Waspadai Diabetes Pada Keluarga


Assalamualaikum Wr. WB
Taukah Anda bahwa penyakit diabetes sangat berbahaya bagi kita semua. Banyak dari kita yang tidak menyadari bahwa dirinya terjangkit penyakit diabetes. Kenapa bisa terjadi, salah satunya karena kita tidak pernah rutin memeriksakan diri ke rumah sakit. Bahkan jarang sekali cekup tentang kesehatan diri kita sendiri. Begitu penyakit sudah parah, barulah penyesalan akan datang.

Nah..dalam peringatan "Hari Diabetes Sedunia 2019",  yang jatuh pada tanggal 14 November, Kemenkes menyelenggarakan acara seminar kesehatan bertema "Lindungi Keluarga Dari Diabetes" yang diadakan di Kantor Kementerian Kesehatan RI, Kuningan Jakarta.
Dalam acara ini dihadiri oleh para narasumber yang ahli di bidang kesehatan, yaitu :

  • dr. Michael  Triangto , Sp. KO, Prof. 
  • dr. Jose RL Batubara, PhD, SpA (K) dari Divisi Endokrinologi Anak, FKUI - RSCM, 
  • Dr. Cut Putri Arianie selaku Direktur P2PTM Kemenkes RI, 
  • Suharyati, SKM, MKM, RD - PERSAGI, 
  • dr. Fatimah Eliana Taufik, Sp.PD, KEMD merupakan Dokter Penyakit Dalam Konsultan Endokrinologi - Perspective Promotive dan Preventive di tingkat individu dan keluarga dalam upaya mencegah diabetes
  • Dr. Michael Triangko SpKO


Dalam memperingati hari Diabetes Sedunia 2019 ini mengingatkan kita untuk tetap waspada dan bisa terhindar dari penyakit diabetes. Seperti diketahui, penyakit diabetes merupakan penyakit dimana penderitanya tidak bisa secara otomatis mengendalikan tingkat gula (glukosa) dalam darahnya. Dengan peringatan Hari Diabetes Nasional diharapkan bisa mengingatkan masyarakat untuk menjaga kesehatan agar terhindar dari penyakit diabetes.

Sebagian penyandang Diabetes tidak menyadari bahwa dirinya menderita Diabetes, sementara hampir seluruhnya menderita Diabetes tipe 2.
Ini sangat mengerikan sekali ya...
Gimana tidak mengerikan, karena penyakit diabetes adalah penyakit berbahaya tapi memang penyakit ini tidak menular. Diabetes ini sangat berbahaya karena dapat menyerang organ tubuh kita yang sangat penting. Penyebaran Diabetes akan cepat bila kita tidak rajin memeriksakan diri ke Dokter.

Penyakit Diabetes ini harus selalu mendapatkan pengecekan dokter dan harus selalu mengkomsumsi obat - obatan.
Tuh ngeri kan...
Yang lebih memprihatinkan kebanyakan orang terjangkit Diabetes tapi kebanyakan dari mereka tidak menyadarinya. Hal ini yang membuat angka Diabetes melambung tinggi saat ini. Waspada akan bahaya Diabetes. Maka dari itu sedini mungkin kita harus "Cegah, lawan dan obati Diabetes. Saat ini Diabetes banyak terjadi pada masyarakat yang gaya hidup nya kurang sehat. Kurang gerak dan kurang olah raga, inilah yang menjadi pemicu terjadinya Diabetes. Penyakit Diabetes ini susah terindikasi karena tidak ada tanda - tanda apapun.  Kadar gula yang tinggi ( hiperglikemi ) didalam tubuh kita diam - diam dapat merusak berbagai organ tubuh.

Oleh sebab itu sangatlah penting kita untuk mendeteksi, mendiagosa dan sesegera mungkin mendapatkan pengobatan dokter. Hal ini akan sangat membantu penderita Diabetes agar dapat mengontrol gula darah dalam tubuhnya. Pasien yang sudah positif menderita penyakit gula darah dianjurkan untuk rutin memeriksakan dirinya kedokter. Selain itu merubah gaya hidup sehat juga dapat membantu penderita Diabetes agar gula darah dapat teratasi.

Duh...duh...jadi serasa diingatkan untuk saya dan keluarga agar merubah hidup sehat, sekarang juga! Jangan ditawar lagi.
Oke...akan saya coba terapkan gaya hidup sehat mulai sekarang.
Kemenkes RI bekerja keras untuk menggalakkan masyarakat meningkatkan gaya hidup sehat yang benar, hal ini bertujuan untuk menekan angka Diabetes di Indonesia. Gerakan yang dilakukan adalah mengajak para masyarakat untuk berolah raga, dan mengkomsumsi makanan sehat. Makanan sehat terdiri dari 50% buah dan sayur, 25% karbohidrat dan 25% protein. Istirahat yang cukup, hindari rokok, tetap lah gaya hidup sehat diterapkan sehari - hari.

Gerakan gaya hidup sehat perlu ditingkatkan. Ajakan kepada masyarakat untuk terus berolah raga dan mengkomsumsi makanan sehat perlu dukungan yang sangat serius. Tujuannya agar Diabetes dapat di cegah dan di obati dengan benar.
Hayo siapa yang tidak mau kalau diajak hidup sehat, pasti semua akan menyambut dengan senang hati tak terkecuali saya sendiri.

Sangat penting lho untuk mempromosikan pentingnya hidup sehat dan test penyaring Diabetes pada kelompok risiko tinggi, untuk mencegah terjadinya komplikasi berat. Deteksi dini komplikasi retinopati akan memungkinkan penderita Diabetes mendapatkan pengobatan dini yang akurat dan mencegah hilangnya penglihatan mata dan penurunan karier dan kualitas hidup pasien.

Komsumsi makanan yang tinggi gula, garam dan lemak jenuh pada kelompok anak remaja terbilang tinggi, sehingga berkontribusi dalam meningkatkan kegemukan dan obesitas. Populasi masyarakat yang berusia diatas 10 tahun, kurang melakukan aktifitas fisik. Kurang gerak dan mengkomsumsi makanan berlebih akan memicu terjangkit nya penyakit Diabetes. Karena saat ini semua serba mudah, sehingga apapun yang dikerjakakan hanya mengandalkan alat canggih tanpa memikirkan tubuh yang kurang gerak. Semua dilakukan dengan mudah dan praktis.

Pemantauan gula darah itu sendiri sebenarnya juga bisa dengan insulin atau alat lainnya. Tetapi terkadang penderita Diabetes sendiri tidak sabar dan cepat menyerah. Penderita Diabetes berpikiran, kenapa sudah mengkomsumsi obat  tapi Diabetes tak kunjung turun. Oleh sebab itulah orang yang terindikasi Diabetes harus sabar, jangan cepat menyerah dan selalu semangat. Meminum obat itu sendiri reaksinya bukan seperti memakan cabai, langsung pedas. Meminum obat butuh proses dalam tubuh, jadi reaksinya tidak bisa cepat.

Oleh sebab itu kesabaran sangat dibutuhkan sekali bagi pasien Diabetes.
Diabetes sangat berbahaya bila tidak diobati. Diabetes dapat memicu terjadinya komplikasi berat yang sangat serius. Adapun komplikasi berat Diabetes itu sendiri seperti serangan jantung, stroke, gagal ginjal, disabilitas, sampai kematian dini.
Mengerikan sekali ya...

Oleh karena nya penderita Diabetes di haruskan menerapkan pola hidup sehat, olah raga, komsumsi obat dan yang terpenting tidak mudah putus asa, harus selalu bersemangat.

Komentar