Hati-hati Penipuan Investasi Ilegal



Kita sudah dua tahun mengalami pandemi. Hampir semua sektor terkena dampaknya. Dari mulai pengusaha, pebisnis bahkan sampai UMKM pun ikut terkena dampak pandemi ini. Ekonomi mengalami penurunan, tak sedikit yang terkena dampak Pemutusan Hubungan Kerja dari perusahaan. Alhasil semakin banyak pengangguran saat ini. Untuk itulah di jaman yang serba sulit ini kita jangan sampai terkena dampak penipuan investasi trading. 

Oleh sebab itulah APLI INDONESIA krmbali menggelar acara rutin tahunan yaitu APLI Talk Show pada tanggal 15 Deaember 2021 dengan tema "Penerapan Hukum Atas Maraknya Investasi Trading di Indonesia". Acara ini dimulai dengan terlebih dahulu dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Setelah itu dilanjutkan dengan pemaparan oleh Bp. Joko selaku Dewan Komisaris APLI Indonesia, sebelum kita memulai bisnis MLM sebaiknya kita mencari informasi lebih jelas perusahaan apakah sudah benar-benar resmi dan yang paling harus ada produk yang di jual dan harus terdaftar di APLI Indonesia.


APLI INDONESIA

APLI ( Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia) adalah suatu organisasi yang merupakan wadah persatuan dan kesatuan tempat berhimpun para perusahaan penjualan langsung (Direct Selling/DS), termasuk perusahaan yang menjalankan penjualan dengan sistem berjenjang (Multi Level Marketing/MLM) di Indonesia. Dalam Bahasa Inggris, APLI diterjemahkan menjadi IDSA, singkatan dari Indonesian Direct Selling Association. 

APLI sebagai jaminan yang memberikan rasa aman bagi masyarakat sehingga tidak ragu untuk membeli, menggunakan atau bahkan untuk bergabung dan mendistribusikan produk yang dibeli dan digunakan. Kondisi ini tidak hanya berinplikasi positif terhadap perusahaan anggota karena mendorong tingkat penjualan produk yang dihasilkan. Saat ini sedang marak modus investor ilegal dengan sistem member get member. 


Kegiatan ini berkedok MLM dengan menjanjikan bonus yang luar biasa. Sebelumnya kita di rekrut untuk menjadi anggota dengan membayar sejumlah uang. Tetapi tidak ada produk yang dijual tetapi mereka menjajikan keuntungan yang sangat tinggi. Bahkan tidak masuk akal sama sekali. Sudah banyak yang terjebak dengan investasi saham ini. Mereka hanya berpikir mendapatkan keuntungan yang besar dari investasi ini. Tetapi para korban tidak memikirkan keamanannya. Karena investasi saham harus siap dengan naik turunnya harga saham. Ada juga penawaran robot trading yang memberikan frofit selling yang sangat besar. Semakin kita investasi besar maka akan semakin besar pula keuntungannya. Investasi perdagangan seperti ini sangat berbahaya. 

Berikut ini adalah Permasalahan Penegakan Hukum :  

Pelaku :

  • Tidak semua pelaku di proses hukum, atau pelaku utama DPO
  • Selalu mengganti nama entitas
  • Entitas berada di luar negeri  
Korban : 
  • Sering tidak melapor karena malu atau masih berharap ada pengembalian
  • Korban kembali ikut entitas lain
Perangkat Hukum : 

Terdapat UU yang cukup untuk menjerat pelaku di antaranya : 
  • KUHP 372 & 378 
  • UU Perdagangan 
  • UU Perlindungan Konsumen
  • UU Perdagangan Berjangka Komoditi Penegak Hukum
  • Menunggu laporan korban
  • Belum menjadi Prioritas penanganan perkara. 
Banyak sekali kelompok penipuan investasi ilegal ini. Sehingga penegak hukum susah untuk mengusut tuntas atas investasi ilegal ini. Padahal korbannya sudah banyak sekali. Penegak hukum juga memilikj hambatan dalam penanganan investasi ilegal ini, karena banyak faktornya, seperti belum adanya laporan dari masyarakat yang menjadi korban investasi ilegal ini. Sulit juga mengaudit prospect perusahannya, karena dibungkus dalam bentuk keperdataan. 


Sebenarnya banyak masyarakat yang terlibat dalam investasi ilegal ini, tak sedikit juga selebritas tanah air. Selain itu juga pelaku investasi ilegal tidak kooperatif. Pelaku menyembunyikan hasil kejahatan, dan juga belum ada payunh hukumnya. Oleh sebab itulah masyarakat luas diminta lebih berhati-hati dalam memutuskan investasi ilegal. Harapan akan mendapatkan keuntungan yang besar dalam waktu cepat, malah akan membuat kerugian yang sangat besar. Kalau sudah seperti itu hanya penyesalan saja kan jadinya. 

Nah makanya yuk jadi masyarakat yang cerdas. Sebaiknya cari tahu informasi yang jelas terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk berinvestasi. Lebih baik mendapatkan keuntungan sedikit asal aman dan terjamin. Daripada di janjikan keuntungan besar, ujungnya malah kena tipu, uang kita lenyap tanpa bekas. 

Ada beberapa Tips yang perlu diperhatikan untuk menghindari investasi bodong : 
  1. Apakah ijinnya sudah jelas
  2. Pastikan return investasi wajar
  3. Cek rekam jejak perusahaan
  4. Pelajari perusahaan dalam mengelola investasi
  5. Selidiki Informasi Perusahaan dari berbagai sumber
  6. Pastikan mempunyai rencana investasi yang jelas. 
Jadi nih investasi yang baik adalah investasi yang instrumen investasinya jelas dan pada tempat yang jelas. Karena investasi ilegal adalah bentuk investasi yang tidak memiliki izin dan skema jelas. Jadi kalau ingin berinvestasi kita perlu hati-hati dan cermat agar kita tidak menjadi korban penipuan dari investasi ilegal.

Komentar