Sharp Lemari Es Pertama Yang Bersertifikat Halal Dari MUI


Hari ini Rabu tanggal 09 Mei 2018 saya mau jalan-jalan nih ke pabrik Sharp Indonesia yang ada di Karawang, Jawa Barat.

Bersama media, blogger dan influncer berangkat bersama menuju Karawang. Kami berangkat pagi jam 7 dari Jakarta menuju Karawang. Sampai di pabrik Sharp Indonesia jam 10. Saya dan teman-teman lainnya ingin tahu lebih dalam tentang kulkas bersetifikat halal dari Sharp Indonesia ini.

Setibanya disana kita semua disambut ramah oleh semua staf Sharp Indonesia. Istirahat sejenak kemudian dipersilahkan keruangan untuk menyimak penjelasan tentang kulkas bersetifikat halal dari Sharp Indonesia.

Mungkin masih banyak yang bingung, bukankah halal hanya untuk produk yang kita konsumsi. Tapi ternyata barang yang kita pakai pun harus mempunyai sertifikat halal.

Tadashi Ohyama selaku President Director PT Samudera Electronics Indonesia, menjelaskan dibawah kepemimpinan nya saat ini beliau ingin Sharp Indonesia akan membawa nafas dan semangat baru bagi keluarga SHARP Indonesia dalam menghadapi era digital dan persaingan antar produsen elektronik.

Dibawah kepemimpinan Tadashi Ohyama, Sharp akan memberikan terobosan terbaru untuk produk elektronik nya.

Terobosan ini dimulai dengan meluncurkan sertifikat halal untuk produk lemari es dari Sharp Indonesia.

Menurut Afka Aditya selaku Produk Marketing Sharp Indonesia, Sharp ingin selalu berinovasi dan memenuhi keinginan para konsumen setianya. Afka juga menjelaskan tentang lemari Sharp bersertifikat halal jangan sampai disalah artikan. Lemari es bersertifikat halal pengertiannya bukan yang haram masuk ke lemari es menjadi halal. Tetapi lebih dari proses pembuatannya dan juga memenuhi keinginan konsumen agar lebih aman menggunakan lemari es bersertifikat halal.

Oleh sebab itulah Sharp Indonesia mendaftarkan sertifikasi halal guna menjamin mutu dan kualitas produk lemari es nya.

Untuk mendapatkan sertifikasi halal ini harus melakukan pemeriksaan dokumen dan audit implementasi yang diselenggarakan oleh sistem jaminan halal, Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika - Majelis Ulama Indonesia (LPPOM-MUI).

Proses penilaian ini melewati keseluruhan proses, mengecek fakta kandungan produk dan menelaah dari sains dan teknologinya dan juga menjadi saksi untuk proses produksi secara menyeluruh dan penerapan Sertifikasi jaminan Halal (SJH) diperusahaan.
tegas Dr. Ir, H Muslich, Msi, selaku Head of QA & Standar LPPOM MUI.


Produk yang dinyatakan bersertifikasi halal berarti telah memenuhi dua syarat utama yaitu :
  1. Memenuhi kebijakan dan prosedur sertifikasi halal.
  2. Memenuhi dan menerapkan sebelas kriteria Sertifikasi Jaminan Halal (SJH).

Hasil temuan tersebut kemudian dibawa kepada komisi fatwa MUI untuk menjelaskan status kehalalan produk tersebut.

Setelah melalui beberapa rangakaian pemeriksaan akhirnya pada tanggal 28 Maret 2018 Sharp Indonesia mendapatkan Sertifikasi Halal dari MUI.

Dan kategori produk Sharp yang dinyatakan halal, adalah Lemari es dan frezzer yang diproduksi di Indonesia. Untuk selanjutnya akan menyusul produk-produk lainnya dari Sharp seperti mesin cuci dan lainnya.

Sertifikasi halal yang diterima Sharp Indonesia dari MUI ini semakin menguatkan posisi Sharp Indonesia sebagai produsen elektronik pertama yang memiliki sertifikat halal.

Kenapa Sharp memilih lemari es untuk mendapatkan sertifikasi halal yang pertama ?

Alasannya karena lemari es merupakan salah satu produk elektronik yang bersentuhan langsung dengan makanan dan minuman yang dikonsumsi.

Sharp selalu berkomitmen dalam mengedepankan para konsumennya. Hal inilah yang mendorong PT. Sharp Indonesia untuk mendaftarkan sertifikasi halal guna menjamin mutu dan kualitas produk lemari es nya.

Setelah mendengarkan penjelasan mengenai serifikat halal, akhirnya kita semua diajak Factory Visit ke pabrik Sharp Indonesia untuk melihat langsung pembuatan lemari es ini.


Memasuki area pabrik yang begitu luas ini membuat saya terkejut. selama ini saya belum pernah melihat bagaimana proses pembuatan lemari es. 


Beruntungnya saya mendapatkan kesempatan berkeliling area pabrik dan melihat proses pembuatan yang begitu panjang. Ternyata proses pembuatan lemari es ini melalui beberapa proses yang panjang dan detail. Tiap-tiap line ada beberapa karyawan untuk mengerjakan tugasnya masing-masing. 
Semua karyawan bekerja dengan serius dan hati-hati. 

