Prodia Senior Health Centre Adalah Pusat Layanan Kesehatan Geriatri Yang Terpercaya


Dulu saya sempat sedih ketika almarhum ibu mertua saya mengalami pikun. Sedih banget ketika almarhum ibu mertua memanggil saya dengan sebutan ibu. Karena biasanya beliau hanya memanggil nama saya saja, tetapi pas saya pulang ke kampung mertua beliau menyapa dengan menyebut ibu.
Mendengar sebutan yang tidak biasa itu saya sempat kaget. Tetapi rasa kaget saya hilang begitu saya mendengarkan penjelasan adik ipar saya. Adik ipar saya menjelaskan, bahwa mamanya mengalami pikun, saya pun memakluminya. Pikun memang membuat kita sebagai anaknya menjadi sedih. Tidak sedikit juga yang tidak sabar menghadapi orang pikun.


Pikun bukan hanya menyerang usia lanjut, ada juga usia muda sudah mengalami pikun. Gejala pikun yang biasa dialami seperti, sering menanyakan hal yang sama berulang-ulang, dan tersesat di tempat yang sudah dikenal. Tidak bisa mengingat dan mengikuti aturan, bingung tentang waktu, orang, dan tempat. Banyak  juga yang tidak terlalu mempedulikan keamanan, kebersihan, dan gizi mereka.


Ketika usia kita memasuki usia lanjut, ada baiknya tubuh tetap bergerak dan beraktifitas untuk mengasah otak agar selalu ingat. Karena semakin diasah otak akan semakin tajam untuk mengingat apapun. Bersosialisasi juga sebagai terapi jiwa.
Kebanyakan orang  beranggapan pikun adalah penyakit yang wajar pada orang tua. Padahal pikun ini adalah gangguan pada otak yang harus diobati dan disembuhkan.


Nah....dengan banyaknya kasus demensia ini, maka Prodia merasa prihatin dan perlu adanya pengobatan untuk masalah demensia ini. Dan akhirnya pada hari Selasa 12 Desember 2017 Prodia meresmikan "Prodia Senior Health Centre", yaitu Pusat Layanan Kesehatan Geriatri yang Andal dan Terdepan di Indonesia. Prodia Senior Health Centre ini berlokasi di Pondok Indah Jakarta.

Prodia Senior Health Centre (PSHC) sebagai pusat layanan kesehatan geriatri yang dapat diandalkan (reliable) di Indonesia. Pendirian Prodia Senior Health Centre (PSHC) ini merupakan inisiatif dari Prodia dalam memberikan pelayanan kesehatan berkualitas bagi para pelanggan usia lanjut dengan tujuan meningkatkan kebugaran dan stamina di usia lanjut, sehingga terhindar dari penyakit degenerative ataupun komplikasinya.

Berdasarkan data Survey Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) tahun 2014, penduduk lansia di Indonesia berjumlah sekitar 20 juta jiwa atau setara dengan 8.03% dari seluruh penduduk Indonesia. Jumlah tersebut diperkirakan akan bertambah menjadi 40 juta jiwa pada tahun 2030. Perkembangan proporsi penduduk lansia pun diperkirakan akan meningkat 13% pada tahun 2025 dan 25% pada tahun 2050.

Dalam acara pressconference ini dihadiri oleh para Narasumber :

  • Ibu Dewi Muliaty selaku Direktur Utama Prodia 
  • Bapak Andi Wijaya selaku Komisaris Utama Prodia 
  • Ibu Nelly Sari selaku Project Manager PSHC
  • Dr. Arya Govinda Rooshereo selaku Dokter Spesialis Geriatri.

Dalam Press Conference ini Ibu Dewi Muliaty selaku Direktur Utama Prodia menjelaskan berdasarkan informasi dari Alzheimer's Disease International, Indonesia termasuk dalam daftar sepuluh negara dengan demensia tertinggi di dunia dan di Asia Tenggara pada 2015 dengan jumlah penderita demensia diperkirakan sebesar 1,2 juta jiwa. 
Jumlah ini akan mengalami kenaikan terus menerus. Penyakit metabolik saat ini semakin meningkat, kesehatan otak menjadi kendala utama karena kurangnya perhatian khusus. Kebanyakan yang terjadi pada lanjut usia adalah fisik sehat tetapi lupa akan kesehatan otaknya. Gampang lupa dan menjadi tidak fokus pada pemikiran. Penelitian demensia perlu mendapatkan penanganan sesegera mungkin. Semakin cepat penanganannya maka akan semakin baik pengobatannya. 

