Senin, 22 Agustus 2016

Mesin Jahit Brother Cocok Untuk Pemula Yang Baru Belajar Menjahit

Posted by tina sindi on 11.08 with 3 comments
Hari ini saya akan mengikuti Workshop menjahit untuk pemula di Museum Tekstil Batik yang bertempat di Jl. Ks. Tubun No. 2 Tanah Abang.
Saya tertarik mengikuti workshop ini karena saya ingin sekali belajar menjahit. Rasanya belum terlambat untuk ikutan, walaupun usia saya sudah cukup matang.
Ya...tak ada kata terlambat bila kita ingin belajar dan belajar.
Malu, bagi saya kalau ingin mencari dan menuntut ilmu tidak ada kata malu.
Ilmu harus tetap kita cari meski dimanapun tempatnya, dan kapanpun waktunya, apalagi ilmu yang akan saya dapatkan ini secara gratis, sungguh kesempatan yang tidak akan saya sia-siakan.

Jarak dan waktu tak menghalangi saya untuk datang ke acara ini, ya...ini adalah kesempatan yang sudah lama saya nantikan. Workshop jahit ini sekaligus launching buku "Belajar Menjahit Untuk Pemula" karya Astri Damayanti yang ke-23.
Acara ini bertambah berkelas ketika Deputi Pariwisata dan Budaya Ibu Prof.Dr.Hj. Silvyana Murni turut hadir dan memberikan kata sambutan. Bayangkan saja, Seorang Ibu Deputi Pariwisata dan Budaya ini, yang kesibukannya luar biasa, bisa meluangkan waktu untuk hadir di acara workshop ini suatu yang luar biasa.
Dalam kesempatan ini Ibu Silvyana Murni memberikan sambutan kepada para peserta workshop yang hadir di museum tekstil batik ini. Dan setelah kata sambutan dari Ibu Silvyana, secara simbolis juga penyerahan buku ke -23 oleh Mba Astri Damayanti selaku penulis buku kepada Ibu Silvyana.
Wah....keren ya Mba Astri ini.

Acara kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Mba Astri Damayanti selaku penulis dan juga founder Kriya Indonesia.
Acara Workshop kali ini adalah belajar membuat Cardigan. Semua peserta akan berkesempatan membuat Cardigan masung-masing yang hasilnya dapat dibawa pulang.
Semua peralatan pun akan disediakan penyelenggara, kita peserta hanya tinggal membuat saja, enak ya....

Dan untuk alat menjahitnya kita menggunakan mesin Mesin Jahit Merk Brother yang sudah sangat terkenal ini. Mba Astri pun memberikan contoh Cardigan yang akan kita jahit. Contoh Cardigan ini langsung dipakai oleh model, dan wah...benar-benar keren.
Dan terbersit dalam benak saya, bisakah saya membuat Cardigan itu, sementara seumur-umur saya tidak pernah menjahit apalagi membuat baju, ga kebayang bagaimana susah dan ribetnya nanti.

Selesai memberikan sambutan dan contoh cardigan kita semua dipersilahkan memulai acara jahit menjahitnya.

Langkah - langkah membuat Cardigan

Pertama kita mengukur bahan, kemudian melipat menjadi dua memanjang bahan yang akan kita jahit. Setelah dilipat dua memanjang kemudian bagian ujung dan tengah diberi jarum pentul, gunanya agar lipatan tidak berubah lagi nantinya.

Setelah bahan telah dilipat dua memanjang, saatnya menempel pola baju diatas bahan yang akan kita jahit. Pola ini kita beri lagi jarum pentul agar tidak miring dan pas, dan juga pola tidak berubah nantinya.
Setelah pola sudah diberi jarum pentul kita ukur masing-masing sisi 2 inchi dua kali ya.. yang gunanya untuk pedoman menjahit dan memotong bahan nantinya. Setelah itu kita tarik garis di ukuran yang tadi kita lebihkan 2 inchi tersebut.
Selesai....tentu saja belum, masih butuh proses panjang dan kesabaran yang luar biasa.