Selain karyawan ada juga beberapa mesin canggih layaknya robot pintar. Mesin-mesin canggih inilah yang membantu pekerjaan para karyawan. Pantas saja Sharp Elektronik ini sangat terjamin mutu dan kualitasnya, karena dilengkapai beberapa mesin canggih dan karyawan pun bekerja dengan sangat serius dan telaten. Setelah melalui beberapa proses hingga jadi sebuah lemari es yang ada dirumah saya dan pastinya ada juga di setiap rumah lainnya.

PT. Sharp Elektronik Indonesia mampu memproduksi sekitar 90 hingga 100 unit kulkas per harinya. Harga lemari es pun beragam mulai dari Rp 1 juta hingga Rp 5 juta.

Pantas saja PT. Sharp Indonesia menjadi produsen lemari es nomer satu di Indonesia dengan menguasai pangsa pasar hingga 26,6%. Ini menjadi kebanggan tersendiri bagi Sharp Indonesia karena mampu bertahan bahkan terus meningkatkan penjualannya.

Karena dari tahun 1970 hingga saat ini Sharp Indonesia tetap menjadi yang terbaik. Keunggulan dari produk elektronik Sharp ini adalah jaminan mutu dan kualitasnya. Sharp selalu berinovasi dan memberikan yang terbaik untuk produk elektroniknya. 

Selain itu Sharp Indonesia juga menerapkan motif di lemari es nya sebagai budaya Indonesia yang sangat kental. Motif di lemari es ini beragam, yaitu daun kelapa, bunga mengkudu dan lain-lain. Jarang loh lemari es memakai motif yang menunjukkan simbol Indonesia. 

Lemari es Sharp yang diproduksi di Kerawang, Jawa Barat, Indonesia ini dikirim keseluruh Indonesia. Jadi yang ada di daerah tidak perlu khawatir karena lemari Sharp bersertifikasi halal ini akan dipasarkan di seluruh Indonesia. 


Sabtu 12 Mei 2018
tinapurbo@gmail.com




Komentar

  1. Alhamdulillah ada teknologi yang concern dengan kehalalan suatu makanan yang akan dikonsumsi keluarga ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mba...jadi kita tenang aman ya...skrng barang mulai ada sertifikat halal nya

      Hapus
  2. Mba, asli deh.. ade penasaran ttg kehalalan dinproduk elektronik. Lalu yang dibilang tidak halal itu kulkas yg gimana? Jangan2 yg di rumah g halal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halal dr proses pembuatan, material dan perakitan nya. Kalau untuk non halal tidak dijelaskan secara rinci mba Ade, jadi positif aja, kulkas dirmh saya jg keluaran lama, semoga aman ya...

      Hapus
  3. Jadi kepingin punya mba, biar gk worry setiap harinya , apa bner kulkas yg d rumah itu dah halal apa blum, sharp ngerti bnget y

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba...saya juga pengen biar kita aman dan tenang ya

      Hapus
  4. Jadi bahan2 pembuat kulkas ini dijamin halal gtu ya maksudnya?
    Mash bingung soalnya sama konsep kulkas halal hehe.
    Tapi Sharp emng merk bagus sih, kyknya kulkas ortu yg dulu sharp dan awet.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener mba....dr proses, material dan produksinya halal, untuk kehalalan suatu produk pengecekannya masih sukarela untuk produk. Tapi Sharp ingin memberikan rasa aman dan tenang untuk pelanggan nya makanya didaftarkan ke MUI untuk mendapatkan sertifikat halal merk Sharp khususnya kulkasnya

      Hapus
  5. Dari bahannya itu ya mak yg bikin halal, jadi aman Kita naro makanan2 enak di kulkas karena ga terkontaminasi sama bahan2 non halal. Jadi mau...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah...iya bener mba..ayolah beli mau puasa dan. Lebaran nih

      Hapus
  6. Kapasitas produksi kulkas Sharp per harinya banyaaak juga ya Mak Tina.. Seru banget bisa factory visit gitu, jadi tahu prosea pembuatannya gimana.. :) Iya ya kulkas bersentuhan langsung sama produk makanan, minuman, Kalo kulkasnya terbuat dari bahan aman halal dan prosea pembuatannya juga gitu konsumen jadi lebih tenang, ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tenang bgtt, jadi ga ragu deh kalau mau taro makanan dan minuman dikulkas

      Hapus
  7. Semoga dengan adanya pembaharuan ini bisa diterima dan menjadikan masyarakat nyaman

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin, dan semoga barang² elektronik rumah tangga lainnya di halalkan jg

      Hapus
  8. Kulkasnya cantik juga ya disainnya..Bawain satu donk Maak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bagus motifnya Indonesia bgtt. Berat mba ..

      Hapus
  9. Keren yaaa kulkas aja dilabeli Halal, sebagai Muslim jadi semakin tenang kalau ada ini di rumah, kalau nanti tiba saatnya ganti kulkas, aku mau beli ini deh kayaknya :*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba...memang yg halal keluaran terbaru. Jadi tenang bgtt nih kalau pake kulkas ini

      Hapus
  10. inovasi sharp ga henti-henti, sekarang ngeluarin kulkas halal, penting buat para muslim tau seluk beluk bahan baku barang yang dipakai sehari-hari

    BalasHapus
  11. Sekarang aku jd tau apa bedanya kulkas biasa dan yg bebas minyak babi.

    BalasHapus
  12. Asyik nih kulkas halal, bikin kita tenang karena makanan kejaga ya nggak kecemar bahan yang meragukan

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer