2 Program Gibran Rakabuming Raka Yaitu Makan Siang Dan Susu Gratis Untuk Anak Indonesia

 

Sumber Gambar: IG Prabowo & Gibran

Detik detik pemilu semakin dekat. Dan saat ini sudah memasuki debat capres. Masing-masing pasangan capres memberikan program unggulan mereka. Termasuk pasangan Prabowo - Gibran pasangan dengan nomer urut 2. Pasangan ini mengedepankan Indonesia Emas 2024. Oleh sebab itulah Calon Wakil Presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka mengatakan akan mengadakan program makan siang dan susu gratis, saat konsolidasi pemenangan Prabowo-Gibran bertema Waktunya Indonesia Maju di Sentul International Convention Center (SICC), Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (10/12).

Program makan siang dan susu gratis ini yang menjadi unggulan pasangan calon Prabowo-Gibran bukanlah program yang mengada-ada. Gibran mengklaim program itu telah dijalani di 76 negara. Rakabuming Raka menegaskan, bahwa program makan siang dan susu gratis yang diusungnya dengan Prabowo Subianto ini merupakan gagasan konkret, bukan sekadar retorika. Terlebih program seperti ini juga telah diterapkan di banyak negara.

Nah saat acara konsolidasi itulah program makan siang gratis dan susu gratis Gibran Rakabuming Raka dijelaskan. Lebih lanjut Gibran menjelaskan program makan siang dan susu gratis menurutnya, program yang tidak mengada-ada. Program ini pun sudah dirasakan manfaatnya oleh 400 juta anak. Menurutnya, program tersebut merupakan langkah untuk mempersiapkan generasi emas yang terdiri dari anak-anak yang sehat dan pintar agar negara ini dapat mencapai cita-cita Indonesia Emas pada 2045 mendatang. Jadi ke depan, untuk menuju Indonesia Emas harus kita siapkan juga generasi emasnya, anak-anak yang sehat dan pintar, itu kuncinya," ucap Gibran.

Gibran berharap ke depannya tidak ada lagi anak-anak Indonesia yang dilanda kelaparan. Ia menegaskan, semua daerah di Indonesia bakal mendapatkan gizi yang sama. Program makan siang dan susu gratis ini akan didistribusikan ke seluruh pelosok negeri. Semua wilayah dan pelosok akan mendapatkan hak yg sama dan gizi yang sama. Program makan siang gratis Ini khusus untuk anak-anak sekolah. Proses nya nanti di sekolah akan disediakan makan siang gratis dan susu gratis. Program itu bertujuan untuk membuat semua anak Indonesia semakin sehat dan tidak stunting.

Karena seperti yang kita tahu memang masalah stunting ini sudah ditetapkan pemerintah sebagai isu prioritas nasional dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024 dengan target penurunan yang signifikan dari kondisi 24,4% pada 2021 menjadi 14% pada 2024. Strategi penurunan angka stunting juga sudah ditetapkan dalam strategi nasional percepatan penurunan stunting sesuai PP No 72 Tahun 2021. Peraturan Pemerintah tersebut mendorong sejumlah langkah, seperti peningkatan komitmen dan visi kepemimpinan terkait program penurunan angka stunting di kementerian/lembaga, pemerintah daerah provinsi, pemerintah daerah kabupaten/kota, dan pemerintah desa.

Oleh sebab itu bagi saya sah sah saja jika program Gibran ini memberikan makan gratis dan susu gratis untuk anak-anak sekolah. Jika gizi terpenuhi mereka akan menjadi anak yang pintar dan generasi penerus bangsa yang cerdas. Sebab negara sedang menuju Indonesia emas. Artinya generasi muda bangsa ini harus sehat dan cerdas. Hal itu bisa diwujudkan dengan program makan siang dan susu gratis. Program itu mempunyai sederet manfaat bagi anak-anak bangsa. Di tangan merekalah nasib bangsa dan negara ini ke depannya. Untuk itu mereka harus mendapatkan asupan makanan dan susu sehat sejak dini. Hal itu penting untuk memberikan nutrisi yang berguna untuk pertumbuhan optimal anak-anak.

Melalui program itu tidak hanya tentang memberikan makanan kepada anak-anak, tetapi juga merupakan investasi dalam membangun masa depan bangsa. Generasi penerus bangsa ini harus sehat dan mempunyai daya saing yang tinggi.

 

Komentar