Setelah itu kita potong bahan dibagian yang diberi garis lurus tadi, atau dibagian bahan yang sudah kita beri ukuran 2 inchi yang kedua.
Setelah bahan sudah dipotong saatnya bahan kita rader.
Dimana meradernya?
Rader kita lakukan di bahan yang diberi kelebihan sisi 2 inchi yang pertama. Sebelum merader bawah bahan kita taruh karbon dulu ya, gunanya supaya raderan tembus sampai kebelakan bahan.
Nah...kalau sudah selesai di rader, pola sudah bisa di copot dari bahannya.
Lakukan hal yang sama pada pola leher dan pita ya.

Setelah itu bahan siap dijahit. Hati - hati saat menjahit bagi pemula, karena kalau tidak hati - hati tangan akan terluka ataupun jahitan mencong, nanti hasilnya jadi tidak sempurna.

Saatnya menjahit menggunakan Mesin Jahit Brother

Sekilas tentang mesin jahit Brother.
Mesin jahit yang super canggih dan keren ini memiliki tiga jenis mesin, apa saja kah itu :
1. Mesin jahit mekanik pedal kaki.
2. Semi Komputer dan
3. Komputer plus Bordir.

Mesin jahit Brother ini range tensinya besar jadi bisa jahit dari bahan tipis seperti organdi dan juga bahan tebal. Ada banyak kegunaan dari mesin jahit Brother ini, disamping untuk menjahit, mesin ini juga bisa untuk obras dan juga Bordir keren ya...
Selain untuk obras dan Bordir mesin ini juga dilengkapi dengan lampu untuk menerangi area jahitan, pemotongan otomatis, untuk pinggiran yang tidak rata,  bisa buat jahit neci, tersedia tempat pembuangan benang dan juga Tool kit.
Mesin jahit Brother juga dilengkapi dengan berbagai macam jenis jahitan dan ukuran jahitan, juga tersedia untuk membuat lobang kancing.
Wah...pokonya mesin jahit Brother ini benar - benar lengkap, canggih dan yang terpenting bisa dibawa kemana - mana dengan mudah. Keren deh pokonya.
Satu mesin dalam berbagai macam manfaat dan kegunaan.

Saya pun tak sabar ingin mencoba mesin jahit brother ini. Rasa takut dan was was pasti ada, apalagi saya yang belum pernah memegang mesing jahit modern semacam ini sebelumnya.
Dan...Ahayy....ketika kaki kita menginjakkan pedal bawah otomatis mesing beroperasi dan bahan yang saya jahitpun jalan kedepan dengan sendirinya. Wah ga nyangka mesin jahit brother ini bisa digunakan oleh pemula seperti saya.
Ya...walaupun jahitannya masih miring - miring karena faktor grogi dan takut tapi lumayanlah bagi saya yang pemula ini.
Owh ya....jahit bahannya ditanda yang sudah kita rader ya. Karena itu menjadi patokan jahitan kita, supaya lurus dan tidak lari kahitannya.
Hampir bosan dan menyerah saat menjahit, ini saya kira masih wajar ya...namanya juga pemula, dan akhirnya Tarraaa.....selesai semua sisi sudah saya jahit. Puas pasti, tapi masih ada ketagihan jahit lagi dan lagi. Rasanya ingin berlama- lama memakai mesin jahit ini, rasanya ingin sekali saya punya mesin jahit brother yang canggih ini. Bismillah....suatu saat saya akan berusaha membelinya.

Wah.. Ternyata menjahit apalagi membuat baju itu sulit ya, butuh kesabaran yang lebih. Bersyukur saya masih diberi kesempatan untuk belajar jahit secara gratis ini. Ilmu yang sangat luar biasa dan tak akan terlupakan.

Acara workshop ini dihadiri oleh para Blogger dan juga Kartini Blue bird yang luar biasa.

