Kelas Pintar Untuk Meningkatkan Daya Saing Produk Dan Mengenal Lebih Dekat Kredit Pintar

 

Saat ini kita hidup di era digital. Di era digital seperti saat ini banyak peluang usaha yang bisa kita lakukan. Kalau jeli melihat peluang, ada banyak kegiatan yang bisa di lakukan melalui media sosial. Kita bisa bekerja dari rumah ataupun berjualan dari rumah dengan memanfaatkan dunia digital saat ini. 

Seperti saya yang mulai berjualan online disaat masa Corona kemarin. Pembeli dari berbagai wilayah pun sangat banyak. Mereka memesan melalui Facebook ataupun Instagram, dan diantar dengan tranportasi online. Pekerjaan rumah dan mengurus anak bisa dikerjakan dengan baik, rejeki juga mengalir Alhamdulillah.

Benar-benar ga nyangka kalau saya bisa memenuhi kebutuhan keluarga dengan berjualan online. Karena saat itu posisi suami terkena dampak Corona, di PHK dari tempat kerjanya. Saya bangga bisa mempunyai penghasilan sendiri yang bisa dinikmati sekeluarga. Manfaat yang saya rasakan saya bisa membangun ekonomi keluarga jadi lebih baik.

Sayangnya saat itu saya masih awam dengan pinjaman online, jadi usaha saya perlahan meredup saat Corona mulai membaik. Saya ingin berjualan langsung dirumah terbentur dengan modal yang kurang. Mau mengajukan pinjaman di bank tentu butuh waktu yang lama, sementara usaha butuh waktu yang cepat untuk diteruskan dirumah. Belum lagi soal jaminan bila kita pinjam di Bank. Dan banyak satu atau lain hal yang pinjaman kita tidak bisa di ACC oleh Bank. Akhirnya usaha saya pun harus berhenti. 

Beruntungnya saya bisa berkesempatan mengikuti acara Kelas Pintar Bersama Blogger. HubJakarta Hari ini Minggu 17 Desember 2023 dengan tema Tingkatkan Daya Saing Produk Lewat Fotografi dan Media Sosial.

Di acara kelas pintar bersama kredit pintar hadir para narasumber yang berpengalaman di bidangnya masing-masing, diantaranya:

  1. Puji Sukaryadi selaku Brand Manager Kredit Pintar
  2. Arsya Helmi selaku Regulatory Compliance Kredit Pintar
  3. Nita Kurnia selaku penggiat UMKM Photograper Produk.

Mengenal Kredit Pintar Lebih Dekat

Bapak Puji Sukaryadi selaku Brand Manager Kredit Pintar menjelaskan tentang mengenal Kredit Pintar lebih dekat. Kredit Pintar adalah Fintech P2P Lending (financial technology peer-2-peer lending). Yaitu layanan jasa keuangan untuk mempertemukan pemberi pinjaman dengan penerima pinjaman melalui sistem elektronik dengan menggunakan jaringan internet. 

Saat ini Fintech P2P Lending banyak memberikan kemudahan, tapi kita wajib memilih Fintech yang yang aman yaitu yang sudah terdaftar di OJK. Karena kalau kita meminjam uang di pinjaman online yang tidak terdaftar banyak sekali resiko nya. Salah satunya bunga yang sangat tinggi dan banyak platform pinjaman online yang menagih hutang ke semua nomor yang ada di kontak hapenya. Untuk itulah kalian  harus benar-benar cermat dalam memilih jasa pinjaman online ini. Cari yang sudah terdaftar di OJK sehingga terhindar dari hal-hal yang kurang diinginkan.

Karakteristik Pinjaman Online

Penjelasan selanjutnya oleh Bapak Arsya Helmi tentang karakteristik pinjol (Pinjaman Online). Dia menjelaskan, ciri-ciri pinjol ilegal yaitu tidak memiliki dokumen izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Selain itu, pinjol ilegal sering sekali memberikan pinjaman yang sangat mudah dan cepat.

Ciri-ciri lain pinjol ilegal yaitu pada karakteristik aplikasinya. Biasanya setelah mengunduh dan install aplikasi di handphone maka saat dibuka meminta akses seluruh data di telepon seluler seperti kontak, storage, galeri, dan history call. 

Berbeda dengan kredit pintar yang sudah di awasi oleh Otoritas Jasa Keungan atau OJK. Kredit Pintar sebagai aplikasi pinjaman online yang aman. Karena Kredit Pintar Indonesia telah terdaftar dan diawasi oleh OJK. Kredit Pintar memberikan pinjaman dana cepat dengan bunga yang rendah. Kredit Pintar menjadi solusi ketika kita membutuhkan dana mendesak. Kredit Pintar menawarkan pinjaman mulai dari Rp 600.000 hingga Rp 20.000.000 yang bisa dibayar selama 28 hari atau di cicil dengan tenor 3, 6, dan 12 bulan.Tentunya, ketika kamu mengajukan pinjaman, terdapat bunga yang dibebankan kepada pihak peminjam. Bunga tahunan yang dibebankan dari Kredit Pintar maksimum 11% dan biaya admin sebesar 5% hingga 15%, tergantung jumlah dan periode pinjaman.