Prodia Senior Health  Centre fasilitas dan layanan kesehatan khusus bagi para pelanggan usia lanjut agar selalu sehat, aktif dan mandiri. Prodia Senior Health Centre (PSHC) dapat menjadi pusat layanan kesehatan geriatri yang andal dan terdepan di Indonesia, jelas Dewi, selaku Direktur Prodia Senior Health Centre.

Penjelasan dilanjutkan oleh Dr. Arya selaku dokter Spesialis Geriatri menjelaskan Prodia Senior Health Centre ini adalah klinik persiapan untuk menghadapi usia lanjut senior, yang menyediakan pengobatan Prefensi, peningkatan kualitas dan rehabilitasi pengobatan.
Program layanan kesehatan yang ada di Prodia Senior Health Centre ( PSHC ) ini adalah pelayanan untuk pelanggan usia lanjut diantaranya meliputi penyuluhan kesehatan dan perilaku hidup sehat, deteksi dini dan pemantauan kesehatan pelanggan usia lanjut, pengobatan ringan bagi pelanggan usia lanjut, layanan fisioterapi dan rehabilitasi medik, akupunktur, vaksinasi, dan tentunya layanan konsultasi dari dokter-dokter spesialis, seperti dokter penyakit dalam, konsultan geriatri, dokter spesialis akupunktur, dan dokter spesialis rehabilitasi medik. Selain itu, Prodia Senior Health Centre (PSHC) juga dilengkapi dengan layanan home care, dan senior health activity seperti  senam, games mengasah otak, dan membuat kerajinan tangan. 

Pelayanan di Prodia Senior Health Centre ini sudah sesuai dengan penelitian dan sesuai dengan kebutuhan, salah satunya adalah Demensia. Demensia ini adalah hasil dari berbagai macam resiko dari penyakit darah tinggi, kolesterol, diabetes dan lain-lain. Maka itulah demensia perlu mendapatkan pengobatan sesegera mungkin. Pengobatan demensia ini bisa ditatalaksana di klinik ini tegas Dr. Arya.

Pemaparan selanjutnya yang membuat saya kagum adalah pemaparan dari Bapak Andi Wijaya selaku Komisaris Utama Prodia. Di usianya yang sudah menginjak 81 tahun, bapak Andi masih terlihat sehat. 
Bp. Andi mendirikan laboratorium klinik Prodia pertama kali di Solo pada 7 Mei 1973 oleh beberapa orang idealis berlatar belakang pendidikan farmasi. Sejak awal, Dr. Andi Widjaja, MBA beserta seluruh pendiri lainnya tetap menjaga komitmen untuk mempersembahkan hasil pemeriksaan terbaik dengan layanan sepenuh hati.

Sebagai pemimpin pasar, sejak 2012 Prodia merupakan satu-satunya laboratorium dan klinik di Indonesia dengan akreditasi College of American Pathologists (CAP). Sehingga kualitas hasil tes dari laboratorium Prodia sejajar dengan laboratorium internasional.
Hingga saat ini Prodia berkembang dan sangat maju. Bapak Andi masih sangat sehat terbukti dengan selalu melakukan travelling kemana saja. Dan yang membuat saya kagum adalah beliau masih sehat dan tidak pikun. Masih bisa mengingat jelas semua memory hidupnya sampai saat ini. 

Apa saja rahasia beliau hingga masih sehat di usianya yang sudah 81 tahun ini. Bapak Andi selalu menerapkan hidup sehat sehari-hari yaitu ?

Tujuh Konsep utama Prodia terkait kebugaran adalah :
  • Spiritual awareness.
  • Sosial awareness.
  • Occupotional awareness.
  • Lingkungan awareness.
  • Intelektual awareness.
  • Emotional awareness.
  • Phisycal awareness.

Ibu Nely Sari selaku Project  Manager PSHC menjelaskan bahwa Prodia Senior Health Centre (PSHC) mengawali pelayanannya dengan berfokus pada penyediaan paket pemeriksaan ProHealthy Brain sebagai salah satu upaya preventif untuk mencegah demensia. ProHealthy Brain Package ini terdiri dari pemeriksaan dokter, pemeriksaan fungsi kognitif, pemeriksaan laboratorium lengkap dan pemeriksaan pendukung lainnya. Prodia Senior Health Centre juga menyediakan layanan diagnosis lain seperti EKG, layanan radiologi (rontgen) dan Bone Mineral Density Scan.



Otak Juga Perlu Sehat

Otak adalah organ terpenting dalam tubuh. Hasil study menyatakan bahwa kesehatan otak berkaitan dengan kesehatan tubuh. Seiring dengan bertambahnya usia, perubahan dan penurunan fungsi mental, hal ini merupakan salah satu konsekuensi penuaan yang paling ditakuti. Dengan meningkatnya penduduk usia lanjut, meningkat pula jumlah penduduk dengan penyakit degeneratif  dan demensia.


