Rumah DOMUS Menghadirkan Huntara Untuk Para Korban Bencana




Rabu 31 Oktober 2018 saya hadir di JIEXPO Kemayoran Jakarta dalam rangka pameran Construction Indonesia (IC). Pembukaan pameran Construction Indonesia ini di hadiri oleh Presiden RI, Bapak Jokowidodo. Pameran ini di selenggarakan oleh Kementerian PUPR dan LPJK.

Pembukaan pameran Construction Indonesia ini dihadiri oleh 10.000 tenaga ahli kontruksi. Dalam acara ini Presiden RI meresmikan sekaligus memberikan sambutan. Dalam sambutannya Bapak Jokowi mengatakan bahwa dalam 4 tahun terakhir ini fokus dalam pembangunan insfrastruktur baik dalam pembangunan jalan tol, bandara, pelabuhan, waduk, jaringan irigasi, pembangkit listrik, pembangunan pos batas negara dan lain-lian.

Tujuan pameran ini adalah untuk membuka keterisoliran mengurangi biaya logistik sekaligus mempersatukan Indonesia dan juga menghadirkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Jika tanpa industri kontruksi dan SDM yang mempuni maka tidak akan jalan. Setelah acara sambutan Presiden RI juga memberikan Sertifikasi kepada para pekerja di lapangan. Karena tanpa para pekerja di lapangan pembangunan negara ini tidak akan berhasil. Pekerjaan di lapangan itu sangat berat. Sebagai contoh membawa aspal dengan helikopter sangat berat. Oleh sebab itulah Bapak Jokowidodo memberikan apresiasi kepada seluruh pekerja dalam bidang kontruksi atas kontribusinya dalam pembangunan agar tercapainya Indonesia maju.

Setelah acara peresmian pembukaan pameran Construction Indonesia selesai Bapak Jokowidodo berkeliling ke area pameran di JIEXPO Kemayoran Jakarta. Bapak Jokowidodo melewati stand DOMUS yang berlokasi di Hall B3 No. 650 JIEXPO Kemayoran.

DOMUS Rumah Permanen Instant

Apa itu rumah DOMUS
Sebagian masyarakat sudah ada yang mengenal rumah DOMUS, tetapi ada juga yang belum tahu rumah DOMUS. DOMUS ada dibawah naungan PT. TataLogam Lestari. Rumah DOMUS adalah rumah instant permanen hanya dengan 5 hari, untuk rumah satu lantai. Bayangkan saja rasanya tidak mungkin membangun sebuah rumah hanya membutuhkan waktu secepat itu. Tapi semua bisa dibuktikan oleh PT. TataLogam Lestari.

PT. TataLogam Lestari adalah perusahaan genteng metal terbesar dan baja ringan terbesar di Indonesia. Berbagai penghargaan telah diraihnya. Dan kini TataLogam Lestari kembali meluncurkan gebrakannya dengan menghadirkan rumah instant permanen DOMUS. Perusahaan yang sudah ada sejak tahun 1994 ini menunjukkan keseriusannya dalam memproduksi genrteng metal, baja ringan dan rumah DOMUS.

Membangun rumah DOMUS kunci utamanya adalah PERENCANAAN yang matang, MATERIAL yang tepat serta TEKNIK pengerjaan yang benar, efektif dan efisien.
Keunggulan rumah DOMUS ini adalah : Kuat, Cepat, Hemat dan Indah dan tahan gempa membuat DOMUS layak menjadi pilihan bagi anda yang memerlukan rumah baik di perkotaan, di derah urban, perkebunan, pertambangan maupun daerah bencana. DOMUS tersedia dalam 3 tipe standar yaitu : tipe 21, tipe 30, tipe 36 dan tipe 45.

DOMUS memiliki 3 Pilihan Paket, yaitu :

  1. Paket Rangka, Rangka PRAKTIS, Rangka kuda-kuda TASO, Rangka plafon, Genteng metal Sakura MX
  2. Rangka Putih, Paket rangka ditambah : Bata Ringan, Roster Keramik, Kloset + kran, Jendela, pintu dan penutup Plafon, Instalasi Listrik dan air.
  3. Paket Komplit, Paket putih ditambah plesteran + aci (bagian luar) Aci (bagian dalam), Pengecetan.
Teknologi DOMUS bisa diaplikasikan untuk bangunan rumah tinggal, pasar, ruko, pabrik, gudang dan lainnya. Dengan komponen struktur dinding memakai kanal U dan rangka atap baja ringan menjadikan DOMUS sebagai bangunan permanen yang kuat, indah dan juga tahan gempa.

Teknologi DOMUS tidak hanya diaplikasikan untuk bangunan permanen saja, tetapi teknologi ini ternyata sangat tepat diterapkan bagi hunian sementara (Huntara) bagi korban bencana alam. Seperti yang kita ketahui baru-baru ini Indonesia sedang mendapatkan cobaan bencana alam di beberapa daerah yaitu, Palu, Lombok, Siji dan Donggala. Mereka harus segera mendapatkan hunian baru yang cepat agar bisa berkumpul kembali bersama keluarganya. 
Nah...Huntara ini menjadi pilihan yang tepat untuk para korban bencana alam. Huntara menggunakan teknologi DOMUS, material dinding yang awalnya memakai bata ringan bisa diganti dengam material lain yang tersedia dan sesuai kemampuan, misalnya bilik bambu, panel gypsum, triplek, spandek atau bahakan bisa memakai terpal.

Rumah hunian sementara (Huntara) juga siap difungsikan dan dikembangkan menjadi hunian tetap (Huntap). Masyarakat yang mendapatkan musibah bencana alam tidak akan menghabiskan waktu yang lama jika membangun rumah yang permanen. Oleh sebab itulah dibutuhkan rumah Huntara yang cepat selesai dan Huntara ini juga siap dialih fungsikan menjadi Huntap dalam waktu singkat dan memiliki konsep berkelanjutan.

Spesifikasi HUNTARA :
  1. Rangka kolom : praktis
  2. Rangka atap : taso atau kaso
  3. Penutup atap : sakura mx
  4. Penutup dinding : terpal tanpa sekat ruangan.
Rumah instant Huntara ini adalah inovasi dari PT. TataLogam Lestari untuk para korbam bencana alam gempa di Palu dan Donggala.

DOMUS standar dengan luas bangunan 36 M2 hanya memerlukan waktu pembangunan 2 hari saja. Apabila masyarakat yang akan menempati bersedia, maka desain huntara pada lahan terbatas bisa dibuat menjadi bentuk kopel, yaitu rumah yang berpasangan (berhimpitan) satu atap terdiri dari lebih dari satu unit rumah.

Huntara dengan teknologi DOMUS ini jika sudah tidak terpakai bisa dibongkar lalu disimpan dan bisa digunakan lagi jika terjadi bencana. Atau bahkan bisa dikembangkan menjadi hunian tetap dengan hanya mengganti material dinding sebelumnya dengan bata ringan.

Nah...Huntara ini sangat membantu buat saudara-saudara kita yang terkena musibah bencana alam. Supaya mereka bisa mendapatkan hunian yang cepat dan juga bisa berkumpul kembali bersama keluarganya. Ini akan mempercepat kesembuhan mental dan juga trauma mereka. Semoga tidak ada bencana alam kembali di negri Indonesia tercinta ini....Amin

Komentar

Postingan Populer