Berbagi Takjil Dengan Borong Dagangan Pedagang Kecil Bersama LPM Dompet Dhuafa

 

Pedagang takjil di Margahayu Bekasi 

Assalamualaikum.....

Memasuki bulan puasa biasanya banyak orang yang mencari rejeki dengan berjualan takjil atau makanan untuk berbuka puasa. Hampir setiap tahun pedagang takjil selalu bertambah. Sementara pembeli kadang itu-itu aja. Banyak diantara penjual takjil berjualan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Makanya saya kadang kasian kalau lihat pedagang yang tidak ada pembelinya. Mau borong dagangannya juga ga mungkin, hanya bisa berdo'a semoga sang penjual diberikan rejeki lebih, dan ada orang baik yg borong makanannya.

Tahun ini merupakan tahun ketiga para penjual takjil berdagang usai pandemi Covid-19 melanda Ibu Kota. Diantara banyaknya pedagang kaki lima yang sedang berjuang mencari nafkah, tidak sedikit para pedagang yang mengeluhkan sepinya para pembeli. Hal ini berdampak pada penurunan pendapatan yang diperoleh. Curhat ibu penjual takjil di daerah Margahayu Bekasi Timur. Beliau sampai meneteskan airmata saat bercerita kalau dagangannya sepi pembeli sampai waktu berbuka puasa tiba. Sementara sang ibu harus merelakan modalnya hilang, karena dagangan tidak menghasilkan uang. Padahal modal itulah satu-satunya yang dipakai si ibu untuk memenuhi kebutuhan keluarganya.

Ada beberapa titik Di Margahayu Bekasi, yg dagangannya di borong LPM Dompet Dhuafa 

Beruntungnya saya bisa ikut langsung bersama LPM Dompet Dhuafa untuk melakukan program Grebek Pedagang dengan tujuan memborong dagangan pedagang kaki lima yang sepi pembeli untuk dibagikan kembali kepada masyarakat sekitar secara gratis. Sang ibu sampai kaget dan terharu. Berkali-kali mengucapkan terimakasih karena sudah memborong dagangannya. Padahal sebelum saya dan team Dompet Dhuafa datang, sang penjual sedang melamun menatap ke jalan, berharap ada pembeli yang datang.

Takjil Berkah ini diadakan diberbagai wilayah, takjil berkah diharapkan dapat membantu penghasilan para penjual takjil yg sepi pembeli. Program ini diadakan oleh LPM Dompet Dhuafa. Melihat langsung membuat saya bisa merasakan kebahagiaan para penjual yg tiba-tiba dagangannya di borong. Sedih sekaligus bahagia yg dirasakan para penjual takjil yg mendapatkan rejeki. 

Senyum bahagia pedagang terpancar jelas, yess para pedagang terbantu karena dagangannya habis terjual dan masyarakat sekitar juga ikut merasakan. Berkahnya mendapatkan ta'jil gratis. Setelah sah dagangannya di borong LPM Dompet Dhuafa kita semua langsung memasukkan dagangannya ke plastik, untuk segera dibagikan oleh masyarakat sekitar, atau orang yang sedang melewati jalan Margahayu Bekasi Timur ini. Alhamdulillah semua berjalan lancar, seketika dagangan yang kita bagikan habis. Antusias penerima takjil pun dengan senang hati menerima pemberian dari kita.

Ramadan Mendekatkan, Menjadi semangat Dompet Dhuafa mendekatkan semua masyarakat di momen bulan penuh berkah. Sehingga di tahun politik ini, semua tetap dekat dan bergandeng tangan dalam jalan kebaikan, saling menguatkan antar sesama. Rasa syukur dan bahagia dari kita semua bisa bertemu dengan erat di Bulan Ramadan. Sudah sepantasnya setiap orang memaksimalkan bulan yang penuh keistimewaan ini dengan banyak ibadah dan amalan kebaikan seraya mendapat keberkahan dari Yang Maha Pemberi Kesejahteraan. Ramadan mendekatkan kita kepada amalan kebaikan, mendekatkan kita akan kebersamaan, mendekatkan yang jauh kepada jalan pulang, mendekatkan akan kesadaran, mendekatkan antara pedagang dan pembeli, penerima dan pemberi. #RamadanMendekatkan kita kepada Sang Illahi.

Dompet Dhuafa

Selama lebih dari 30 tahun, Dompet Dhuafa mengabdi dan melayani. Dompet Dhuafa senantiasa berupaya dapat melaksanakan amanah dengan sebaik-baiknya. Dompet Dhuafa terus berusaha menjadi lembaga yang transparan dan akuntabel, hingga selalu mendapatkan kepercayaan dari masyarakat. Kepercayaan ini meningkat seiring dengan meningkatnya donasi yang diamanahkan kepada Dompet Dhuafa. Begitu juga kepercayaan para penerima manfaat dengan berbagai program yang dijalankan.

Dompet Dhuafa ingin mempertemukan dan mendekatkan seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama berkolaborasi dalam kebaikan Ramadan. Dengan begitu, kita dapat memberikan dampak yang signifikan bagi mereka yang membutuhkan. Kita jadikan Ramadan ini sebagai ajang saling mendekatkan.

Ramadan Mendekatkan

Dalam upaya untuk terus dekat dengan para mustahik dan donatur, maka Dompet Dhuafa menghadirkan beberapa program yang akan berjalan di Bulan Ramadan 1445 H. Program-program tersebut antara lain:

  • Tebar Zakat Fitrah
  • Fidyah
  • Berbagi Paket Sahur dan Berbuka Puasa
  • Sedekah Qur’an
  • Sedekah Qur’an Braille
  • Muliakan Anak Yatim
  • Parsel Ramadan
  • THR untuk Pejuang Keluarga
  • Borong Takjil
  • Sedekah Alat Ibadah
  • Bantuan pangan untuk Palestina

Dengan semua kebaikan tersebut, Dompet Dhuafa ingin mengajak berbagai lapisan masyarakat untuk dapat berkolaborasi dalam kebaikan #RamadanMendekatkan.


Kalian juga bisa ikut berpartisipasi dalam program Dompet Dhuafa, karena Dompet Dhuafa perlu dukungan semua elemen masyarakat untuk turut serta terlibat dalam upaya menciptakan senyum kebahagiaan untuk para kaum dhuafa hingga pelosok negeri. Mari wujudkan kemuliaan #RamadanMendekatkan bersama Dompet Dhuafa.

Bagi kalian yang ingin ikut berdonasi dalam rangkaian program dompet Dhuafa selama Ramadan bisa melalui :

Layanan Donatur

0804-100-4000 (Call Center)

WhatsApp: 628111544488

customercare@dompetdhuafa.org


Komentar

  1. Alhamdulillah mak bisa berbagi ya borong takjil bahagia liat senyum pedagang.

    BalasHapus

Posting Komentar

Terimakasih atas kunjungan anda ke blog saya.
Saya sangat senang jika anda meninggalkan pesan pada postingan ini.
Terimakasih