Xpora BNI Dan Smeshub Dukung UMKM Untuk Go Ekspor

 




Para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) kini tak perlu lagi sedih dan bingung kalau usahanya tidak bisa berkembang lantaran terbentur permodalan. Memang dalam merintis usaha, modal sangat berperan penting. Tanpa modal pun usaha tidak akan maju dan berkembang. Pelaku usaha perlu didukung oleh badan keuangan yang bisa mensuport modal usaha, agar usahanya lebih berkembang dan maju pesat. 


Dalam acara Blogerpreneur Meet Up Series : Kartini Milenial Go Ekspor yang dihelat pada 19 April 2022 di Smesco Jakarta ini hadir Bp. Genio Putra Herdianto perwakilan BNI Xpora Jakarta dan Lutpi Ginanjar selaku CEO Smeshub Indonesia. Acara Xpora BNI ini diadakan oleh BNI bersama komunitas Ayo Naik Kelas dan Rumah BUMN BNI. Acara ini pun di siarkan secara langsung di channel Youtube Rumah BUMN BNI. Xpora adalah solusi digital yang dikembangkan PT Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk. Portal ini ditujukan untuk pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang ingin meningkatkan kapasitas bisnis.

Xpora BNI

Bp. Genio Putra Herdianto menjelaskan bagi UMKM yang membutuhkan modal usaha, BNI siap membantu modal usaha dengan syarat utama ada usahanya dan  membuka rekening di Bank BNI. Nantinya akan dibantu proses permohonan dan permodalan. Nah bagi yang belum punya usaha dan ingin membuka usaha, BNI pun siap membantu dengan Rumah BUMN BNI. BNI juga menyiapkan sebuah solusi terintegrasi bagi pelaku UMKM dengan membentuk Xpora, yang dapat dijadikan sebagai sarana bagi UMKM untuk naik kelas tahap demi tahap mulai dari menjadi produktif (Go Productive), lalu sanggup memanfaatkan fasilitas digital (Go Digital), hingga siap untuk menembus pasar internasional (Go Global).

Xpora merupakan one stop shopping solution BNI untuk pelaku usaha UMKM yang ingin mengembangkan bisnisnya menuju UMKM Go Productive, Go Digital, dan Go Global

Go Productive

Solusi yang diberikan oleh BNI untuk meningkatkan kapabilitas UMKM melalui program edukasi, pendampingan, dan konsultasi bisnis yang cepat dan berkualitas.

Go Digital

Solusi terintegrasi yang diberikan oleh BNI untuk UMKM agar lebih efektif dan efisien dalam menjalankan usaha melalui solusi berbasis digital dan kerjasama dengan para partner terpercaya.

Go Global

Solusi yang diberikan oleh BNI untuk UMKM agar dapat mengakses informasi dan peluang pasar yang lebih luas melalui program optimalisasi Kantor Cabang Luar Negeri BNI, B2B matchmaking, dan pameran produk ke skala internasional.


Dengan pola pembinaan yang lengkap tersebut, Xpora diharapkan akan menjadi solusi dari hambatan-hambatan (debottlenecking) yang selama ini dialami oleh UMKM, yang sedang merintis usaha atau yang sedang memperluas pasar ke luar negeri. Xpora juga disiapkan untuk memberikan solusi keuangan yang terintegrasi, lengkap, dan akan menjadi terobosan unik pertama di Indonesia.

Xpora juga akan menjadi Orkestrator Ekosistem UMKM yang akan mempertemukan UMKM di dalam negeri dengan calon buyer internasional. BNI menyiapkan Xpora di 7 kota dengan memaksimalkan lokasi-lokasi terbaik di kantor cabang BNI, yaitu di Jakarta, Solo, Bandung, Denpasar, Surabaya, Medan, dan Makassar.

Smeshub Indonesia

Diacara inipun Bp. Lutpi Ginanjar selaku CEO Smeshub Indonesia menjelaskan tentang kiprah Smeshub. Smeshub, atau Small enterprise Hub, merupakan super aplikasi digital yang secara khusus memberikan perhatian kepada kebutuhan bisnis pelaku UMKM Indonesia yang saat ini berjumlah hampir 64 juta unit.


Dengan berbagai fiturnya yang inklusif dan terintegrasi, SmesHub sepenuhnya menjadi satu-satunya platform digital on demand Indonesia yang akan mendunia di masa depan. Hal ini terbukti dengan capaiannya sebagai top 30 Platform digital ASEAN pada 2020 yang lalu.

Smeshub hadir untuk memberikan solusi bagi pembangunan dan pengembangan potensi besar UMKM Indonesia yang belum sepenuhnya memiliki kapabilitas dan kepercayaan diri untuk bersaing di pasar internasional. Ekosistem bisnis yang berperan sebagai inkubator sekaligus instrumen supplay chain bisnis ini akan memungkinkan UMKM mampu berkolaborasi dan beradaptasi dengan baik dalam struktur pasar global yang kian terbuka di era digital.

Smeshub akan menjadi mitra dan sahabat pendamping UMKM Indonesia dalam memperbaharui manajemen bisnis yang berorientasi pada pasar, khususnya pasar ekspor. Termasuk memenuhi kebutuhan pembiayaan UMKM, hingga negosiasi dan transaksi produk UMKM.

Jadi bagi pelaku UMKM yang memerlukan pelatihan atau permodalan bisa banget nih langsung ke Xpora BNI. Yang ingin membuka usaha juga bisa menghubungi Xpora BNI agar mendapatkan bimbingan dan pelatihan. Karena saat ini sudah banyak lembaga yang mendukung UMKM untuk bisa go global dan go ekspor termasuk juga Smeshub. Semoga dengan bangkitnya UMKM di Indonesia akan bangkit juga perekonomian Indonesia.

Komentar