Waspadai Nyeri Tulang Belakang


Assalamualaikum warahmatullahi.wb.

Hari ini emak ingin membahas tentang "Nyeri Tulang Belakang". Hayo siapa diantara teman-teman yang pernah merasakan sakit tulang belakang, atau bahkan sering mengalami sakit nyeri tulang belakang dan belum sembuh juga.

Kalau emak sering mengalami sakit nyeri tulang belakang, tapi belum tahu pasti apakah penyakit ini benar-benar nyeri tulang belakang atau hanya sakit pinggang biasa.
Nah kebetulan nih, Minggu 29 Desember 2019 emak mendapatkan kesempatan untuk hadir dalam acara Blogger dan Vlogger Gathering dengan tema "Nyeri Tulang Belakang", dengan narasumber yang ahli di bidangnya yaitu dr. Wismaji Sadewo Sp,BS (K). Acara ini berlangsung di RS Premier Jatinegara, Jakarta.

Penyebab Nyeri Tulang Belakang

Dalam acara ini dr. Wismaji Sadewo Sp, BS(K) menjelaskan bahwa Nyeri Tulang Belakang", ini bisa diderita oleh semua orang mulai dari anak-anak, dewasa dan orang tua.

Penyebab nyeri tulang belakang adalah kelainan struktur yang menekan saraf. Nyeri tulang belakang bisa dari otot sendi saraf dan lain-lain, yang mengalami tarikan akibat aktivitas tertentu misalnya mengangkat sesuatu yang terlalu berat, posisi tubuh kurang tepat, menari dan olahraga tanpa pemanasan. Selain itu nyeri tulang belakang juga bisa disebabkan karena berkendara yang terlalu lama tanpa istirahat, duduk terlalu lama saat bekerja, tidur beralaskan matras yang kurang baik dengan posisi tidak berubah-ubah juga menjadi penyebab Nyeri Tulang Belakang.

Gejala Nyeri Tulang Belakang

Gejala nyeri tulang belakang akan terjadi pada nyeri di leher, pinggang dan punggung. Akan tetapi rasa nyeri Ini bisa juga ada di tangan dan kaki. Ada nyeri tulang belakang yang bisa sembuh dengan sendirinya ada juga yang butuh penanganan dokter. Nyeri Tulang Belakang bisa terjadi karena gerakan yang salah ketika atau dalam posisi duduk yang kurang benar. Nyeri Tulang Belakang banyak diderita oleh wanita yang sedang depresi. Oleh sebab itulah nyeri tulang belakang tidak boleh disepelekan harus diwaspadai dan dicari tahu penyebabnya.


Pengobatan Nyeri Tulang Belakang

Pada banyak kasus Nyeri tulang belakang akan sembuh sendiri dengan istirahat yang cukup. Tetapi harus tetap di waspadai jika nyeri tulang belakang sering terjadi. Pengobatan nyeri tulang belakang bisa bermacam-macam. Bisa hanya dengan istirahat ada juga yang membutuhkan obat-obatan. Selain itu juga bisa diobati dengan medical treatment dan juga bisa dengan Botox, karena Botox bisa membuat otot menjadi lumpuh dan lemah. Pengobatan nyeri tulang belakang perlu intervensi nyeri, baik injeksi, stimulasi, ataupun radio frekuensi. Selain itu nyeri tulang belakang juga memerlukan pembedahan. Pembedahan perlu dilakukan untuk memperbaiki posisi tulang belakang.

Jika sakit nyeri tulang belakang sudah menurunkan berat badan dan disertai demam serta nyeri dalam berkemih atau BAB segera periksakanlah ke dokter. Untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Salah satu pencegahan nyeri tulang belakang yaitu olahraga dengan benar secara teratur dan juga diet teratur. Salah satu obat yang akan diberikan oleh dokter biasanya berupa painkiller seperti codein.
Tulang belakang manusia itu terdiri dari 33 ruas yang terbagi atas 7 ruas tulang leher, 12 ruas tulang bahu, 5 ruas tulang pinggang, dan 5 ruas tulang duduk. Jika mengalami sakit pinggang sebaiknya tidak menggunakan korset.

Penggunaan tas juga bisa berpengaruh besar terhadap nyeri tulang belakang. Menurut dr. Wismaji Sadewo menggunakan tas slempang tidak dianjurkan. Sebaiknya menggunakan tas Gemblok karena tas Gemblok akan membuat beban rata dan seimbang. Jangan lupa otot pinggang harus sering dilatih agar otot dapat bekerja dengan baik. Jangan mengistirahatkan otot-otot terlalu lama, karena hal tersebut akan membuat otot menjadi lemah. Otot harus sering digerakkan sehingga otot menjadi kuat. Usahakan rutin menggerakkan otot setiap hari.

Pencegahan Nyeri Tulang Belakang

Untuk menghindari terjadinya Nyeri Tulang Belakang bisa dengan olahraga yoga ataupun renang. Diet juga bisa mengatasi nyeri tulang belakang. Dan yang utama Berhentilah merokok. Jangan lupa perhatikan postur tubuh duduk yang benar saat bekerja dan menyetir posisi tidur juga diperhatikan.

Nah...setelah mengikuti Gathering dan mendengarkan penjelasan dr. Wismaji Sadewo Sp, BS(K) emak jadi mendapatkan ilmu cara mengatasi nyeri tulang belakang. Dan emak pun akan memeriksakan keluhan ini, agar tahu lebih jelas apa sebenarnya yang terjadi pada pinggang emak. Karena semakin cepat kita ke dokter akan mendapatkan penanganan yang cepat dan baik.


RS. PREMIER JATINEGARA

RS. Premier Jatinegara adalah sebuah rumah sakit swasta yang menjadi rujukan pelayanan kesehatan bagi dokter dan masyarakat yang membutuhkan.

Beroperasi  sejak 25 Maret 1989, RS Premier Jatinegara merupakan salah satu rumah sakit swasta terkemuka di Jakarta Timur yang memiliki keunggulan termasuk didalamnya komitmen terhadap mutu, kemudahan akses, kualitas pelayanan,  kelengkapan spesialistik dan alat penunjang medis.

Cakupan layanan kesehatan yang diberikan oleh RS Premier Jatinegara  berbasis pada layanan Satu Atap dimana konsultasi dokter, pemeriksaan penunjang, tindakan operatif, layanan rawat inap hingga pasca rawat inap dapat dilakukan di RS Premier Jatinegara.

Prestasi yang telah diraih oleh RS Premier Jatinegara sejak awal berdiri hingga sekarang merupakan  realisasi komitmen RS Premier Jatinegara terhadap mutu layanan kesehatan. Hal ini akan terus dijalankan untuk tercapainya visi dan misi perusahaan melalui  nilai pelayanan yang dianut yaitu Handal, Cepat, Tepat, Ramah, Proaktif dan Konsisten.


Komentar

  1. Itulah yang membuat kita beraktivitas, nyeri tulang belakang tidak tertahankan. Keren kamar RS Premier Jatinegera rapi dan nyaman

    BalasHapus

Posting Komentar

Terimakasih atas kunjungan anda ke blog saya.
Saya sangat senang jika anda meninggalkan pesan pada postingan ini.
Terimakasih

Postingan Populer