Kalahkan Batuk Berdahak Saat Musim Pancaroba


Keluarga saya selalu mengalami sakit saat musim Pancaroba. Terutama anak-anak saya, karena aktifitas mereka memang terlalu padat dan kurang istirahat. Alhasil begitu musim Pancaroba anak-anak saya selalu terserang sakit. Penyakit yang sering datang pada saat Pancaroba adalah flu dan batuk. Dan ini pasti akan membuat semua aktivitas rutin mereka terganggu.


MUSIM PANCAROBA

Pasti banyak yang bertanya-tanya kenapa sih kita sering sakit saat musim Pancaroba?

Karena Musim pancaroba adalah musim peralihan dari satu musim ke musim yang lain, biasanya terjadi pada bulan Maret sampai April (yang merupakan masa peralihan dari musim hujan ke musim kemarau) dan pada bulan Oktober sampai Desember (peralihan dari musim hujan ke musim kemarau). Musim pancaroba ditandai dengan angin kencang, hujan yang datang secara tiba-tiba dalam waktu singkat, puting beliung, udara yang terasa panas, serta arah angin yang tidak teratur.

Nah...musim pancaroba ini dikaitkan dengan berbagai jenis penyakit yang datang. Dan penyakit yang paling sering datang adalah flu, badan meriang dan batuk. Flu dan Batuk sudah menjadi penyakit langganan saat musim pancaroba. Batuk dan flu sangatlah mengganggu aktivitas kita sehari-hari. Selain itu juga sangat menyiksa kita loh...apalagi kalau sedang ditempat umum, diperjalanan, kantor, sekolah dan lainnya.

Batuk adalah sinyal bahwa ada kerusakan pada tubuh kita dan membuat kita tidak nyaman saat bersama teman maupun keluarga. Jika batuk menyerang kalahkan batuk dengan Bisolvon, karena Bisolvon adalah obat yang berfungsi untuk mengobati batuk.

Dan beruntung nya saya bisa mendapatkan kesempatan untuk hadir di acara yang membahas tentang masalah kesehatan saat masa pancaroba. Acara yang bertema "Jangan Batuk Berdahak Jauhkan Yang Dekat" ini bertempat di Eighty Nine Eatery & Coffee, Jl. Kemang Raya no. 89 Jakarta Selatan.
Acara ini di hadiri oleh narasumber yang yang sangat luar biasa, diantaranya :

  • Adisti Nirmala selaku Head Of Marketing Sanofi Consumer HealthCare
  • Ayu Kinanti selaku Editor Chief Fimela.Com
  • Mega Valentia selaku Brand Manager Bisolvon
  • Dr. Riana Wijaya selaku Sanofi Medical Expert 
  • Amallia Sarah selaku Kol Family Mom

Dr. Riana selaku Sanofi Medical Expert menjelaskan saat musim pancaroba, cuaca yang berubah akan mengubah tekanan udara, suhu, serta komposisi udara. Hal ini membuat kondisi yang sesuai untuk tempat berkembangnya kuman dan virus disekitar kita. Perubahan udara dan temperatur pada masa pancaroba pasti berpengaruh pada tubuh. Sebab tubuh kita akan otomatis bekerja keras untuk dapat menyesuaikan diri dengan temperatur yang ada disekitar.
Nah...pada saat itu pula sistem imunitas atau daya tahan tubuh kita terhadap penyakit akan menurun.

Sementara Amalia Sarah selaku Kol Family Mom berbagi pengalamannya tentang Batuk. Saya sangat ribet banget deh kalau saat terkena batuk. Mau apa-apa serba salah. Apalagi saat kumpul bersama anak. Mau cium anak takut tertular, mau ngajak ngobrol juga takut tertular akhirnya ya sementara waktu menjauh dari anak. Begitupun ketika ada pekerjaan, meeting ataupun jadwal bertemu teman. Harus tertunda dan akhirnya menunggu sampai batuk sembuh, tegasnya.

