Cara Cek Virus Corona Dengan Mudah Tanpa Harus Keluar Rumah


Sudah hampir 2 bulan pemerintah menetapkan untuk bekerja dari rumah dan belajar dari rumah. Dilarang untuk berpergian ke luar rumah terutama tempat keramaian jika tidak ada keperluan yang sangat penting. Ini  semua sebagai upaya agar dapat memutus mata rantai penularan virus corona. Ternyata dengan Work From Home atau WFH virus corona di Indonesia belum juga selesai. Dan akhirnya karena jumlah penderita positif virus corona semakin meningkat, pemerintah menetapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Semua upaya dilakukan guna memutus mata rantai penularan virus corona ini.

Minggu lalu umat Muslim di seluruh dunia memulai puasa ramadhan. Puasa ramadhan tahun ini menjadi puasa yang sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Situasi pendemi COVID-19 yang membuat kita beribadah dari rumah. Dengan Virus Corona ini juga pemerintah sudah mengeluarkan larangan mudik untuk semua. Ini salah satu pembeda puasa tahun ini dengan puasa-puasa sebelumnya. Mudik dilarang karena aktivitas selama mudik akan berpotensi besar meluaskan penularan virus COVID-19.

Mudahnya COVID-19 ini menular dari orang tanpa gejala, bahaya yang mengintai jika mudik tetap dilakukan sangat besar. Bahaya itu akan lebih besar mengintai saat kita dapati rendahnya disiplin kita menjaga jarak aman, mencuci tangan dan mengenakan masker saat beraktivitas di luar rumah. Sedih memang dengan kondisi seperti ini. Terlebih saya yang rutin melakukan mudik setiap lebaran. Rencana bertemu keluarga dikampung halaman pun harus ditunda, demi kesehatan kita bersama.

Virus COVID-19 ini memang sudah menjadi pandemi. Itu sebabnya pemerintah senantiasa menghimbau masyarakat untuk menjaga jarak saat beraktivitas (physical distancing). Adapun pembatasan fisik setidaknya 1 meter. Virus COVID-19 ini seolah menjadi peringatan buat kita bahwa hidup sehat dan bersih harus diterapkan setiap hari dan dimana saja. Kita bisa mengambil hikmah dari pandemi ini, bahwa saat ini semua orang sudah mulai memperhatikan kesehatannya dan kebersihannya. Baik dirumah maupun di luar rumah. Harus tetap waspada pada virus corona ini, jangan anggap remeh, meski sudah banyak pasien yang sembuh tetapi sampai saat ini belum ada vaksin untuk mencegah penyakit corona virus (COVID-19).

Pastikan hal yang paling utama yaitu tubuh harus dalam keadaan sehat dan bugar. Agar imunitas tetap terjaga maka harus cukup istirahat, konsumsi makanan bergizi, hindari rokok dan alkohol, berolahraga secara teratur. Kita juga dapat mengkonsumsi suplemen vitamin C dan E untuk membantu mempertahankan kekebalan tubuh serta madu sebagai sumber energi. Jangan lupa hindari stres, senantiasa ikhlas, selalu berpikiran positif, dan kendalikan emosi saat menghadapi masalah demi membantu menjaga imunitas tubuh.

Ada beberapa cara pencegahan yang terbaik, agar tidak tertular virus COVID-19 ini diantaranya :
  • Gunakan maker dan bawalah hand sanitizer kemanapun.
  • Menjaga tangan agar tidak menyentuh area hidung, mulut dan mata.
  • Jaga jarak aman 1 meter atau 3 kaki, ketika berada di keramaian atau dalam kendaraan umum.
  • Setibanya dari tempat aktivitas segera cuci tangan.
  • Stay at home
Selain memperhatikan pencegahan penularan virus corona, kenali juga gejala infeksi virus yaitu :
  • Demam
  • Batuk kering atau berdahak
  • Sakit tenggorokan 
  • Sakit kepala
  • Sesak nafas (pada kasus yang lebih serius).
  • Menggigil dan nyeri sekujur tubuh
  • Mata memerah
  • Suhu tubuh berkisar antara 36,5 derajat celcius (kasus tiap orang akan berbeda-beda).
  • Kelelahan dan mual.

Jika kita mendapati tanda-tanda tersebut pada diri kita ataupun keluarga jangan lekas panik. sebaiknya konsulltasikan dahulu melalui dokter di  Halodoc untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Diagnosis dan penanganan yang cepat dan tepat, bisa meningkatkan peluang kesembuhan infeksi virus korona

Pengecekan COVID-19 Kini Bisa Melalui Aplikasi Halodoc

Layanan kesehatan digital Halodoc bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan memberikan layanan medis terkait virus COVID-19. Layanan tes virus corona yang ada di fitur Check COVID-19 di Halodoc bisa melakukan konsultasi kesehatan dan mendapatkan informasi lengkap mengenai COVID-19 tanpa harus keluar rumah.

Fitur cek kesehatan yang tersedia di laman depan aplikasi Halodoc ini akan menghubungkan para pelanggan untuk dapat berkonsultasi dengan dokter di Halodoc, mengenai gejala COVID-19. Selain itu terdapat pula fitur "Kenali Gejala COVID-19" yang akan membawa pelanggan ke informasi medis mengenai COVID-19 yang telah disiapkan Halodoc. 

Layanan COVID-19 yang dihadirkan oleh Halodoc ini sebagai langkah membantu pemerintah menyaring masyarakat dengan risiko COVID-19 rendah, medium hingga tinggi. Layanan ini akan mempermudah masyarakat dalam menerapkan social distancing karena masyarakat tidak perlu melakukan tatap muka atau keluar rumah untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari khususnya terkait dengan kesehatan.

