Wake Up Wakaf Sejuta Wakif


Sudah pernah berwakaf?
Kalau saya sih jujur belum pernah berwakaf. Karena saya berfikir wakaf itu seputar makam, masjid dan mushola yaitu 3 M. Tapi setelah menghadiri blogger MetUp Dompet Dhuafa (DD) dimana di aula masjid smart ekselensia pada hari Rabu 02 Oktober 2019, Saya mendapatkan ilmu baru tentang Wakaf.

Diacara ini saya mendapatkan pengertian tentang Wakaf, saat ini sebagian orang menganggap Wakaf masih sama dengan zakat maupun sedekah, namun ternyata wakaf itu berbeda lho!
Secara bahasa, wakaf diambil dari kata wakaf diartikan sebagai penahanan hak milik atas materi benda untuk tujuan menyedekahkan manfaat atau faedahnya.

Bapak Boby P. Manulang selaku GM. Wakaf Dompet Dhuafa menjelaskan bahwa wakaf itu seindah sedekah dan zakat. Sedekah dan zakat bisa kita lakukan kapan saja, karena sedekah tidak perlu menunggu kita punya uang ratusan juta, dengan kita punya uang rp10.020 kita sudah bisa berwakaf. Dan dengan wakaf donatur yang hanya Rp 10.020 akan bisa dikelola oleh Dompet Dhuafa menjadi rumah sakit Dompet Dhuafa, sekolah untuk kaum dhuafa dan lain-lain.

Misalnya hanya dengan Rp 10.000 setiap bulan, dan menggalang dana bersama teman-teman lainnya, dana yang terkumpul hasilnya akan lumayan dan bisa di wakafkan di Dompet Dhuafa. Uang yang tidak seberapa bagi kita, tapi akan berguna bagi banyak orang, dan tentunya kita akan mendapatkan pahala. Oleh sebab itulah yuk kita saling mengumpulkan dana yang nantinya langsung di wakafkan ke Dompet Dhuafa.

Sebagian masyarakat masih berpendapat bahwa wakaf adalah ibadah yang identik dengan 3M yaitu Makam, Masjid dan Madrasah. Padahal wakaf itu sendiri sangat luas dan tidak terpaku pada 3M tadi. Ini dikarenakan kurangnya literasi pemahaman masyarakat akan wakaf. Padahal wakaf bisa berupa uang bukan berupa Masjid, Makam dan Madrasah saja. Berapapun nilai uangnya bisa kita wakafkan asalkan ikhlas.

Ustad Syafii selaku Direktur Dompet Dhuafa pendidikan menjelaskan bahwa salah satu lembaga insani Dompet Dhuafa bidang pendidikan adalah Smart Ekselensia yaitu sebuah sekolah menengah jenjang SMP dan SMA dengan memberikan kebebasan biaya bagi siswa yang kurang mampu. Smart Ekselensia ini hanya untuk laki-laki. Smart Ekselensia bertujuan menciptakan generasi muda yang cerdas dan membantu anak-anak yang kurang mampu secara ekonomi.

Pelajaran yang diberikan sama seperti sekolah lainnya. Siswa pun disediakan asrama selama mereka menuntut ilmu di Smart Ekselensia Dompet Dhuafa. Akses internet pun disediakan, pelajaraan dengan menggunakan teknologi canggih seperti laptop ataupun komputer disediakan. Berharap semua anak di Indonesia mendapatkan pendidikan yang layak, tanpa membedakan kemampuan ekonomi orangtuanya.

Setelah memberikan beberapa penjelasan akhirnya saya bersama teman-teman blogger lainnya,, berkesempatan berkeliling ke Zona Madina. Zona Madina Dompet Dhuafa ini sangat luas sekali, luasnya 8 hektar dan sudah dibangun secara maksimal. Zona Madina ini adalah tanah wakaf yang dimanfaatkan untuk kepentingan para kaum dhuafa.

Kawasan Zona Madina ini dibangun sebuah Rumah Sakit, Rumah Sehat Terpadu. RS. Rumah Sehat Terpadu ini memberikan pelayanan kesehatan untuk masyarakat yang kurang mampu. Rumah Sehat Terpadu ini didirikan pada tahun 2009 dengan menggunakan dana wakaf yang bersumber dari para donatur Dompet Dhuafa. Berkeliling ke area RS. Rumah Sehat Terpadu ini tak kalah dengan RS mahal lainnya. Rumah Sehat Terpadu sangat nyaman, bersih, luas, pelayanan ramah dan cepat, dan para Dokter yang sangat berpengalaman.

Rumah Sehat terpadu ini juga cukup leluasa untuk kita berkeliling, karena lebih luas meski masyarakat yang tidak mampu memenuhi Rumah Sakit ini. Selain itu Rumah Sehat terpadu sangat tenang, dan populasi udaranya sangat segar, karena kanan kirinya masih penuh dengan penghijauan. Bagi masyarakat yang memerlukan pertolongan medis bisa berobat ke RS Rumah Sehat Terpadu tanpa biaya alis gratis, dengan catatan harus melalui prosedur yang berlaku di RS ini.

Dalam rangka sinergi pengembangan wakaf, Dompet Dhuafa menyalurkan gerakan WakeUp Wakaf yang dapat memudahkan wakaf melalui plaform digital yaitu Wakaf Produktif . Plaform digital ini akan memudahkan kalangan millenial yang ingin berdonasi melalui Dompet Dhuafa melalui digital.

Nah...Bagi kalian yang ingin ber Wakaf dengan nilai berapapun, silahkan hubungi Dompet Dhuafa. Karena Dompet Dhuafa terpercaya menyalurkan semua donasi teman-teman semua.



Komentar

Postingan Populer