Tabel Angsuran Simulasi Pinjaman 

Kredit Pintar memiliki beberapa tabel angsuran simulasi pinjaman yang bisa kamu jadikan pertimbangan sebelum mengambil pinjaman di Kredit Pintar. Berdasarkan situs resmi Kredit Pintar, hanya ada 6 nominal pinjaman yang tersedia, dan hanya tersedia dalam tenor 2 bulan, 3 bulan, 6 bulan, dan 12 bulan. Sebelum meminjam sebaiknya kamu perluengetahui jumlah pinjaman yang kamu terima nantinya sudah dipotong biaya admin sebesar 5% hingga 15%. Jadi kalau kamu mengajukan pinjaman 12juta, kamu akan mendapat sekitar 10,2 juta hingga 11,4 juta. 

Biaya Keterlambatan Kredit Pintar

Ketika kamu telah mengajukan pinjaman tetapi telat membayar, maka kamu akan dikenakan biaya keterlambatan. Biaya keterlambatan yang wajib kamu bayar yakni sebesar 1.35% hingga 1.37% per hari tergantung dari besaran pinjaman dan tenor pinjaman yang diajukan. Selain dikenakan biaya, telat membayar tagihan juga bisa menyebabkan status KOL kamu berkurang. Dampaknya beragam, mulai dari susah mengajukan pinjaman ke bank, hingga susah diterima kerja.

Nah dengan adanya pinjaman online ini para UMKM yang membutuhkan modal dana sudah bisa meminjam secara online juga. Tinggal pilih aja salah satu perusahaan Fintech P2P Lending yang aman dan sudah di awasi oleh OJK.

Seperti yang kita ketahui bahwa untuk meminjam saat ini memang lebih mudah. Berbeda dari jaman dahulu dimana mencari pinjaman hanya tersedia di Bank dengan persyaratan yang rumit. Kemajuan digital membuat semua lebih mudah, terbukti teknologi sangat berpengaruh pada perkembangan jaman.

Setiap pinjaman pasti ada resiko yang akan kita dapatkan. Jadi sebelum meminjam berpikir cerdas terlebih dahulu. Karena jika kamu sudah meminjam maka otomatis kamu wajib mengembalikan pinjaman tersebut. Karena jika kamu tidak bisa membayarnya maka kamu akan mendapat sanksi di blacklist oleh OJK. 

Penjelasan terakhir oleh Narasumber Ibu Nita Kurnia selaku penggiat UMKM Photograper Produk. Ibu Nita memaparkan tema "Bagaimana Strategi Untuk Mengembangkan Untuk Usaha Kecil yang dijalankan. Dalam segmentasi pasar atau konsumen kitabharus memahami atau mengenali tujuan produk kepada pasar atau konsumen yang dituju adalah hal yang sangat penting dan sangat krusial. Sebagi contoh produk makeup untuk wanita, fashion untuk laki-laki dan perempuan, aksesoris jam tangan untuk pria dan wanita, dan makanan untuk segala kalangan.

Perhatikan juga social media atau market place online di era modern saat ini. Selain membuka gerai toko untuk memasarkan produk yang ingin anda jual. Dengan biaya yang tidak mahal (tergantung dari anda mengelola serta jangkauan yang sangat luas dan mudah di akses oleh konsumen lewat internet setiap waktu, sosial media serta market place. Online adalah sebuah tempat memasarkan produk anda yang sangat efektif dan efisien saat ini. Contohnya Instagram, Facebook, Shoppe, Tokopedia dan lain lain.

Untuk mendapatkan foto yang menarik untuk produk ada beberapa cara :

  1. Siapakah background foto
  2. Gunakan model
  3. Pencahayaan
  4. Cari sudut pandang
  5. Melakukan edit atau kurasi atau finishing

Pentingnya Persoal Branding

Personal branding adalah bentuk adaptasi yang dilakukan oleh pelaku bisnis untuk mengenalkan kepada calon konsumen. Apasih yang membedakan produk mu dengan produk yang sudah ada di pasar. 

Branding produk di ciptakan untuk membantu perusahaan dalam membentuk persepsi pelanggan. Branding produk dibuat untuk keperluan promosi bisnis agar gimana caranya calon pembeli tertarik dengan produk yang kita tawarkan.

Nah....kelas pintar ini, benar² sangat padat ilmu dan pengetahuan baru.


Komentar