Minggu, 07 Mei 2017

Hipertensi Sangat Berbahaya! Periksalah Tekanan Darah Secara Rutin

Posted by tina sindi on 20.40 with 4 comments

Hipertensi adalah penyakit yang sangat berbahaya dan dapat menyebabkan kematian. Sayangnya masih banyak masyarakat yang tidak mengerti akan bahaya nya penyakit ini. Hipertensi juga menjadi faktor utama resiko penyakit Jantung dan Pembuluh Darah. Sedangkan penyakit Jantung adalah penyakit yang paling sering terjadi diantara penyakit tidak menular lainnya dan menyumbang 37% angka kematian. Laporan tersebut juga memperkirakan dari tahun 2012 sampai 2030, Indonesia akan menderita kerugian ekonomi sebesar USD 1,77 triliun yang disebabkan oleh penyakit Jantung.

Dalam rangka peringatan Hari Hipertensi Sedunia 2017, Yayasan Jantung Indonesia mengadakan Press Conference yang bertempat di Yayasan Jantung Indonesia Jakarta.
Press Conference yang bertema Beat of My Heart ini bertujuan untuk menyuarakan penting nya pemeriksaan darah secara rutin.
Hadir sebagai Narasumber dari Press Conference ini adalah :

  • Syahlina Zuhal, Ketua Umum Yayasan Jantung Indonesia.
  • Roswita Arifin, Ketua Panitia Acara "Beat of My Heart".
  • Kazuhide Kondo, Selaku Presiden Direktur PT Omron Healthcare Indonesia.
  • Dr. Siska Suridanda Danny, SpJP, FIHA, dari Yayasan Jantung Indonesia.


Menurut Ibu Syahlina Zuhal, Ketua Yayasan Jantung Indonesia, Hipertensi adalah salah satu penyakit yang diam - diam membunuh ( silent killer ) di dunia, termasuk di Indonesia.
Penyakit Hipertensi ini sangat minim gejalanya dan ini akan mengakibatkan komplikasi penyakit lain dalam tubuh kita. Untuk itu masyarakat perlu menyadari bahaya penyakit Hipertensi dan cara pencegahannya.

Bagaimana cara pencegahannya ?

Cara pencegahannya bermacam - macam, mulai dari memantau tekanan darah secara rutin di rumah sakit atau bisa juga dilakukan sendiri dirumah. Menerapkan Panca Usaha Jantung Sehat, yaitu dengan cara hidup SEHAT, apa saja hidup SEHAT itu :

  • Seimbangkan gizi
  • Enyahkan rokok
  • Hadapi dan Atasi Stres
  • Awasi Tekanan Darah dan
  • Teratur Berolahraga 

Menerapkan hidup SEHAT adalah salah satu Misi Yayasan Jantung Indonesia yaitu meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pencegahan penyakit Jantung dan Pembuluh darah melalui berbagai program edukasi tegas Ibu Syahlina Zuhal.

Tanggal 17 Mei adalah Hari Hipertensi Sedunia dan masyarakat kembali diingatkan untuk menjaga kesehatan dan mencegah penyakit Hipertensi, antara lain dengan melakukan pemeriksaan tekanan darah secara rutin.
Dalam rangka menyambut Hari Hipertensi Sedunia,
Yayasan Jantung Indonesia dan PT Omron Healthcare Indonesia akan melakukan pemeriksaan tekanan darah gratis bagi peserta yang hadir dalam acara "Beat of My Heart" tanggal 14 Mei 2017 mendatang, tegas Roswita Arifin, Ketua Panitia Acara "Beat of My Heart".

Dalam acara Press Conference ini juga Dr. Siska Suridanda Danny, SpJP, FIHA, dari Yayasan Jantung Indonesia menjelaskan bahwa Hipertensi tidak mengenal usia, jenis kelamin dan domisili ( perkotaan maupun desa ).
Hipertensi dapat menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah. Jika Hipertensi tidak terkendali maka akan menyebabkan stroke dan serangan jantung karena terjadi kerusakan pada pembuluh darah di otak dan di jantung.
Hipertensi dapat juga berdampak kepada organ penting lainnya seperti ginjal dan mata.
Hipertensi juga mengancam ibu hamil dan bayi dalam kandungan, tapi Hipertensi dapat dikendalikan dengan memperhatikan berat badan melalui olahraga yang teratur, mengurangi konsumsi garam serta beristirahat yang cukup.
Dan yang paling penting adalah mengukur tekanan darah secara rutin sebagai deteksi dini. Pada umumnya tekanan darah normal adalah 120/80 mm Hg. Selain itu gaya hidup masyarakat juga harus diubah menjadi pola hidup sehat.


Nah....serem ya dengernya. Hipertensi ini tenyata memang sangat berbahaya buat kita. Jadi kita harus waspada mulai dari sekarang. Ubah pola hidup kita dengan pola hidup sehat. Makan makanan yang sehat, olah raga teratur dan istirahat yang cukup. Kita tidak pernah tahu kapan dan dimana penyakit itu akan datang ke tubuh kita. Oleh sebab itu, sayangilah diri kita mulai saat ini. Hindari apapun yang akan menyebabkan penyakit selagi kita mampu.


