Selasa, 08 Agustus 2017

Film Nyai Ahmad Dahlan Siap Menghias Layar Bioskop Indonesia

Posted by tina sindi on 08.50 with 1 comment

Kamis 03 Agustus 2017 bertempat di NRA Tour & Travel saya berkesempatan menghadiri acara Press Conference Film layar lebar berjudul "Nyai Ahmad Dahlan.
Film Nyai Ahmad Dahlan ini siap menghias layar bioskop Indonesia dan akan tayang perdana pada tanggal 24 Agustus 2017.

Film Nyai Ahmad Dahlan ini diproduksi oleh IRAS Film.
Film Nyai Ahmad Dahlan ini menceritakan tentang perjuangan Siti Walidah atau Nyai Ahmad Dahlan, sang pendiri organisasi perempuan Aisyiyah yang menjadi sayap organisasi dari Muhammadiyah.

Dalam acara Press Conference ini, Dyah Kalsitorini selaku produser Film Nyai Ahmad Dahlan menjelaskan, pembuatan film ini bukanlah mengangkat sosok Nyai Ahmad Dahlan sebagai seorang istri KH Ahmad Dahlan seorang Pendiri Persyarikatan Muhammadiyah pada tahun 1912. Tetapi Film Nyai Ahmad Dahlan ingin mengangkat kembali kisah-kisah inspiratif tentang pejuang perempuan Indonesia.

Sebenarnya di Indonesia banyak sekali pejuang perempuan yang tidak kita ketahui, dan namanya terlupakan seperti Nyai Ahmad Dahlan ini.
Nyai Ahmad Dahlan ini merupakan tokoh perempuan dari Kauman, Yogyakarta. Film Nyai Ahmad Dahlan ini mendapat dukungan yang luar biasa dari keluarga besar Kyai Haji Ahmad Dahlan. Tujuan mengangkat film Nyai Ahmad Dahlan ini adalah untuk menumbuhkan rasa kebangsaan dan cinta tanah air dan bangga pada sosok pahlawan Nasional kita.
Menurut Dyah Kalsitorini dalam pembuatan naskah film ini memerlukan riset selama 6 bulan dan didampingi pihak keluarga besar Nyai Ahmad Dahlan karena minimnya data tentang beliau.

Nyai Ahmad Dahlan yang dilahirkan pada tahun 1872 adalah pendiri gerakan perempuan "Sopo Tresno" yang kemudian bernama Aisyiyah. Melalui organisasi wanita Aisyiyah, Siti Walidah atau Nyai Ahmad Dahlan sangat membantu perjuangan kemerdekaan. Diawal revolusi beliau menggerakkan kaum wanita untuk mendirikan dapur umum. Nyai Ahmad Dahlan juga dikenal rajin bertukar pikiran tentang perjuangan dengan Presiden Soekarno dan Jenderal Sudirman. Dan Nyai Ahmad Dahlan merupakan perempuan pertama yang pernah memimpin Kongres Muhammadiyah tahun 1926.

Pembuatan Film Nyai Ahmad Dahlan ini sangat inspiratif. Beliau benar-benar Uswatun Hasanah bagi umat. Dalam film Nyai Ahmad Dahlan ini menggambar kan sosok perempuan yang sangat hebat, sosok Nyai Ahmad Dahlan sebagai istri, ibu, guru, sahabat dan pejuang perempuan.

Film yang mengambil lokasi syuting di Yogyakarta pada bulan April 2017 lalu, ini dibintangi oleh Tika Bravani sebagai Nyai Ahmad Dahlan, David Chalik sebagai KH Ahmad Dahlan, Cok Simbara sebagai ayah dari Nyai Ahmad Dahlan, dan sederet artis Tanah Air lainnya seperti Della Puspita, Rara Nawangsih, Malvino Fajaro, Egi Fedly, Inne Azri dan disutradarai oleh Olla Atau Adonara. Film Nyai Ahmad Dahlan ini akan mulai tayang di bioskop-bioskop tanah air, pada 24 Agustus 2017 mendatang.


Selasa 08 Agustus 2017
tinapurbo@gmail.com
Categories:

1 komentar:

  1. Wah, aku malah baru tahu ada film ini. Kayaknya harus masuk daftar film yang mesti ditonton nih.:D

    BalasHapus