Selasa, 30 Agustus 2016

Perempuan Harus Melek Teknologi Informasi dan Komunikasi

Posted by tina sindi on 06.06 with No comments

Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi ( TIK ) saat ini mengalami akselerasi yang sangat cepat.
Indonesia dengan Wilayah yang sangat luas sehingga perkembangan TIK nya belum merata kesemua lapisan masyarakat khususnya wilayah - wilayah yang berada jauh dari Ibu Kota Jakarta.
Penggunaan Teknologi ini sampai saat ini masih belum merata dan sempurna, Sebenarnya Teknologi Informasi dan Komunikasi ini sangat penting untuk kebutuhan kita sehari - hari terutama para wanita dan juga para ibu agar mereka lebih melek akan teknologi digital.

Jakarta dengan daya saing ekonomi yang sangat tinggi juga harus siap dalam persaingan Masyarakat Ekonomi Asean ( MEA ) dan perkembangan TIK menjadi kebutuhan bagi pemberdayaan masyarakat Jakarta menuju masyarakat mandiri dan maju.
Laki - laki ataupun perempuan memiliki kesamaan untuk memperoleh kesempatan dalam menggunakan TIK. Kesempatan bagi keduanya mampu mendorong peran dan partisipasi untuk kegiatan politik, hukum, ekonomi, sosial budaya, pendidikan, pertahanan dan keamanan nasional, serta pembangunan.
Setiap orang memiliki peluang atau kesempatan sehingga memperoleh manfaat yang sama dari TIK untuk mengambil keputusan terhadap cara penggunaan dan hasil sumber daya tersebut, ujar Deputi Bidang Partisipasi Masyarakat Kementrian PP dan PA, Agustina Erni pada acara roadshow, "Seputar Perempuan dan Anak - SEREMPAK.ID" di Jakarta.

Jakarta adalah menjadi tempat ketiga pilihan roadshow Serempak setelah Kota Makassar dan Surabaya dengan tema "Pendayagunaan Potensi Teknologi Informasi dan Komunikasi ( TIK ). Serempak yang berlangsung di Jakarta tanggal 01 Agustus 2016 yang bertempat di Sari Pan Hotel Jakarta ini adalah upaya untuk mengatasi kesenjangan gender di bidang TIK atau wujud kesetaraan gender melalui TIK berbasis masyarakat, yang berfungsi untuk meningkatkan kapasitas masyarakat menuju perubahan yang positif dan arah yang lebih baik.

Saat ini perempuan sudah menjadi lebih pintar, maju dan modern. Pengguna internet terbesar adalah perempuan begitu juga pengguna media sosial. Dengan bertambahnya pengguna internet diharapkan perempuan - perempuan Indonesia menjadi lebih pintar dan modern. Hampir sebagian internet dijadikan oleh perempuan dan ibu rumah tangga untuk memasarkan ukm mereka. Ini akan menjadi selangkah lebih maju untuk para perempuan khususnya para ibu rumah tangga yang sangat kreatif.

Perempuan harus menjadi tiang untuk rumah tangganya. Dengan melek akan Informasi Teknologi dan Komunikasi diharapkan dapat menambah pengetahuan dan juga pengalaman untuk dapat menjadi ibu yang pintar dan produktif sehingga dapat mendidik anak - anaknya agar menjadi lebih bijak.
Saat ini TIK menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan sehari - hari. Hampir semua lapisan masyarakat tak bisa sedetikpun jauh alat telekomunikasi dan media sosial. Setiap hari bahkan setiap jam kita selalu menggunakan media sosial untuk berbagai kebutuhan. Dari situlah semua berkembang, semua informasi bisa kita lihat di media sosial. Dari mulai tips mendidik anak, berwirausaha, penjualan dan berbagai informasi lainnya. Sehingga begitu penting peran Teknologi Informasi dan Komunikasi ini bagi kita.

Ibu Martha Simanjuntak SE. MM, Selaku  ketua IWITA sekaligus pemrakarsa Serempak memberikan pemahaman  tentang Serempak ( Seputar Perempuan dan Anak .
Serempak bertujuan meningkatkan akses perempuan terhadap teknologi dan informasi. Perempuan saat ini sudah mempunyai peran ganda. Selain menjadi istri, Ibu dan juga banyak yang berperan penting mencari nafkah buat keluarga ataupun membantu perekonomian rumah tangga.
Oleh karena itu perempuan harus berpendidikan, pintar, cerdas dan mempunyai wawasan yang luas, supaya kesetaraannya sama dengan laki - laki.
Menjadi pintar tidak harus kuliah dan menjadi Sarjana, di era modern ini pendidikan banyak terbuka dimana - mana, dan bisa didapatkan dimana saja termasuk di teknologi digital.
Oleh sebab itu mari kita belajar agar kita para perempuan tidak menjadi korban kekerasan dalam rumah tangga ataupun menjadi bodoh karena tidak melek teknologi.

Serempak hadir untuk semua dan siapapun yang ingin bergabung terutama perempuan. Memberikan hal - hal yang positif dan membangun perempuan agar lebih maju dan berkembang.
Banyak info - info yang sangat bermanfaat ada dalam website serempak. Bermacam - macam artikel dan jenis informasi yang dibutuhkan oleh perempuan. Diantaranya artikel kecantikan, kesehatan, hukum, Iptek, wisata, budaya dan kuliner, Ibu dan anak, karier dan pembangunan sosial.
Sangat lengkap dan sangat dibutuhkan oleh para perempuan - perempuan khususnya di Indonesia.

Mengingat daya saing di era Masyarakat Ekonomi Asean ( MEA ) yang begitu tinggi, maka perempuan perlu meningkatkan kapasitas dan daya saingnya. Untuk meningkatkan peran perempuan, maka kebijakan dan program pembangunan yang dikembangkan seharusnya dapat mengintegrasikan pengalaman, aspirasi, kebutuhan dan permasalahan perempuan ke dalam perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, dan evaluasi pada seluruh kebijakan dan program pembangunan nasional.

Oleh karena itu Serempak hadir sebagai website seputar perempuan dan anak yang berupaya meningkatkan akses perempuan dipemerintah, jasa, pendidikan, pengetahuan dan mengakomodir kebutuhan perempuan. Serempak juga mendorong pemberdayaan perempuan pada semua lini kehidupan. Sasaran website Serempak yaitu perempuan dengan tujuan mengoptimalkan pemanfaatan internet untuk produktivitas pribadi, pembelajaran, peningkatan ekonomi keluarga dan meminimalisasi dampak negatif yang dapat ditimbulkan terhadap kelompok perempuan. Roadshow website Serempak ini diharapkan dapat menjadi referensi media informasi, edukasi, dan komunikasi berbasis masyarakat.
Serempak ini benar - benar sangat membuka semua mata untuk para perempuan.
Diharapkan perempuan bertambah maju, pintar, cerdas dan berpendidikan. Karena ibu yang cerdas dan berpendidikan dapat menjadi kabahagiaan buat keluarga.

tinapurbo@gmail.com

Categories:

0 komentar:

Posting Komentar