Inspiring Indonesian Look 2022, Fokus Pada Pemberdayaan Perempuan

 

Siapa bilang wanita tak bisa sukses. Sudah banyak yang membuktikan bahwa usaha dan bisnis yang diajalankan oleh perempuan juga sangat maju dan berkembang. Perempuan memiliki potensi yang sangat luar biasa. Perempuan jauh lebih ulet, teliti dan sabar dalam menangani berbagai macam persoalan termasuk merintis sebuah usaha. 

Baru baru ini saja saya dibuat takjub dengan kolaborasi lima perempuan hebat yang memiliki latar belakang berbeda. Dalam kelompok tersebut, tergabung perempuan berlatar belakang pebisnis juga desainer. Mereka adalah Fitri Wigati, Yulie Anita Bangun, Martha Simanjuntak, Yulia Warman dan Rukia Wael. Kelompok perempuan Berlima ini membangun semangat seluruh wanita Indonesia dapat semangat lewat acara "Inspiring Indonesian Look 2022". 

Kurang lebih dua tahun kita mengalami pandemi. Pandemi COVID-19 yang tak berkesudahan cukup membuat seluruh masyarakat di buat terpuruk dengan keadaannya. Ekonomi anjlokadan bisnis banyak yang gulung tikar. Tak jarang banyak usaha yang dikelola perempuan merasakan imbasnya.

Oleh sebab itulah kelompok perempuan BERLIMA ini mencoba mengangkat kembali gairah ekonomi, khususnya dari kaum Hawa. Melalui acara Inspiring Indonesian Look 2022, mereka berharap untuk kembali membangunkan semangat khususnya para perempuan. 

INSPIRING INDONESIAN LOOK 2022

Kamis 25 Agustus 2022 BERLIMA menggelar acara puncak sekaligus launching yang bertema "Inspiring Indonesian Look 2022", yang berlokasi di daerah Kemang, Jakarta Selatan. Hadir dan memberikan sambutan Ibu Martha Simanjuntak selaku Founder IWITA (Indonesia Women Information Technology Awareness) Kreatif Inovasi ini menjelaskan bahwa Pemberdayaan perempuan juga jadi fokus dalam kegiatannya. Oleh karena itulah akhirnya Berlima membuat kegiatan akbar ini dengan tujuan untuk pemberdayaan perempuan dan women support women, intinya ingin meningkatkan perempuan di ekonomi kreatif.

Meski acara Inspiring Indonesian Look 2022 di adakan di Jakarta, tetapi mereka yakin pesannya bisa tersebar ke seluruh Indonesia. Sebab mereka juga memiliki beberapa kelompok lagi, selain Berlima Kebetulan kita punya komunitas banyak dan ini wanita-wanita luar biasa yang punya milestones. Kalau di luar itu tantangan dari kita sebagai wujud komitmen kita untuk memajukan wanita di Indonesia. Kita menggiatkan bisnis disetiap daerah dan kita akan menggunakan bisnis di luar daerah," ujar Ibu Martha.

Mengenal Lebih Dekat "BERLIMA".

Deketahui sebelum Inspiring Indonesian Look 2022 digelar, Berlima telah mengadakan acara mini show pada 21 April 2022 yang menghadirkan karya designer Kia Wael dengan brand KIA Fashion dengan tema "Party Lover" dan KIA Make Up Artist.

Mini Show ke dua pada tanggal 31 Mei 2022 menghadirkan designer Martha Simanjuntak, brand Chathaulos dengan tema "Ethnic with K.I.S.S (Keep It Simple Self)", Mini Show ke tiga pada tanggal 29 Juni 2022, menghadirkan designer Yulia Warman, brand Julia Warman Classy dengan tema "Stay Simple Stay Classy". 

Selain Ibu Martha, ada juga nara sumber berikutnya yang memberikan masukannya dan sangat mengena di hati saya. Ibu Ina Rachman, S.H, M.H seorang profesional Lawyer sekaligus pengusaha perempuan saat menjadi guest speakers dalam gelaran Fashion Show ini sangat bangga kepada para perempuan yang mendirikan komunitas Berlima atas kebangkitannya dari pandemi yang mencemaskan. Ibu Ina Rachman juga memberikan quote yang sangat bagus yaitu "Jangan pernah mengambil keputusan saat emosi. Jangan memberi janji saat senang atau bahagia karena otak akan berjalan sejalan dengan suasana hati."

Sebagai seorang perempuan saya membenarkan isi quote bu Ina, memang kita sebagai perempuan harus cerdas memilah dan memilih teman. Karena tak semua teman memiliki hati yang baik. 

Setelah acara sambutan, acara dilanjutkan dengan fashion show para model dengan memakai busana karya Yulia Warman yang keren abis. Busana hasil karyanya indentik dengan budaya Indonesia. Selain Fashion juga ada pemberian penghargaan kepada para perempuan hebat Indonesia yang sangat inspiratif dibidangnya masing-masing. Seru banget, dan beruntung saya bisa ikut hadir dalam acara Inspiring Indonesian Look 2022 ini. 

Setelah acara selesai saya penasaran dengan panitia yang sudah bekerja keras membuat acara ini dengan sukses dan keren. Saya pun ingin tahu lebih jelas seperti apa dan bagaimana kerjanya, akhirnya saya mewawancarai panitia acara untuk tahu lebih jelasnya. Dan yess saya berkesempatan wawancara dengan kak Vira selaku panitia acara. Kak Vira menjelaskan singkat bahwa persiapan acara ini hanya memerlukan waktu 3 bulan saja. Bayangkan hanya 3 bulan persiapannya tapi sungguh luar biasa. Kak Vira sangat bersyukur karena usaha dan kerja kerasnya membuahkan hasil yang memuaskan. Pemilik acara dan undangan yang hadir puas dengan semua konsep yang dihadirkan oleh panitia. Semua tak lepas dari kerjakeras timnya dan juga tekhnologi internet. 

Sebelum pulang pun saya menyempat diri untuk berkeliling ke area bazar. Dan saya sempat mewawancarai BE Wardah Kosmetik. Saya sempat bertanya bagaimana tanggapan dengan acara ini dan bazar produk yang digelar disana. BE Kosmetik Wardah menjelaskan untuk tempat dan properti nya mereka sudah sangat puas. Hanya kendalanya kenapa tempat bazar tidak dijadikan satu dengan tempat acara. Karena menurut mereka tidak semua undangan yang mau naik ke lantai 2 (ke tempat bazar). Pesannya kalau ada acara seperti ini lagi, mereka ingin lokasi bazar dan acara bisa satu lantai. Agar undangan yang hadir bisa melihat produk-produk yang ada di bazar.

Alhamdulillah puas saya menghadiri acara yang sangat keren ini. Salut BERLIMA yang bisa membuat usaha untuk memberdayakan dan menjadi inspirasi para perempuan di seluruh Indonesia. Sukses terus Berlima.

Komentar