Menjaga dan Memelihara Lingkungan Bersama Keluarga

Sebagai seorang ecomom, ada baiknya kita selalu update dengan perkembangan zaman. Saya pernah baca artikel tentang global warming. Asli ya, agak serem juga baca dampak yang bisa ditimbulin dari gobal warming. Salah satu dampak buruknya adalah terjadi perubahan iklim dan cuaca, gunung es bakal mencair dan es yang mengapung di laut tambah sedikit saja.  It means bumi bakal kena pemanasan global. Aduh, kebayang deh gimana kalo seluruh dunia kena pemanasan global.
Walaupun cuma artikel, tapi ini ngefek banget sama diri saya. Tiba-tiba saya jadi takut saja kalo apa yang saya lakukan malah menambah dampak global warming. Dari situ deh, saya kepikiran buat mengatasi global warming, minimal dari keluarga saya dahulu yang saya terapkan. Ada beberapa rencana yang bakal saya lakukan buat mengatasi global warming, beberapa rencana ada yang sudah berjalan. Berikut beberapa hal yang sudah saya lakukan bersama keluarga.
Apa saja yang sudah saya lakukan bersama keluarga, diantaranya adalah :

  1. 1. Mengajarkan anak - anak untuk cinta lingkungan


Anak saya dua, satu kelas 10 satu lagi kuliah. PR banget buat saya ngasih tau mereka waktu mereka masih kecil tentang pentingnya cinta lingkungan. Tapi, yang saya lakukan adalah pelan-pelan memberi tahu mereka untuk mencintai lingkungan. Sampai saat anak saya menginjak remaja pun saya selalu mengingatkan hal itu. Misalnya nih, kalo mereka lagi jajan, bungkus makanannya saya suruh buang langsung ke tempatnya. Karena kebersihan harus dipupuk dari kecil. Kalau bukan dari diri kita sendiri yang cinta lingkungan, siapa lagi yang akan memelihara lingkungan ini. Ya pokoknya as simple as that lah ya.



  1. 2. Memberikan Contoh


Kita yang ngajak, kita yang ngajarin, ya udah pasti kita juga harus ikut praktekin hidup cinta lingkungan buat mengatasi dampak dari global warming. Salah satu contoh kecil, saya sering banget kalo keluar rumah bawa tumbler sendiri, jadi ga perlu beli air minum kemasan diluar sana. Dirumahpun saya jarang beli minum kemasan, lebih sering bikin minuman sendiri, seperti jus atau es buah gitu. Makanya saya selalu sedia buah-buahan didalem kulkas yang punya teknologi econavi inverter, energy savingnya bisa menghemat energy dan mendinginkan lebih cepat, jadi kalo bikin jus saya jarang pake es batu, cukup disimpen sebentar dikulkas pasti dingin.


  1. 3. Kerja bakti keluarga


Kemarin sempet baca artikel tentang tips parenting disini ecomom.co.id ternyata banyak juga kegiatan sederhana yang bisa kita lakuin supaya bikin si anak aktif. Salah satunya ya dengan ngajak dia bekerja bakti, kasih dia tugas-tugas kecil buat lingkungan, misal nyiram tanaman.
Tugas - tugas itu nantinya akan berdampak sampai dia dewasa. Jangan pernah menyerah untuk selalu memberikan contoh kebaikan.


  1. 4. Memberikan barang - barang ramah lingkungan


Memberikan mereka barang-barang ramah lingkungan, misalnya sapu tangan, tumbler dan lain - lain. Biar mereka terbiasa saja sih, buat lebih ramah lingkungan dengan memakai barang-barang yang bisa digunakan terus menerus, bukan barang yang sekali pakai terus dibuang, yang bikin sampah didunia ini semakin bertambah.

Kalo emang cinta lingkungan, ayok kita ajak orang-orang terdekat kita buat turut andil dalam usaha mengurangi dampak global warming. Ga usah yang berat-berat, kita bisa mulai dari membuang sampah pada tempatnya.
Karena kita yang menikmati alam, sudah seharusnya kita mencintai alam tersebut. Alam pun ingin diperlakukan dengan baik oleh kita. Lingkungan bersih maka udara yang kita hisap pun akan sehat.

Lingkungan bersih dan sehat maka kita juga akan merasakan dampak positif nya.

Rabu 23 November 2016
tinapurbo@gmail.com

Komentar