Halodoc Menjadi Solusi Lebih Jauh Tentang Pola Asuh Gizi Yang Benar Untuk Anak.


assalamu'alaikum Mom.....
Apa khabar semuanya....
Semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat jasmani, rohani dan selalu bahagia.

Sebagai seorang ibu, Mom semua pasti ingin buah hatinya selalu sehat ya mom... tapi apakah mom sudah benar dalam memberikan pola asuh gizi pada anak. kebanyakan para mom beranggapan, anak yang sehat adalah anak yang tumbuh dengan baik, gemuk dan doyan makan. padahal tanda-tanda diatas belum bisa dipastikan bahwa anak tersebut sehat.

Setiap Mom selalu ingin memberikan yang terbaik untuk buah hatinya. Sering pula mom sudah merasa benar dalam memenuhi kebutuhan gizi si buah hati dengan memberikan segalanya yang terbaik.

Tetapi seringkali mom tidak menyadari pada pola pengasuhan yang keliru. Nah...hal inilah yang nantinya akan menyebabkan si anak tidak mendapatkan gizi secara maksimal dari asupan makanan yang diberikan mom.

Banyak mom yang tidak menyadari bahwa pola pengasuhan gizi yang telah diberikan sebenarnya keliru, dan akan berdampak negatif bagi anak. Bukan hanya itu saja terkadang mom salah dalam memberikan makanan pada si kecil, dan ini akan berakibat yang sangat buruk. Si kecil akan sakit atau tidak mendapatkan asupan gizi yang maksimal.

Bagaimana kalau hal tersebut terjadi pada anak kita ya mom. pasti kita akan sedih karena telah salah memberikan asupan gizi yang salah.
tidak ada orang tua yang tega membiarkan anaknya sakit apalagi penyebabnya karena salah memberikan pola asuh gizi pada anaknya sendiri.

Nah...untuk mengetahui apa saja ya 5 kesalahan pola asuh gizi pada anak, 13 April 2018 saya menghadiri acara talkshow di daerah Tangerang. dalam acara talkshow tersebut, dihadiri oleh narsum yaitu :

  • dr. Herlina, Sp.A, beliau adalah Dokter Spesialis anak yang berpraktek di RS. Ciputra Citra Garden Jakarta Barat.
  • Blessy selaku Manager Offline Marketing Halodoc

dr. Herlina, Sp.A menjelaskan beberapa kesalahan dalam pola asuh gizi pada anak yang seringkali keliru diberikan oleh ibu, sehingga akan menimbulkan pertumbuhan atau gangguan kesehatan pada anak.

banyak diantara mom yang masih memberikan makanan pendamping ASI (MPASI) kepada si kecil, padahal usia si kecil belum berusia 6 bulan. MPASI adalah makanan pendamping, sedangkan makanan pokok si kecil tetaplah ASI. Jadi sebaiknya berikanlah MPASI ketika si anak sudah berusia 6 bulan lebih.

Untuk mengetahui pengasuhan gizi yang tepat pada anak, ada baiknya mom berkonsultasi langsung kepada dokter anak.

Ada 5 kesalahan pola asuh gizi pada anak, yang harus diperhatikan oleh para mom nih....

