiwa Soeharto Heerdjan Jakarta ini, semua pasien di mendapatkan pelajaran keterampilan sesuai dengan bakat dan keinginannya. Ada yang melukis, membuat bunga, membuat hantaran lamaran, membuat boneka. Membuat telur asin, membuat kue, belajar salon dan lain - lain. Keterampilan ini diharapkan dapat mempercepat penyembuhan pasien, dan setelah keluar RSJSHJ mereka bisa membuka usaha dan berbaur dengan. Masyarakat sekitarnya.


Sudah banyak juga pasien di RSJSHJ ini yang sudah sembuh dan membuka usaha. Banyak juga yang sukses dengan membuka usaha nya di masyarakat. Kuncinya sebagai keluarga harus tetap merangkul dan perlakukan seperti layaknya orang normal, agar mereka merasa nyaman dan tenang. Berikan kegiatan yang bisa membuat dirinya menjadi sibuk dan tidak murung. Hal ini akan membuat dirinya senang karena merasa mendapat perhatian.

Sungguh saya sangat terkejut melihat semua keterampilan tangan yang mereka buat. Semua hasilnya hampir sama seperti orang normal, meskipun ada beberapa yang masih ada kekurangannya.

Setelah Visit Hospital kami semua kembali keruangan untuk mendengarkan penjelasan para Dokter di RSJSHJ.  Disini juga saya semakin terkejut mendengar penjelasan bahwa saat ini masih ada orang yang dipasung.

RSJSHJ bekerjasama dengan Puskesmas setempat bila ada masyarakat yang menderita penyakit jiwa, lalu dipasung, maka RSJSHJ akan segera menjemput pasien agar mendapatkan pengobatan yang maksimal di RSJSHJ ini. Diapun yang mendengar ataupun melihat ada warga yang mengalami hal seperti itu, segera telepon ke RSJSHJ maka pihak RSJSHJ bersama dokter akan menjemput ke lokasi, dan dibawa ke RSJSHJ untuk diobati.
Karena semua manusia pada dasarnya wajib mendapatkan kesehatan yang maksimal.

Rumah Sakit Soeharto Heerdjan Jakarta ini juga bisa menggunakan BPJS kesehatan, jadi jangan takut dan ragu bila ada saudara, teman ataupun tetangga yang membutuhkan pengobatan jiwa, segeralah datang dan periksakan ke RSJSHJ ini.
Sebelum terlambat datang. Menyesal, karena apapun penyakitnya kita harus tetap berusaha dan berjuang semampu kita demi kesembuhan. Dan yang lebih tenang lagi, karena RSJSHJ ini bisa menggunakan BPJS kesehatan.

Sejarah Singkat RS. Jiwa Dr. Soeharto Heerdjan Jakarta :

RS. Jiwa Soeharto Heerdjan Jakarta didirikan berdasarkan Keputusan Kerajaan Belanda ( Koninklijkbesluit ) pada tanggal 30 Desember 1865 No. 100. Dan berdasarkan Keputusan Gubernur Jenderal ( Gouverneur Generalisasi ) tertanggal 14 April 1867, namun pembangunannya baru dimulai pada tahun 1876. Untuk menghilangkan Stigma masyarakat, maka pada tahun 1973 Rumah Sakit Jiwa Grogol diubah namanya menjadi Rumah Sakit Jiwa Jakarta kemudian pada tahun 1993 di ubah dengan nama Rumah Sakit Jiwa Pusat Jakarta dan terakhir pada tahun 2002 menjadi Rumah Sakit Jiwa Dr. Soeharto Heerdjan sampai dengan sekarang.


Jum'at 05 Mei 2017
tinapurbo@gmail.com
Categories:

6 komentar:

  1. Ternyata ODMK meningkat tiap tahunnya. Kebanyakan orang dengan usia produktif. Di Aceh kampung saya juga gitu. Tempo hari pernah diskusi sama temen tentang ini. Kebanyakan ODMK ini karena kalah dipemilihan caleg.. ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah...ngeri ya, duh jadi kita haruskan siap mental jg ya klu mau jd caleg supaya terhindar Dr Depresi

      Hapus
    2. Lebih kesian lagi keluarganya.. Modal banyak habis untuk pencalonan.. Btw, aku juga pengen sih sesekali melawat ke RSJ..

      Hapus
    3. Iya, sudah habis-habisan eh masih dikasih cobaan Depresi ya, ayo mba...banyak pelajaran yg bs kita petik di RS. Jiwa Dr. Soeharto Heerdjan Jakarta ini, jd banyak bersyukur masih diberi kesehatan fisik dan jiwa

      Hapus
  2. Kalo di Bali, rumah sakit yang terkenal itu di Bangli. Jadi kalo penduduk Jakarta punya stigma khusus untuk daerah Grogol, di sini ya di Bangli itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masing - masing daerah disediakan RSJ ya mba...jd masyarakat tetap mendapatkan pelayanan yang sama dan pelayanan yg cepat, tdk perlu jauh2 ke RSJ Grogol, terima kasih mba...sudah mampir

      Hapus