Apa sih Kartini Blue Bird itu?

Kartini BlueBird adalah program pemberdayaan wanita yang sudah berjalan satu tahun. Kartini BlueBird adalah program pelatihan keterampilan bagi istri - istri pengemudi BlueBird. Keterampilannya antara lain, memasak, menjahit dan lain-lain, dengan tujuan agar para istri dapat menbangun usaha mikro, agar para ibu mendapatkan kesejahteraan buat ibu dan juga keluarga.
Bagi yang sudah lihai dan pintar nantinya akan dijadikan mentor bagi para ibu - ibu lainnya yang baru belajar.
Diharapkan nantinya Kartini BlueBird ini akan dapat membuka usaha dan mendapatkan penghasilan.

Para peserta Kartini Blue Bird akan mendapatkan pembekalan yang end to end untuk memastikan program ini berkelanjutan.

Pembekalan tersebut antara lain :

  1. Infrastruktur : Blue bird mendirikan rumah produksi Kartini Blue bird yang didalamnya terdapat berbagai fasilitas belajar dan produksi untuk Industri rumah tangga bidang konfeksi dan makanan.
  2. Kemampuan / Skill : Blue bird mengadakan kelas belajar menjahit, menyulam bedding, memasak serta membuat kue, dengan pengajar - pengajar yang juga ibu rumah tangga. Para Kartini Blue bird juga akan mendapatkan pelatihan cara memasarkan barang dan mengembangkan bisnis. Karyawan Blue bird yang telah berpengalaman terkait hal ini akan menjadi pengajar untuk kedua topik tersebut.
  3. Pembiyaan Bisnis : Blue bird memberikan dana pinjaman lunak untuk membantu para ibu berproduksi dan memasarkan produknya. Dana tersebut didapatkan dari Blue bird maupun pembiayaan lunak UKM bekerja sama dengan pihak ketiga. Pengembalian pinjaman tidak dilakukan dengan dana melainkan dalam bentuk produk.
Pihak Blue bird berharap akan lahir Industri - industri rumah tangga yang kuat.
Dengan demikian para ibu akan dapat meningkatkan kesejahteraan ekonomi keluarga.

Kartini Blue bird adalah program Social Entrepreneurship yang tidak ditujukan untuk mencari keuntungan perusahaan. Melainkan memberikan manfaat sosial yang lebih luas kepada para ibu.
Blue bird menargetkan 500 orang ibu dapat berperan dalam kegiatan Kartini Blue bird ini. Tak hanya para istri pengemudi Blue bird saja, tapi semua ibu yang ingin berkembang dan ingin mensejahterakan keluarga.
Keren ya...Kartini Blue bird ini, dapat kita jadikan contoh untuk para pengusaha - pengusaha lainnya.

Dan saat nya selesai juga keseruan acara workshop hari ini.
Tak hanya para blogger para Kartini Blue bird pun sangat serius mengikuti acara workshop kali ini.
Sangat bermanfaat dan menjadi ilmu yang sangat berguna bagi saya.
Semoga dilain kesempatan saya bisa mengikuti lagi acara semacam ini.

Akhirnya saya ucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada Mba Astri Damayanti selaku Founder Kriya Indonesia, kepada Mesin Jahit Brother dan juga Kartini Blue bird.
Tampa kalian acara workshop ini tak akan terlaksana.
Terima kasih juga kepada Museum Tekstil Batik yang sudah berkenan menyediakan tempat workshop. Dan terima kasih kepada teman - teman semua, kalian luar biasa.

Selasa 23 Agustus 2016
tinapurbo@gmail.com

Categories:

3 komentar:

  1. wah senengnya yah Mbak bisa belajar langsung dari ahlinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba lubena ali, pengalaman yg berharga, ilmu yg bermanfaat

      Hapus
    2. Iya mba lubena ali, pengalaman yg berharga, ilmu yg bermanfaat

      Hapus