Selanjutnya pemaparan dari Mega Valentia selaku Brand Manager Bisolvon memaparkan kalau kita sudah terlanjur terkena Batuk berdahak ini akan membuat kita jauhkan yang dekat. Karena pada saat kita batuk maka kecenderungannya adalah kita akan menarik diri dari sekitar. Karena kita tidak akan bisa mengerjakan pekerjaan apapun. Agar penyakit batuk segera pergi maka kita harus obati dengan meminum obat.
Dalam memilih obat batuk kita tidak boleh sembarangan. Tentunya kita harus memilih yang sudah terdaftar di Badan POM, sudah direkomendasikan oleh dokter karena memang memang memiliki data klinis. Dan terbukti efektivitasnya. Dalam hal obat batuk, Bisolvon sudah memiliki kriteria tersebut. Terlebih lagi Bisolvon  sudah mengalahkan batuk berdahak di Indonesia selama lebih dari 45 tahun. Bisolvon memiliki varian yang lengkap dari mulai anak-anak  hingga dewasa.

Berdasarkan Data Nielsen 2018 tentang batuk, ternyata 1 diantara 3 orang mengalami batuk dalam 3 bulan terakhir. Jadi Bisolvon hadir dengan Varian yang lengkap untuk mengalahkan batuk berdahak bagi kita semua.

Tersedia Bisolvon Extra, Sirup obat batuk dengan 2 aksi Bromhexine encerkan dahak, dan Guaifenesin untuk mengeluarkan dahak, dapat diberikan sejak usia 2 tahun. Ada juga Varian khusus anak Bisolvon Kids Dengan rasa strawberry, tersedia juga Bisolvon Solution yang bebas gula cocok untuk penderita diabetes dan anak-anak.

batuk menyerang kita pasti kita semua merasa sangat tersiksa. Banyak orang beranggapan bahwa seseorang yang terkena batuk maka akan menyebarkan virus. Alhasil kita merasa tidak enak sendiri dengan hal ini. Apalagi kalau sedang berada dilingkungan pekerjaan, ataupun tempat umum, menutupinya dengan memakai masker agar virus tidak tertular ke teman, keluarga ataupun orang lain. Pengalaman saya memang batuk ini sangat cepat sekali penularannya. Karena saya sering mengalami hal ini. Kalau anak saya batuk ataupun saya yang batuk pasti sekeluarga akan tertular semua. Sama halnya seperti flu. Jadi benar kalau batuk itu sangat tidak mengenakkan.

TIPS TIPS SAAT MUSIM PANCAROBA

Sebelum penyakit menghampiri tubuh kita saat musim pancaroba ada baiknya kita menerapkan beberapa Tips agar sehat selama musim Pancaroba.

Adapun beberapa Tips sehat selama musim pancaroba, diantaranya :

  • Bawalah jaket atau jas hujan : salah satu ciri dari musim pancaroba adalah perubahan cuaca ekstrem yang dapat terjadi di hari yang sama. Hal ini bisa terjadi sesaat cuaca sangat cerah tapi tiba-tiba hujan lebat. Oleh sebab itulah kita harus selalu membawa jaket atau jas hujan meskipun cuaca tidak terlihat mendung. Ini demi menjaga tubuh kita agar tetap terlindung dan terhindar dari berbagai penyakit.
  • Penuhi kebutuhan asupan harian : jika kebutuhan gizi kita sehari-hari terpenuhi, maka sistem kekebalan tubuh kita juga dapat bekerja dengan maksimal untuk menjaga kekebalan tubuh kita dari berbagai macam penyakit.
  • Konsumsi vitamin yang cukup : Perbanyaklah konsumsi vitamin yang berfungsi menjaga sistem imun tubuh. Salah satunya adalah vitamin C. Dengan mencukupi kebutuhan vitamin C, sistem kekebalan tubuh kita dapat berfungsi secara maksimal untuk melawan berbagai penyakit. Vitamin ini juga bisa kita dapatkan secara alami di sayur dan buah seperti brokoli, jeruk, pepaya, dan mangga.

