Mudik Sehat, Aman Dan Selamat Sampai Tujuan


Mudik adalah moment yang ditunggu-tunggu oleh para perantau. Tradisi mudik paling ramai adalah saat menjelang Hari Raya Idul Fitri. Sebagaian besar masyarakat Jakarta adalah perantau dari berbagai daerah. Jadi saat lebaran tiba mereka semua pulang kekampung halaman masing-masing.

Saya pun selalu melakukan tradisi mudik ini. Kesibukan saat menjelang lebaran sudah terasa sejak seminggu sebelum mudik. Berbagai keperluan yang akan dibawa mudik dipersiapkan, agar tidak ada yang tertinggal. Selain barang bawaan kebersihan dan keamanan rumah saat ditinggal mudik pun harus menjadi yang utama. Agar mudik Aman, Sehat dan selamat.

Seperti yang disarankan oleh Menteri Kesehatan dan pemerintah. Saat mudik kita harus memperhatikan beberapa tips penting demi kesehatan dan keselamatan.

Bertempat di Terminal Kampung Rambutan saya menghadiri acara "Ngabuburit Sehat Bareng Menteri Kesehatan RI dengan tema Mudik Sehat, Aman Dan Selamat". Dalam acara ini hadir Menteri Kesehatan RI Nila Moeloek dan jajaran pejabat Kementrian Kesehatan lainnya.

Ibu Menteri Kesehatan RI, Nila Moeloek memberikan info tips mudik Sehat, Aman Dan Selamat. Sebelum mudik kita harus mempersiapkan fisik yang sehat dan prima sebelum mudik. Selain fisik dan tubuh Nila Moeloek juga menyarankan untuk memeriksa kondisi kelayakan kendaraan yang akan kita pakai untuk mudik. Tips ini adalah wajib agar kita tetap sehat dan selamat sampai tujuan dan kembali lagi kerumah.

Nila Moeloek menghimbau bagi siapun yang ingin mudik tetap memperhatikan keselamatan, patuhi rambu-rambu lalu lintas dan berhati-hati dalam mengemudi. Untuk supir bus di Kampung Rambutan Nila Moeleok juga memberikan himbauan agar semua supir mengecek kondisi mobilnya. Supir harus cukup istirahat supaya tidak mengantuk saat mengemudi membawa penumpang. Tidak mabuk dan mengkonsumsi minuman keras, utamakan keselamatan penumpang dan diri sendiri. Jangan ngebut dijalan, kendalikan kecepatan kendaraan agar tetap aman dan terhindar dari bahaya.

Untuk mudik menggunakan kendaraan pribadi baik motor ataupun mobil, terlebih dahulu juga harus di cek kondisi kendaraannya. Hindari membawa barang dan muatan berlebih. Patuhi rambu lalu lintas dan istirahat setiap 2 jam sekali untuk motor dan 4 jam sekali untuk yang menggunakan mobil pribadi.

Nila Moeloek juga memberikan tips mudik sehat, yaitu sedia obat-obatan, cuci tangan pakai sabun dan air mengalir sebelum makan, konsumsi makanan dan minuman yang sehat, buanglah sampah pada tempatnya, tidak buang air kecil atau besar sembarangan, gunakan toilet yang tersedia, dan bila sakit segera ke pos kesehatan terdekat.

Dalam acara ini juga kita semua yang hadir diajak bersama-sama melakukan peregangan badan, agar badan kita tetap rileks. semua antusias melakukan gerakan peregangan badan.

Setelah Menteri Kesehatan RI, Nila Moeloek memberikan tips sehat dan bincang santai dengan para komunitas dan juga supir bus, Nila Moeloek berkeliling untuk melihat toilet umum dan juga pos kesehatan Terminal Kampung Rambutan, juga mengecek kendaraan bus.

Himbauan dan tips sehat ini sangat membantu bagi siapa saja agar mudik tetap sehat, aman dan selamat. Bertemu keluarga dikampung halaman akan semakin indah kalau kita dalam keadaan sehat. Sehat di kampung halaman dan juga harus sehat setelah kembali lagi keperantauan itu wajib. Oleh sebab itulah utamakan kesehatan diri sendiri, keluarga dan juga orang lain.

Semoga kita semua bertemu keluarga di kampung halaman dalam kondisi sehat. Merayakan Hari Raya Idul Fitri dengan penuh sukacita dan kebahagiaan....amin

Selamat mudik Sehat, Aman dan Selamat sampai kembali lagi kerumah masing-masing.

Minggu 10 Juni 2018
tinapurbo@gmail.com






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Vitacimin White Dan Vitacimin Nutriglow Adalah Vitamin Untuk Wanita

Bergaya Di Studio Foto Surya Maxima Kota Lampung

Domus Rumah Permanen Instan