Pasti Aman, Nyaman Dan Tenang Menabung Di Bank, Karena Di Jamin Oleh LPS


Menabung di Bank adalah suatu keharusan buat saya. Apalagi bagi kita yang sudah berkeluarga.  Minimal 10% dari penghasilan harus kita simpan di bank untuk dana darurat.  Dana darurat ini penting sekali untuk kita, bila terjadi musibah ataupun membutuhkan dana yang mendadak.

Sayangnya saat ini masyarakat masih beranggapan menabung di Bank banyak pertimbangannya dan lebih memilih menabung di rumah.  Padahal menyimpan uang di rumah jauh lebih rawan,  tidak aman dan tidak tenang.  Banyak kejadian perampokan yang terjadi saat ini dengan modus uang dan harta bahkan tidak sedikit yang sampai kehilangan nyawa nya.

Banyak alasannya untuk tidak mau menyimpan uang di Bank. Menabung di Bank masyarakat merasa takut kalau bank yang mereka percaya menyimpan simpanannya akan bangkrut atau tutup. Ada juga alasan lainnya yaitu malas untuk mengantri di bank ataupun alasan biaya administrasi. Sehingga masyarakat berpikiran, bila Bank tersebut bangkrut maka uang simpanan mereka akan hilang. Padahal dari segi keamanan menabung di bank jauh lebih aman dan terjamin.

Ya... Karena saat ini menabung di bank sudah di jamin oleh LPS ( Lembaga Penjamin Simpanan), jadi tidak perlu takut lagi,  karena apabila bank tempat kita menyimpan uang simpanan kita tutup maka dana kita di bank tersebut akan di jamin oleh LPS sampai simpanan senilai 2M loh. Nah... Apalagi yang ditakutkan kalau kita menabung di bank.

Apakah semua bank di jamin oleh LPS ?

Ya... Semua bank yang beroperasi di Indonesia sudah menjadi peserta LPS. Agar lebih aman lagi, apakah bank nya sudah menjadi peserta LPS, Bank tersebut akan memasang logo LPS di pintu bank kantor atau cabang bank, itu tandanya bank tersebut menjadi kepesertaan penjamin simpanan LPS.

Bank konvensional maupun bank syariah sudah banyak yang  menjadi kepesertaan LPS.
Nah... Jadi kalau mau menabung lihat -  lihat ya,  apakah ada stiker LPS di pintu Bank nya atau tidak ya,  demi keamanan kita semua.

Apakah semua tabungan di jamin oleh LPS ?
Iya, asalkan memenuhi syarat 3T, apa itu 3T ?

3T adalah :

  1. Tercatat dalam pembukuan Bank.
  2. Tingkat bunga tidak melebihi tingkat bunga penjamin.
  3. Tidak melakukan tindakan yang merugikan bank.


Terbukti kan menabung di bank jauh lebih aman,  nyaman dan tenang. Jadi walaupun bank nya tutup dana simpanan kita tetap bisa diambil karena LPS yang akan membayar dana simpanan kita.

Saat ini sudah 118 bank ( bank konvensional ataupun bank syariah) sudah menjadi peserta LPS.  Dan 1.700 an lebih BPR ataupun BPRS di seluruh Indonesia yang menjadi peserta penjamin LPS.
Dan yang perlu kita ketahui juga pada April 2016 lalu,  Undang - undang No. 9 tahun 2016 tentang pencegahan dan penengahan krisis sistem keuangan ( UU PPKSK)  telah di sah kan DPR RI dan sudah berlaku.  Undang -  undang ini di sah kan bertujuan untuk memperkuat stabilitas sistem keuangan melalui protokol penanganan krisis keuangan jika suatu saat terjadi krisis.
Undang -  undang PPKSK memberikan amanah lebih besar yang harus di emban oleh LPS dalam turut menjaga stabilitas keuangan dan penanganan krisis keuangan.

Bagaimana ?
Masih takut menabung di bank ?

Pastinya sudah tidak ya... Karena sudah ada penjamin tabungan kita yaitu LPS.  Banyak loh yang menabung di bank dengan penghasilan pas -  pas an tapi mereka bisa mewujudkan impian ya,  misalnya naik haji,  beli rumah,  biaya sekolah,  uang muka KPR dan masih banyak lagi keajaiban dari menabung.

Jadi yuk... Kita menabung di bank. Ga ada ruginya loh menabung di bank. Banyak manfaat juga kalau kita menabung di Bank.
Salah satunya kalau ada masalah keuangan yang membutuhkan biaya cepat kita mudah untuk menyelesaikannya. Manfaat lainnya mempunyai tabungan di bank, kita bisa kirim uang ke saudara ataupun keluarga dengan aman.

Sekarang bertambah mudah juga karena bank menyediakan kartu ATM yang bisa kita pergunakan untuk berbagai keperluan. Tidak perlu lagi membawa uang cash karena sangat berbahaya.
Jadi, ingin hidup kita aman pastikan kita tidak membawa uang cash yang berlebihan di dalam dompet. Cukup dengan ATM semua menjadi aman. Terhindar dari kecopetan, karena bila kita kecopetan, ATM bisa cepat kita blokir Dengan menghubungi call Center bank tersebut.
Yuk... ciptakan hidup aman, jauhkan dari bahaya yang mengintai.

Jum'at 05 Mei 2017
tinapurbo@gmail.com

Komentar