Semoga tips di atas dapat membantu kita semua dari penyakit saat musim pancaroba.

FLU DAN BATUK

Penyakit Flu memang sering dikaitkan dengan batuk.
Karena ketika kita sedang flu, maka saluran pernapasanmu secara tidak langsung akan terganggu.

Saluran pernapasan yang juga melewati tenggorokan itu akan tersumbat dengan lendir dan akhirnya menyebabkan batuk.
Itulah sebab kenapa flu sering disertai batuk. Owh...ya jangan pernah anggap remeh dengan masalah batuk ini ya...
Penyakit Batuk merupakan penyakit yang dikategorikan umum, karena hampir setiap orang pernah mengalaminya.

Batuk bisa diderita mulai dari anak-anak hingga dewasa baik laki-laki maupun perempuan.
Penyakit batuk merupakan respon alami tubuh untuk mengeluarkan dan membersihkan zat asing atau iritan dari dalam tenggorokan atau saluran pernapasan.
Secara umum, batuk dibedakan menjadi dua jenis, yaitu batuk berdahak dan tidak berdahak.

Saat seseorang menderita batuk, biasanya hanya terjadi sesekali dan itu tidak bertahan lama. Sebagian batuk juga dapat sembuh dengan sendirinya loh!
Namun penanganan batuk perlu mendapatkan pengobatan dengan tepat, agar tidak mengganggu aktivitas. Biasanya batuk juga dapat mengakibatkan kondisi fisik lain, seperti penurunan nafsu makan, lemas, sakit kepala, insomnia, hingga luka pada tenggorokan.

BISOLVON

Oleh sebab itu dianjurkan ketika kita sudah tahu akan tanda-tanda batuk segera mengatasinya dengan mengkonsumsi obat batuk luar. Banyak obat batuk luar yang ampuh dan bagus loh...salah satunya adalah Bisolvon.
Karena Bisolvon adalah obat yang berfungsi untuk meredakan batuk yang disertai dahak. Obat ini mengandung bahan utama Bromhexine HCl, yaitu obat mukolitik dengan level kandungan kimia yang rendah untuk mengencerkan atau menipiskan dahak di saluran pernapasan.

Bisolvon juga obat batuk peluruh dahak dari Boehringer Ingelheim yang sudah terbukti khasiatnya dan menjadi favorit obat yang diresepkan dokter untuk pengobatan batuk yang berdahak.
Bisolvon ini bekerja dengan mengencerkan sekret pada saluran pernafasan dengan jalan menghilangkan serat-serat mukoprotein dan mukopolisakarida yang terdapat pada sputum atau dahak sehingga lebih mudah dikeluarkan.

ATURAN PAKAI BISOLVON

Obat ini dapat dikonsumsi dengan atau tanpa resep dokter. Bisolvon tersedia dalam bentuk tablet dan sirup yang bisa dikonsumsi dengan atau tanpa makan. Penggunaan obat bisolvon tablet dikonsumsi dengan air. Sedangkan obat bisolvon sirup pastikan untuk mengocoknya terlebih dahulu sebelum digunakan.

Sebelum mengkonsumsi obat apapun, biasakan terlebih dahulu membaca petunjuk yang tertera pada kemasan obat, seperti :

  1. Membaca komposisinya
  2. Membaca aturan pakainya
  3. Membaca cara kerja obat tersebut
  4. Membaca indikasi obat tersebut
  5. Membaca kontra indikasi
  6. Membaca efek samping 
  7. Membaca peringatan dan perhatiannya. 

Untuk perhatian jangan menambahkan atau mengurangi dosis tanpa izin dokter. Selain itu, segera konsultasikan ke dokter apabila obat ini tidak memberikan reaksi setelah 14 hari penggunaan.

