Langsung ke konten utama

Waspada Gangguan Tiroid "Kenali Gejala Awal Periksakan Dan Berobat Segera".


Waspada pada gangguan Tiroid !
Kelenjar Tiroid merupakan kelenjar endoktrin berbentuk kupu - kupu yang terletak pada bagian depan leher dibawah jakun atau menggantung dibagian tengah bawah leher.

Walaupun relatif kecil, namun kelenjar Tiroid memproduksi hormon yang dapat mempengaruhi setiap sel, jaringan dan organ tubuh kita.
Kelenjar Tiroid membantu tubuh untuk menggunakan energi agar tetap hangat serta membuat otak, jantung, otot dan organ lainnya bekerja sebagaimana mestinya.
pada anak - anak hormon Tiroid berperan penting untuk perkembangan otak dan tumbuh kembang anak.

Di Indonesia 17 juta penduduk menderita gangguan Tiroid. Penyebab gangguan Tiroid umumnya tidak diketahui. Gangguan Tiroid dapat terjadi pada siapa saja dan berbagai usia.

Waspadalah Dampak gangguan Tiroid.

Gangguan Tiroid serius dapat mempengaruhi kualitas hidup dan kehidupan sehari - hari. Gangguan Tiroid memiliki dampak psikologis secara khusus, gangguan pada kelompok usia tertentu dapat mempengaruhi :

  • Bayi baru lahir == Diseluruh dunia prevalensi hipotiroid kongenital 1 : 3000 dengan prevalensi 1 : 9000 di daerah endemik tinggi jika angka kelahiran sebanyak 5 juta bayi/tahun dengan kejadian 1 : 3000 kelahiran maka terdapat lebih dari 1600 bayi dengan hipotiroid kongenital per tahun yang akan terakumulasi tiap tahunnya.
  • Anak - anak == Anak - anak dapat mengalami gangguan tumbuh kembang dan perilaku. 1 : 6000 anak Indonesia menderita hipertiroid.
  • Usia dewasa / produktif == pada usia dewasa apabila penyakit tiroid tidak terdiagnosa dapat menyebabkan resiko gangguan kesehatan yang serius seperti : 
  1. Cardiovascular
  2. Osteoporosis
  3. Infertilitas 
1 dari 8 wanita akan menderita Tiroid dalam hidupnya wanita 5-8 x lebih rentan terkena gangguan Tiroid dibandingkan laki-laki 55% tidak menyadari menderita gangguan Tiroid.

  • Pada Ibu hamil == gangguan tiroid pada ibu hamil dapat mengakibatkan :
  1. meningkatkan resiko keguguran
  2. kelahiran premature
  3. gangguan pertumbuhan pada janin, bayi dan anak serius.
  • Usia lanjut == nodul ditemukan pada 1:2 wanita di usia postmenopause, dengan atau tanpa gangguan fungsi tiroid.

Penyakit Tiroid ada 2 jenis :

* HIPOTIROID

Sang kupu biru Hipotiroid bergerak dan tumbuh tidak secepat teman - temannya, dia sering lelah dan kadang - kadang lamban, kulitnya dingin dan detak jantungnya lebih lambat dibandingkan dengan kupu - kupu lain.

* HIPERTIROID 

Sang kupu - kupu merah muda Hipertiroid kurus, gelisah dan terlalu aktif, dia juga mudah tersinggung dan mudah marah, dia sering lapar dan makan banyak tetapi tetap saja kehilangan berat badan.

Waspada bentuk gangguan Tiroid 

A. Kelainan fungsi ( Hipertiroid / Hipotiroid ) adalah :
  • Apabila terlalu aktif, kelenjar tiroid akan menghasilkan terlalu banyak hormon tiroid. Kondisi ini dikenal sebagai "Hipertiroidisme".
  • Ketika kelenjar tiroid kurang aktif, kelenjar tidak menghasilkan cukup hormon tiroid yang dibutuhkan untuk menjaga metabolisme tubuh. Kondisi ini disebut "Hipotiroidisme".
  • Periksalah dengan pemeriksaan darah di laboratorium.
B. Kelainan Bentuk ( Struma / Nodul )
  • Struma / Gondok : pembesaran kelenjar tiroid.
  • Nodul : kelainan bentuk Tiroid yang dapat bersifat jinak / ganas dan seringkali tidak ada gejala.
C. Kanker Tiroid
  • Pada umumnya kanker Tiroid merespon terhadap pengobatan, walaupun ada bagian kecil yang bisa bersifat agresif.
D. Peradangan
  • Peradangan pada kelenjar tiroid ( Tiroiditis ).

Waspada Prevalensi gangguan Tiroid.

Penyakit Tiroid dapat menyerang segala usia diantaranya :
  • Bayi baru lahir
  • Anak - anak
  • Usia dewasa / Produktif
  • Usia lanjut.