Sebanyak 60-70% demensia, merupakan demensia Alzheimer, Demensia Alzheimer ( pikun ) merupakan penyakit degeneratif dimana terjadinya penurunan fungsi otak yang memperngaruhi emosi, daya ingat, pengambilan keputusan, perilaku, dan fungsi otak lainnya hingga mengganggu aktivitas sehari-hari.

Layanan kesehatan di Prodia Senior Health Centre ( PSHC ) membantu individu untuk menjaga dan memelihara kesehatan otak dengan menyediakan ProHealthy Brain ( PHB ). ProHealthy Brain  disediakan untuk melihat resiko demensia secara personal, sesuai kebutuhan, risiko dan usia masing-masing individu.


6 Langkah Sederhana Memaksimalkan Kesehatan Otak
  1. Lakukan kegiatan yang melatih otak
  2. Jaga kesehatan jantung : apa yang baik untuk jantung, baik untuk otak
  3. Lakukan aktivitas jasmani secara teratur : tubuh yang aktif akan memberi dorongan yang sehat pada otak
  4. Tetap aktif : bersosialisasi atau bergaul
  5. Konsumsi makanan sehat : makanan dapat memperngaruhi kesehatan otak
  6. Lakukan check up fungsi otak secara berkala tanpa menunggu adanya keluhan yang muncul terlebih dahulu 
Beberapa faktor yang dapat menyebabkan seseorang lebih berisiko mengalami demensia, seperti :
  • Asap rokok, polusi udara
  • Gangguan pendengaran 
  • Kurang aktivitas sosial
  • Kurang vitamin D
  • Tidur terlalu lama
  • Keluhan lupa 
  • Diet berlebih 
  • Hipertensi 
  • Diabetes 
  • Anemia

Pemeriksaan kesehatan ProHealthy Brain ( PhB ) Package :

1. Pemeriksaan fisik, assessment dan konsultasi dokter umum
2. Pemeriksaan fungsi kognitif
3. Pemeriksaan laboratorium :
  • Hematologi lengkap
  • Lemak lengkap
  • Diabetes 
  • Fungsi hati
  • Radang sendi asam urat
  • Fungsi ginjal
  • Hormon tiroid
  • Inflamasi dan gangguan pembuluh darah
  • Alzheimer
  • Nutrisi 
  • Pemeriksaan elektrolit
  • Kesehatan tulang
  • Penanda kesehatan umum lainnya
4. Pemeriksaan non laboratorium 
  • Kesehatan tulang dan osteoporosis 
  • Kesehatan jantung 
  • Kesehatan paru
Dok. Web.Prodia.co.id


Untuk informasi lebih lanjut hubungi :

Alamat : Jl. Metro Pondok Indah TB - 31 Kebayoran Lama, Jakarta Selatan 12310
Tlp        : (021) 766 2545
Email    : senior.hc@Pro dia.co.id
Web.     : www.krisis.co.id











Komentar

  1. Yang sabar ya mba punya keluarga yang alami pikun memang bikin kita jadi sedih banget. Sejak usia kini kayaknya kita harus rajin menjaga kesehatan otak ya mba

    BalasHapus
  2. Iya mba...
    Ternyata pikun ini hrs diobati ya...sy jd banyak mendapatkan info dan ilmu tentang demensia ini

    BalasHapus
  3. pa Andi masih beraktivitas terus ya walau udah 80 tahun, salut dan ingin mencontoh prinsip hidup sehatnya

    BalasHapus
  4. Makin Keren ya prodia ruang liingkupnya mudah2an dengan bertambahnya pelayanan ini jadi semakin mempermudah

    BalasHapus
  5. Zaman makin canggih alhamdulillaah kini ada PSHC yg menangani dan fokus pada kesehatan geriatri yg fokus pada otak lansia. Entry level, middle age dan deep cocok untuk memeriksakan diri di sini ya mak Tina 😀 Sudah taraf internasional pula nih layanan dan fasilitasnya lengkap banget dan ada kolam renangnya.

    BalasHapus
  6. Sering bergaul buat bisa membuat otak kita jadi sehat ya.. tapi mungki pilih pergaulan yg baik2 kali yaaa... yg buruk2 jauhin aja. Demi kesehatan otak kita.. hahaha

    BalasHapus
  7. Pikun bukan dimaklumi, memang harus diobati dengan terapi. Salah satunya selalu melatih otak dengan kegiatan yang positif. Untungnya sekarang ada Prodia yang melayani kesehatan lansia khususnya demensia.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Vitacimin White Dan Vitacimin Nutriglow Adalah Vitamin Untuk Wanita

Bergaya Di Studio Foto Surya Maxima Kota Lampung

Tumpeng Mini Yang Unik dan Imut