DOSIS BISOLVON

Dosis obat bisolvon untuk dewasa adalah :

Untuk Obat cair
Dewasa dan anak usia di atas 12 tahun: 5 – 10 ml 3 kali sehari

Obat tablet
Dewasa dan anak usia di atas 12 tahun: 3 kali sehari 1 tablet 8 mg

Dosis obat bisolvon untuk anak-anak adalah :

Obat sirup atau cair
Anak-anak usia 2 – 5 tahun: 3 kali sehari 2,5 ml
Anak-anak usia 6 – 12 tahun: 3 kali sehari 5 ml

Obat tablet
Anak-anak usia 6 – 12 tahun: 3 kali sehari 1 tablet 4 mg

Obat Bisolvon ini tersedia pada dosis sebagai berikut:

Sirup 4 mg / 5 mL
Tablet 8 gr

Bisolvon dipasarkan dengan kemasan cair, tablet, elixir,  injection. Selain itu terdapat juga sediaan kombinasi dengan guaiphenesin dengan merk bisolvon extra, dan kombinasi dengan paracetamol dan chlorpheniramine maleate dengan merk bisolvon flu.

EFEK SAMPING

Efek samping obat Bisolvon yang mungkin terjadi, adalah :

Obat bisolvon pada umumnya dapat ditoleransi dengan baik. Tetapi ada beberapa efek samping yang bisa terjadi, di antaranya:

  • Kembung
  • Diare
  • Pusing
  • Nyeri di bagian ulu hati
  • Sakit kepala
  • Gangguan pencernaan
  • Mual
  • Berkeringat

Efek samping yang lebih serius tetapi kejadiannya jarang misalnya reaksi alergi seperti kulit kemerahan, bengkak pada wajah, sesak napas dan kadang-kadang demam.

Owh ya...tidak semua orang mengalami efek samping saat menggunakan obat ini ya...karena kekebalan tubuh kita berbeda-beda. Mungkin juga ada beberapa efek samping yang belum disebutkan di atas dan terjadi setelah mengkonsumsi obat ini. Bila kita memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker kita. Agar kita lebih aman saat mengkonsumsi obat ini.

Tips Sehat Bisolvon Saat Pancaroba
  1. Jaga kebugaran tubuh
  2. Perbanyak makan buah dan sayuran
  3. Perbanyak konsumsi air putih
  4. Jauhkan kontak langsung dengan sinar matahari
  5. Gunakan masker untuk melindungi diri dari penyebaran virus
  6. Menjaga kebersihan diri dan lingkungan
Beberapa tips sehat Bisolvon di atas bisa kita praktekkan agar tubuh kita senantiasa sehat saat musim Pancaroba. Karena kalau bukan kita yang melindungi diri siapa lagi.

Jangan sampai Batuk dan flu menyerang tubuh kita saat musim pancaroba. Pencegahan lebih baik dari pada mengobati. Sebelum terlambat ada baiknya kita melakukan hal-hal yang dapat mencegah terjadinya batuk.

Nah...siapa pun akan mengalami ketidaknyamanan ketika Batuk menyerang. Pekerjaan jadi terganggu, berbincang-bincang dengan teman jadi segan, ga bisa deket-deket sama teman dan juga keluarga. Aktivitas juga jadi terganggu dan paling utama adalah keluarga dirumah jadi ikut terjangkit batuk. Hal ini akan membuat kita rasanya ingin jauh-jauh dari mereka agar mereka tidak tertular.

Jadi "Jangan Batuk Berdahak Jauhkan Yang Dekat". Karena batuk berdahak bisa diatasi dengan Bisolvon.
Batuk berdahak Bisolvon adalah obat batuk pilihan yang tepat dan tuntas meluruhkan dahak.







Komentar

Postingan Populer