Apa saja 5 Kesalahan Pola Asuh Gizi Pada Anak :
  1. Memaksa anak untuk makan. Saat anak malas makan ada baiknya mom tidak usah memaksakan anak untuk makan. Anak yang makan dengan terpaksa akan mengakibatkan selalu malas makan. Sebaiknya biarkan sejenak ketika anak menolak makan, kemudian tawari kembali beberapa saat kemudian. Tetapi yang perlu diingat mom, biasakan jam makan anak tidak berubah. Singkirkan makanan jika jam makan berakhir, sehingga anak tahu bahwa kalau ia tidak makan di jam tersebut maka ia harus menunggu di jam berikutnya.
  2. MPASI sebelum 6 Bulan. Sebaiknya anak diberikan ASI sampai usia 6 bulan, bukan MPASI. Pada usia ini sistem pencernaannya belum sempurna. Sehingga pemberian MPASI justru bisa menimbulkan reaksi atau gangguan pencernaan konstipasi atau timbulnya gas.
  3. Makanan Tidak Sesuai Usia. Ingat ya mom...cemilan untuk anak dan orang dewasa itu berbeda. Meskipun yang diberikan itu cemilan berupa buah atau jus, tetap harus sesuai porsinya. Misalnya memberikan jus buah pada balita, disarankan hanya maksimal setengah gelas jus 100% buah dalam sehari. Lebih dari itu hanya akan menambah gula dan berakibat anak tidak merasa lapar pada waktu makan. Camilan dengan nutrisi seimbang yang disarankan adalah buah-buahan, sayur mayur, protein, gandum, atau produk susu.
  4. Pemakaian Dot Terlalu Lama. Pe,akaian dot yang terlalu lama tidak dianjurkan ya mom. Karena dapat berpengaruh buruk pada pembentukan struktur rahang dan gigi si kecil. Kebiasaan meminum susu dari dot bisa mengakibatkan bentuk rahang atas yang terlalu maju atau justru rahang bawah yang mundur. Mengurangi penggunaan dot baiknya setelah usia anak anda lebih 6 bulan, kemudian menghentikannya sama sekali beberapa bulan sesudahnya.
  5. Banyak Makan Manis. Pemberian makanan yang manis pada anak ternyata kurang baik nih mom. Karena menurut Badan keehatan Dunia (WHO) kebutuhan gula harian untuk anak tidak boleh melebihi 10% dari total energi yang dikomsumsi. Asupan minuman atau makanan manis mengurangi kualitas pola makan anak dan bisa menyebabkan peningkatan berat badan berlebih, kesehatan gigi yang buruk, dan memunculkan kebiasaan suka terhadap makanan atau minuman manis dimasa dewasa.
Nah...sudah tahu kan mom, 5 kesalahan pola asuh gizi pada anak. Dengan kita mengetahui kesalahan ini, semoga para mom menjadi lebih peduli akan pentingnya pemberian gizi dan juga memperhatikan baik dan buruknya pada kesehatan anak.

Mba Blessy, selaku Manager Offline marketing Halodoc ikut memberikan penjelasan. Saat ini untuk para mom tidak perlu khawatir lagi untuk mencari informasi soal pengasuhan gizi yang tepat untuk anak. Karena sekarang aplikasi Halodoc hadir memberikan informasi seputar anak. 

Di Halodoc dokter spesialis anak selalu siap memberikan saran dan menjawab pertanyaan mom seputar pengasuhan gizi anak yang benar. Mulai dari ngobrol langsung dengan dokter melalui Voice atau Video Call dan Chat.

Di Halodoc dokter spesialis anak selalu siap memberikan saran dan menjawab pertanyaan mom seputar pengasuhan gizi anak. Jadi mom tidak perlu menebak-nebak jenis makanan apa yang boleh dan tidak boleh diberikan pada si kecil.

Nah...gimana mom...sangat membantu kan aplikasi Halodoc ini. bukan hanya konsultasi dengan dokter saja, di halodoc juga bisa membeli obat-obatan dan juga kebutuhan medis selama 24 jam. Pesanan akan diantar dalam satu jam, dan bebas ongkir nih mom...

Tunggu apalagi mom...segera downloud aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play. Nikmati berbagai fasilita dan kemudahan yang disediakan oleh Halodoc.

Tepat diulang tahunnya yang ke 2 ini, Halodoc mengajak para mom untuk lebih aware terhadap pengasuhan gizi anak yang tepat. Selain itu melalui kampanye #KataDokterHalodoc ingin menyampaikan pesan #SehatLebihMudah karena ibu bisa mendapatkan akses layanan kesehatan yang tepat sasaran kepada anak-anaknya.

Anak sehat adalah dambaan semua mom pastinya. Keluarga bahagia bila orang tua dan anak-anak selalu sehat.

Kamis 26 April 1974
tinapurbo@gmail.com

Komentar

  1. Apkikasi ini sangat membantuku nanya-nanya tentang keluhan pada anak. Bisa chat langsung sama dokternya .

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Vitacimin White Dan Vitacimin Nutriglow Adalah Vitamin Untuk Wanita

Bergaya Di Studio Foto Surya Maxima Kota Lampung

Domus Rumah Permanen Instan