Persiapkan Dana Pensiun Yang Cukup Agar Masa Tua Bahagia

 

Semakin bertambah usia saya semakin bingung memikirkan dana pensiun nantinya ketika saya sudah tidak bisa mencari nafkah lagi. Maklumlah saya hanya seorang freelencer dan suami karyawan swasta. Otomatis nantinya kita berdua tidak mempunyai uang pensiun. Saya juga tidak mau membebani anak cucu saya nantinya.

Saat memasuki masa tua, mungkin kebanyakan orang sudah tidak produktif lagi, atau bahkan sudah memasuki masa pensiun. Idealnya, masa pensiun seharusnya sudah tidak dibebani dengan utang lagi, dan menikmati masa tua dengan bahagia. Namun, tentunya tidak ada yang bisa menjamin masa tua kita bisa terlepas dari utang atau tidak.

Impian Pensiun Bahagia Saya

Saya pribadi ingin sekali masa pensiun saya bahagia dan tenang, tanpa memikirkan keuangan lagi. Impian pensiun bahagia saya happy bersama suami dan anak cucu. Kalau saat ini masih sibuk dan susah mengatur waktu untuk liburan kemana-mana, maka dimasa pensiun nantilah saya akan melakukan liburan bersama pasangan. Bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari secara mandiri tanpa meminta dari anak. Karena saya tahu anak nantinya juga akan memiliki tanggung jawab untuk keluarganya sendiri. Jangan sampai orang tua menjadi beban pikiran anak.

Oleh sebab itu mulai dari sekarang saya sudah memikirkan dana pensiun apa yang cocok untuk saya. Maklumlah saya orang yang awam akan finansial. Beruntungnya saya bisa mengikuti acara meeting zoom bersama Manulife dengan tema "Rahasia Pensiun Bahagia". 

Hadir sebagai nara sumber acara ini adalah :

  • Karjadi Pranoto selaku Direktor & Chief EB and Sharia Distribution Manulife Indonesia.
  • Citra Anjelina selaku Head of Strategy and Transformation Pension Business Manulife Indonesia.

Setelah mengikuti Blogger Gathering membuat saya teredukasi mengenai dana pensiun. Saya dulu berpikiran apakah bisa seorang freelencer menjadi nasabah asuransi dana pensiun. Dan ternyata ada dan Manulife ini memang menyediakan produk Dana Pensiun untuk Freelancer.

Manulife menyediakan produk Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK). Program DPLK Manulife dirancang untuk memenuhi kebutuhan akan kesejahteraan di hari tua sehingga hari tua kita bahagia dan sejahtera.

Kenapa Perlu Dana Pensiun?

Pada dasarnya, tujuan memiliki dana pensiun yang cukup adalah agar kita mandiri secara keuangan di masa tua. Bayangkan, apa yang terjadi jika di masa pensiun nanti, kita sudah tidak lagi memiliki sumber pendapatan tetap yang biasa diterima tiap bulan. Di sisi lain, anak-anak kita sudah berkeluarga dan tentunya fokus pada biaya hidup keluarga mereka dengan kebutuhan yang berbeda-beda. Di samping itu, akan muncul beberapa risiko yang bisa saja kita alami di masa tua nanti. 

Ambil contoh masa tua nanti akan rentan sekali dengan berbagai macam penyakit, terutama penyakit kritis yang biaya pengobatannya sangat mahal. Biaya hidup lansia pun akan meningkat dan yang utama setelah kita menuapun akan rentan menjadi orang terlantar. Saya pribadi tidak mau mengalami hal seperti itu, pasti semua juga akan berpikiran sama dengan saya. Menikmati masa tua harus dengan sejahtera, tenang dan bahagia.

Apa yang Dibutuhkan Untuk Mempersiapkan Dana Pensiun?

Dalam perencanaan keuangan, penting untuk menghitung rasio antara investasi dengan kekayaan bersih. Amannya, nilai perbandingan antara investasi dan kekayaan bersih itu 50% atau lebih. Bila sampai di angka ini, tandanya jumlah investasi kita sudah cukup sehat.  

Semakin dekat dengan masa pensiun, nilai rasio ini harus makin besar karena inflasi merupakan suatu hal yang gak bisa kita hindari. Makanya, mumpung masih muda dan produktif, manfaatkan waktu yang ada untuk mengumpulkan aset dan dana pensiun supaya masa tua jadi aman dan tentram. 

Jangan berkecil hati kalau kalian hanya sebagai Freelencer seperti saya. Karena dI Manulife ini ada Dana Pensiun untuk Freelancer. 

  • Pemasukan memang bervariasi, namun usahakan pengeluaran tetap stabil.
  • Hitung kebutuhan masa tua
  • Strategi mengumpulkan dana pensiun:
  • Instrumen investasi sesuai profil risiko
  • Ikut serta dalam program dana pensiun individu DPLK Manulife yaitu MiGolden Retirement
  • Disiplin menyisihkan dana setiap bulan, jika perlu siapkan rekening terpisah khusus untuk Dana Pensiun.

Langkah selanjutnya untuk wujudkan impian hidup mapan dan sejahtera adalah dengan memiliki proteksi dan juga investasi. Untuk mengembangkan aset, kita memerlukan investasi, yang mampu mengalahkan laju inflasi. Sedangkan proteksi atau asuransi berfungsi untuk melindungi aset agar tidak tergerus dengan berbagai risiko kehidupan dan Manulife menjawab semua kebutuhan kita dengan menyediakan berbagai produk asuransi jiwa dan asuransi investasi yang bisa dipilih.

Selalu ingat bahwa, untuk bisa mendapatkan kenyamanan di hari tua, kita harus memperhitungkan kemungkinan terburuk yang mungkin saja terjadi ketika sumber pendapatan kita telah hilang.

Komentar