Mari kita sama - sama waspada agar terhindar dari penyakit Tiroid.
ada 3 cara waspada pada penyakit tiroid :

1. Kenali
  • Kenali gangguan tiroid dan gejalanya.
  • Sebarkan informasi atau pengetahuan tentang gangguan tiroid dan gejalanya.
2. Diagnosa Dini
  • Skrining Hipotiroid Kongenital selamatkan generasi penerus bangsa. Skrining bayi baru lahir dalam 48 jam kelahiran.
  • Penilaian Mandiri
  • Konsultasikan ke dokter bila menduga ada gangguan tiroid.
  • Diagnosa bisa dilakukan dengan prosedur yang mudah misalnya dengan pemeriksaan darah.
3. Obati Segera
  • Gangguan Tiroid umumnya kondisi seumur hidup, namun bisa ditangani dengan pengobatan yang baik sejak dini.
  • Pengobatan gangguan tiroid tidak mahal dan efektif.

Ayo mari kita sama - sama waspada Tiroid, biasakan hidup sehat dengan makanan yang bergizi dan sehat.
Lindungi keluarga kita dari bahaya Tiroid.

Minggu 28 Mei 2017
tinapurbo@gmail.com

Komentar

  1. Kenali sejak dini bener mba,

    Aplagi gaya hidup skrang yg serba instan terkadang kita lupa diri....jdinya pola hidup gak sehat

    BalasHapus
  2. Yuk Mak Tina kita cegah dan waspadai gangguan tiroid sejak dini!

    BalasHapus
  3. Aduh aku aja udah cape ngobatin tiroid anakku selalu aja gak stabil

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Vitacimin White Dan Vitacimin Nutriglow Adalah Vitamin Untuk Wanita

Vitacimin meluncurkan produk barunya yang sangat membantu menjaga kesehatan para wanita. Vitacimin ini sebelumnya sudah terkenal dikalangan masyarakat yaitu merk Vitacimin C, yang telah ada di Indonesia dari generasi ke generasi. Dan kini Vitacimin meluncurkan produk terbaru nya yaitu Vitacimin White dan Vitacimin Nutriglow. Vitacimin ini adalah produk dari Takeda Indonesia.

PT. Takeda Healthcare Products Co., LTD., Kyoto, Jepang yang sudah dikenal memiliki standar kualitas yang tinggi. Vitacimin White dan Vitacimin Nutriglow merupakan suplemen makanan dalam bentuk tablet salut gula yang praktis untuk dikonsumsi setiap hari untuk membantu menjaga kesehatan.

Vitacimin White  ini dikemas dalam kemasan berwarna putih dan biru. Kandungan dalam Vitacimin White ini adalah Vitamin C, Vitamin E, Vitamin B2, L-Cysteine dan Vitamin B5 ( Pantothenate ).

Sedangkan untuk Vitacimin Nutriglow  dalam kemasan berwarna putih dan merah. Kandungan dalam Vitacimin Nutriglow ini adalah Vitamin C, Biotin, Vi…

Bergaya Di Studio Foto Surya Maxima Kota Lampung

Lampung... Mendengar kota ini selalu di kait - kait kan dengan hal - hal yang buruk.  Itulah awal mula pasangan suami istri ini mendirikan sebuah usaha di kota kelahirannya, Lampung.

Ya... Dari pengalamannya yang setiap pergi ke kota lain,  dan setiap kali ada percakapan dengan orang di kota lain,  selalu mendapat jawaban yang merasa diri nya sedih. Lampung selalu di cap menjadi kota penyalur pembantu,  kota tidak aman dan lain -  lain.  Dari situlah sepasang suami istri ini membangun usaha yang diharapkan dapat mengangkat nama Lampung.  Setidaknya bisa membuat kota Lampung lebih maju dan menciptakan lapangan pekerjaan buat anak -  anak muda Lampung menjadi maju dan kreatif.

Usahanya sangat berlian dan cemerlang,  usahanya itu membuat kota Lampung menjadi lebih maju.  Usaha ini pula di inisiatif dengan tidak ada Mall besar di Kota Lampung.
Studio Surya Maxima ini lah usaha yang didirikan oleh sepasang suami istri Mas Bayu dan Mba Yuke ( jebolan pencari bakat AFI asal Lampung di sebua…

Domus Rumah Permanen Instan

Apa itu rumah DOMUS 

Sebagian masyarakat sudah ada yang mengenal rumah DOMUS, ada juga yang belum tahu dan bahkan belum pernah dengar.
PT. Tatalogam Lestari melebarkankan sayapnya dengan membangun rumah DOMUS Instant permanen hanya dengan 5 hari, untuk rumah satu lantai. Bayangkan saja, rasanya tidak mungkin membangun sebuah rumah hanya membutuhkan waktu secepat itu. Tapi semua bisa dibuktikan oleh PT Tatalogam Lestari ini.

PT Tatalogam Lestari Adalah perusahaan genteng metal terbesar dan baja ringan terbesar di Indonesia. Berbagai penghargaan telah diraihnya. Dan kini Tatalogam Lestari kembali meluncur gebrakan nya dengan menghadirkan rumah instan permanen Domus. Perusahaan yang sudah ada sejak tahun 1994 ini menunjukkan keseriusannya dalam memproduksi genteng metal, baja ringan dan rumah DOMUS ini.

Pameran Indonesia Building Technologi EXPO pada tanggal 17 - 21 May 2017 yang bertempat di ICE - BSD CITY ini, PT Tatalogam Lestari ikut ambil bagian dalam pameran ini. Pameran yang berla…