Saya merasa tersadar bahwa penting hidup sehat ini. Teringat juga Mama yang telah pergi untuk selamanya, 2 bulan yang lalu. Mama tiba - tiba tidak sadarkan diri karena hasil CTScan ada kerusakan pada syaraf otak sebelah kiri, yang mengakibatkan badan sebelah kanannya mati. Ingatannya hilang dan tidak bisa berbicara. Dokter menjelaskan ditemukan berbagai macam komplikasi penyakit pada Mama, diantara Hipertensi, Jantung koroner, paru, gula, dan penyakit dalam.

Hal ini terjadi karena minimnya pengetahuan Mama tentang penyakit sehingga Mama tidak pernah memeriksa tekanan darahnya secara rutin dan juga memeriksa penyakit lainnya.
Ini menjadi pelajaran buat siapapun juga, bahwa kita yang merasakan haruslah kita sendiri yang sadar dan harus rutin memeriksakan diri ke Dokter. Sekecil apapun penyakitnya segera konsultasikan ke Dokter agar mendapatkan penanganan yang cepat.


Yayasan Jantung Indonesia adalah organisasi yang secara konsisten memasyarakatkan pola gaya hidup sehat, antara lain melalui klub jantung sehat yang telah tersebar di seluruh Indonesia sebanyak kurang lebih 3000 klub.
Jangan terlambat untuk selalu memeriksakan tekanan darah secara rutin. Saat ini PT. Omron Healthcare Indonesia, perusahaan terkemuka yang memproduksi peralatan monitor kesehatan jantung dan alat-alat kesehatan lainnya, menyuarakan bahaya Hipertensi jika masyarakat tidak melakukan pengecekan tekanan darah secara teratur. Hal ini diwujudkan dalam peringatan Hari Hipertensi Sedunia 2017 yang akan di lakukan Yayasan Jantung Indonesia bersama PT Omron Healthcare Indonesia. Kerja sama antara Yayasan Jantung Indonesia dan PT Omron Healthcare Indonesia telah terjalin dengan baik sejak tahun 2007.

Kazuhide Kondo, selaku Presiden Direktur PT Omron Healthcare Indonesia mengatakan, PT Omron mendukung Visi Yayasan Jantung Indonesia untuk memberikan edukasi mengenai pengendalian hipertensi dan setuju dengan upaya mengukur tekanan darah secara teratur dirumah. Karena hal ini dapat membantu deteksi hipertensi sejak dini.
Oleh karena itu sangat penting untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bahaya hipertensi. Dengan pengalaman lebih dari 40 tahun dalam mengembangkan alat pengukur tekanan darah digital, Omron mengajak masyarakat bertanggung jawab atas kesehatan diri sendiri dirumah masing - masing dengan menggunakan teknologi yang akurat.

Teknologi terbaru Omron adalah alat pengukur tekanan darah digital HEM-7280T ini yang memungkinkan pengguna memonitor data tekanan darah mereka melalui aplikasi Omron Connect dengan cara melakukan sinkronisasi nirkabel dengan ponsel dengan aplikasi Android ataupun iOS. Hal ini memudahkan pengguna mengumpulkan data tekanan darah kita serta membantu dokter mengevaluasi data tekanan darah tersebut.


Puncak dari peringatan Hari Hipertensi Sedunia 2017 ini, Yayasan Jantung Indonesia akan mengadakan program edukasi mengenai bahaya penyakit hipertensi dan kesadaran akan pemeriksaan tekanan darah secara rutin.
Acara dengan tema "Beat of My Heart", ini akan diadakan pada hari Minggu, 14 Mei 2017 di Ocean Ecopark - Ecovention Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara. Acara akan dimulai pada pukul 06.00 WIB hingga 11.00 WIB dan acara ini diperkirakan akan dihadiri sekitar 2.000 peserta. Rangkaian kegiatan acara ini antara lain pemeriksaan gratis untuk pengukuran tekanan darah, konsultasi dokter, senam jantung sehat, senam hip Heart, zumba, bincang sehat "Mengenal Hipertensi", tanda - tanda dan bahayanya Hipertensi, permainan menarik terkait edukasi penyakit hipertensi dan juga ada doorprize yang hadiah nya sangat luar biasa.

Untuk dapat mengikuti acara yang sangat mengedukasi ini, kita bisa membeli tiket masuk acara "Beat of My Heart", ini dengan harga tiket Rp 150.000 secara online maupun melalui kantor Pusat Yayasan Jantung Indonesia, di Jl. Teuku Umar No. 8, Jakarta Pusat. Tlp . (021) 3909176. Harga tiket sudah termasuk tiket masuk Taman Impian Jaya Ancol untuk satu peserta ( tidak termasuk tiket kendaraan ), kaos dan snack. Atau peserta dapat mendaftar untuk acara tersebut melalui website di : http://www.marizumba.com/


Senin 08 Mei 2017
tinapurbo@gmail.com
Categories:

4 komentar:

  1. tetanggaku ada yg kena hipertensi, sepertinya dia kudu ikut event beat of myheart yaaa mak :)

    makasih infonyaaa

    BalasHapus
  2. Nah...bener tuh mba maria Soraya, kasih info ini sama tetangga nya, kasian kan, biar dia dpt edukasi jg

    BalasHapus
  3. memang harus menerapkan pola hidup sehat. hal yg dianggap remeh selama ini ternyata berbahaya

    BalasHapus
  4. Hipertensi bukan hanya penyakit bermasalah di Indonesia, tapi di dunia juga, makasih buat tulisannya, keren dan bermanfaat banget. Jadi kita harus rajin2 cek tekanan darah ya, lebih baik mencegah daripada mengobati

    BalasHapus