Konsultasi dokter dengan pasien jarak jauh ini dapat meminimalisir penyebaran penyakit, juga membantu para dokter dan tenaga medis untuk lebih fokus menangani pasien COVID-19 dengan gejala menengah-parah yang membutuhkan perawatan di rumah sakit.

Selain konsultasi dokter mengenai penyakit COVID-19 dan penyakit lainnya, Halodoc juga menyediakan fitur pembelian obat-obatan yang bisa dipesan melalui aplikasi Halodoc dan akan langsung diantar ke alamat pemesan. Halodoc sebagai platform teknologi kesehatan terdepan, terus mengoptimalkan ekosistem teknologi untuk memfasilitasi kebutuhan masyarakat mengantisipasi risiko COVID-19.



Komentar

  1. Emang mudah sekarang walaupun kita susah keluar tapi teknologi membantu sekali. Halodoc bisa meringankan beban pikiran dan rasa khawatir "apakah saya menderita covid19? "

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener Mpok, kalau ke RS jg kita was-was ya...nah memang ngebantu banget nih halodoc

      Hapus
  2. keren yaaa, jadinya mempermudah banget, praktis karena kondisi kaya gini aku sendiri sebenernya agak serem kalo harus ke rumah sakit atau ke balai kesehatan hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sama saya juga. Ga ada pandemi aja ke RS ya banyak penyakit, apalagi musim begini ya...ngeri

      Hapus
  3. Aku juga udah lakukan screening lewat aplikasi dan mayan deh bikin tenang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah ya mba...wajib banget emang, apalagi punya anak kecil dan sering keluar rmh

      Hapus
  4. wah belom nyobain niy cek pakai aplikasi halodoc, penasaran jadi pengen nyobain cek untuk memastikan, semoga aman, aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo mba di coba, biar tenang. Gampang kok cek nya

      Hapus
  5. Solusi yang tepat saat pandemi ini, soalnya sebisa mungkin ga keluar rumah dulu. Aku belum nyoba aplikasinya, jadi penasaran deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya lebih aman kan kalau kita periksa di rumah, yuk mba di coba

      Hapus
  6. Ini adalah salah satu solusi baik yang dilakukan, jadi tenang ya kalau mau cek. Tapi yang penting sehat deh, jangan keluar rumah, jaga kesehatan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba...kalau kita ngikutin anjuran pemerintah buat dirumah, dan menerapkan pola hidup sehat, Insyaallah aman

      Hapus
  7. Lengkap bngt cara cek ini n kita bisa melakukan dgn Lebih peka pada orang sekitar. Yg paling terlihat demam ini y

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener banhet, ngebantu kita yg lagi dirumah aja

      Hapus
  8. sekarang banyak fasilitas dan kemudahan yang mulai bisa kita manfaatkan ya untuk cek kesehatan terutama di musim pandemi ini

    BalasHapus
  9. Saya juga udah menginstall dan mengeksplor aplikasi ini. Aplikasi ini menjadi bagian dari ikhtiar kita untuk mencegah tersebarnya virus Corona. Oiya saya udah melakukan tes mandiri juga lewat aplikasi ini.

    BalasHapus
  10. Makin keren layanan kesehatan sekarang ya. Saya beberapa kali memanfaatkan Halodoc untuk pengambilan obat dari rumah sakit. Belum pernah sih melakukan konsul online

    BalasHapus
  11. Cek COVID-19 ternyata jauh lebih mudah ya, senang kalau pelayanan di RS terus meningkat dan apikasi begini jadi sangat membantu masyarakata untuk cek COVID-19

    BalasHapus
  12. iya, aku seneng banget pas dikasih tau bisa cek pakai halodoc. *kebetulan mmg pengguna,.
    Jadi dimudahkan

    BalasHapus
  13. Wah..enak nih bisa cek tanpa harus ke rumah sakit ya. Makasih infonya mak Tinah.

    BalasHapus
  14. Alhamdulillah yah. Dengan teknologi yang semakin memudahkan. Aplikasi halodoc bisa mengecek tanpa kerumah sakit. Jadi kita ga usah kemana-mana dirumah aja sesuai anjuran pemerintah.

    BalasHapus
  15. Pengalaman pas kmrn gusi bengkak dan disarankan oleh teman yaitu coba pake Halodoc nanti disambungkan dengan dokter dan nunggu langsung

    BalasHapus
  16. Fitur-fitur dari Halodoc makin keren aja, selalu uptodate sesuai dengan kebutuhan para pembacanya

    BalasHapus
  17. Kondisi akhir-akhir ini memang memicu orang untuk cepat panik jika tampak ada gejala kesehatan terganggu. Aku aja berasa kayak mau flu langsung parno.
    Bagi mereka yang membutuhkan pengecekan apakah terjangkit virus Covid-19 bisa menggunakan aplikasi halodoc yang amat membantu masyarakat.

    BalasHapus
  18. Seruju banget Mbak, lebih amannya emang #statathome ya, dan selalu menjaga kebersihan diri serta rumah. Btw thanks info ttg pengecekan Covid-19 nya ya, bisa melalui aplikasi Halo doc

    BalasHapus
  19. Wah makasih infonya,aku jadi gak takut lagi nih,deg2an sama wabahnya.

    BalasHapus

Posting Komentar

Terimakasih atas kunjungan anda ke blog saya.
Saya sangat senang jika anda meninggalkan pesan pada postingan ini.
Terimakasih