Tips Memasak Ala Rumahan untuk Menurunkan Kadar Kolestero

Foto by Google
Khususnya bagi yang telah berumur, kadar kolesterol dalam tubuh sering kali dijadikan sebagai fokus utama ketika tengah mengkonsumsi sesuatu. Meskipun banyak pakar kesehatan yang menyebutkan bahwa setiap tubuh membutuhkan kolesterol untuk membuat hormon (seperti hormon testosteron, kortisol, dan estrogen), vitamin D, dan asam empedu untuk membantu dalam mencerna lemak yang terdapat di dalam makanan, namun tentu saja kadar kolesterol yang terlalu tinggi akan memberikan dampat buruk terhadap tubuh.

Hal tersebut disebabkan kadar kolesterol yang tinggi akan mempengaruhi kesehatan dari penderitanya itu sendiri, seperti memicu datangnya penyakit jantung dan stroke. Maka dari itu, banyak masyarakat, khususnya yang telah berumur, begitu menjaga jenis-jenis makanan yang mereka konsumsi guna mencegah naiknya kadar kolesterol dalam tubuh.

Nah, sebenarnya bagi para penderita kolesterol, anda masih bisa kok mengkonsumsi aneka ragam makanan yang anda inginkan sambil menganut hidup sehat. Bagaimana caranya? Dalam kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai Cara menurunkan kolesterol dengan membuat masakan ala rumahan.

Tips Mudah Memasak Makanan Penurun Kolesterol Ala Rumahan

1. Gunaka Minyak Sehat Rendah Lemak

Kita semua mungkin sudah tahu bahwa sumber utama yang menyebabkan meningkatnya kadar kolesterol di dalam tubuh ialah makanan dengan kandungan lemak yang tinggi. Perlu diketahui bahwa minyak goreng yang sering kali kita gunakan untuk aneka ragam masakan di dapur juga mengandung lemak yang dapat memicu tingginya kadar kolesterol dalam tubuh.

Jika anda merupakan salah satu orang yang gemar mengkonsumsi makanan gorengan namun khawatir dengan kolesterol, tak perlu khawatir! Anda tetap bisa kok mengkonsumsi makanan-makanan tersebut, namun dengan mengganti minyak goreng yang sering kali anda pakai dengan minyak sehat rendah lemah.

Seperti apa sih minyah sehat rendah lemak itu? Anda bisa coba untuk menggunakan canola atau minyak zaitun. Selain itu anda juga bisa menggunakan jenis minyak lainnya seperti minyak bunga matahari (sunflower) dan minyak safflower yang baik untuk jantung. Hindari pula minyak sayur eceran, karena terkadang sering terdapat minyak sayur yang terbuat dari jenis tanaman yang tidak jelas.

2. Daging tanpa Lemak

Dada ayam biasanya sering dijadikan pilihan menu bagi orang-orang yang tengah menjalankan diet. hal tersebut dikarenakan dada ayam yang memiliki kandungan lemak paling sedikit dibandingkan bagian ayam lainnya. Namun, jika anda tengah ingin mengkonsumsi daging merah, maka pilihlah bagian daging sapi tanpa lemak, seperti bagian round, paha depan (chuck), sirloin, tenderloin, dan ground.

3. Gunakan Putih Telur Saja

Seluruh kandungan kolesterol yang terdapat di dalam telur terletak pada bagian kuningnya. Maka dari itu, jika anda ingin mengkonsumsi telur, ada baiknya untuk hanya menggunakan bagian putih telurnya saja. Guna mengganti asupan nutrisi dari satu telur utuh, anda bisa menggunakan dua putih telur sekaligus.

4. Saus dengan Kandungan Rendah Lemak

Dressing, topping, atau jenis saus makanan lainnya pada dasarnya dapat memicu menambahnya jumlah lemak di tubuh. Nah, jika anda tetap ingin mempertahankan tekstur creamy yang terdapat dalam salad atau sandwhich, anda bisa menggantinya dengan greek yogurt, minyak zaitun, saus apel, atau apapun itu yang bersifat rendah lemak.
Selain mampu membantu dalam mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh, tips-tips yang telah disebutkan diatas juga bisa membantu anda dalam menurunkan berat badan lho, sehingga secara tidak langsung anda juga sudah menjalankan pola hidup sehat sekaligus menghasilkan tubuh ideal.

Jadi, saat ini makan apapun sudah tidak perlu khawatir lagi dengan kolesterol. Apabila anda ingin mengetahui kira-kira jenis makanan apa saja sih yang bisa menurunkan kolesterol? Yuk baca artikelnya di https://www.cekaja.com/info/ini-daftar-makanan-penurun-kolesterol-cek-yuk/

Komentar

Postingan Populer