Minggu, 05 Maret 2017

Wisata, Belanja Dan Demo Masak Bersama Kriya Indonesia Dan Honestbee

Posted by tina sindi on 06.36 with 6 comments

Senang bisa berkunjung ke Museum Tekstil yang berlokasi di Jl. KS Tubun No. 2 - 4 Jakarta Barat.
Saya dan beberapa teman Blogger lainnya mendapat kesempatan dari Kriya  Indonesia, untuk berwisata ke Museum Tekstil. Mengelilingi tiap - tiap sudut Museum yang sarat akan ilmu ini.

Museum tekstil Jakarta ini memiliki 2 gedung pameran utama, yaitu gedung pameran tetap dan gedung pameran tidak tetap atau kontemporer.

Gedung pameran kontemporer menempati gedung utama dimana gedung museum tekstil dibangun pada akhir abad ke 19 sebagai tempat tinggal warga berkebangsaan Perancis.

Melalui beberapa tahapan dan perubahan dengan proses yang panjang akhirnya gedung museum Tekstil ini diserahkan  kepada Pemda DKI pada tahun 1976 sebagai Museum Tekstil Jakarta.
Dan akhirnya Museum Tekstil ini di resmikan pada tanggal 28 Juni 1976 oleh Ibu Tien Soeharto.
Saat ini Museum Tekstil dibawah pengawasan UP. Museum Seni Rupa Jakarta, Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta. Sedangkan untuk pameran tetap menempati ruang dari galeri batik. Galeri ini diresmikan pada tanggal 02 Oktober 2010.
Dalam rangka meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap batik.
Galeri yang dikelola langsung oleh yayasan batik Indonesia ini sendiri menyediakan beberapa koleksi batik dari Indonesia seperti dari Sumatera, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur. Selain batik tersedia bahan - bahan pewarna batik alami, motif - motif cap batik, tata cara proses membatik dan berbagai macam interior batik lainnya.

Senang melihat - lihat koleksi batik yang dipajang di tiap - tiap ruangan Museum Tekstil ini. Berbagai macam batik terpajang dengan indah. Selain kain batik, dan bahan batik, disini juga terpajang koleksi desain baju dengan motif batik Indonesia. Rasanya mata ini tak ingin berpaling melihat keindahan Batik Indonesia. Kekayaan Budaya Indonesia yang tak ternilai harganya.

Museum Tekstil ini  memiliki beberapa Koleksi.
Koleksi Museum Tekstil berjumlah 2350 koleksi yang terdiri dari :


  • 886 koleksi kain batik.
  • 819 koleksi kain tenun.
  • 425 koleksi campuran.
  •  70 koleksi peralatan.
  • 150 koleksi busana dan Tekstil kontemporer.


Museum Tekstil ini selalu meningkatkan kualitas dan fungsinya demi memberikan kepuasan kepada pengunjung Museum.
Selalu memberikan inovasi terbaru agar pengunjung Museum merasa puas bila berwisata ke Museum Tekstil Jakarta ini.
Sesuai dengan Visi dan Misi Museum Tekstil ini.

Apa saja Visi Dan Misi Museum Tekstil Jakarta :

VISI

  • Menjadikan Unit Pengelola Museum Tekstil sebagai salah satu tujuan Wisata Edukasi Pertekstilan bagi masyarakat umum.


MISI

  • Melakukan tata kelola administrasi dalam pelayanan prima.
  • Melakukan upaya pelestarian, pengembangan dan pemanfaatan budaya Tekstil tradisional.
  • Mengangkat citra dan apresiasi warisan budaya kain Tradisional Indonesia.
  • Melaksanakan kegiatan pameran, penyuluhan, pelatihan, workshop dan edukasi kultural.


Nah....Visi dan Misi inilah yang selalu menjadi pedoman bagi Museum Tekstil Jakarta demi menciptakan Museum lebih baik lagi.

Siapa saja boleh memasuki museum ini, mulai dari anak sekolah, mahasiswa, dan juga masyarakat umum lainnya.
Menyenangkan loh berwisata ke Museum Tekstil ini. Apalagi kalau wisata nya dengan anak, bisa menambah wawasan pengetahuan anak. Budaya Indonesia yang patut dilestarikan dan dibanggakan. Tak ada salahnya berwisata ke Museum, selain menghilangkan penat sekaligus pengetahuan kita menjadi bertambah.


Bagi anda yang ingin menikmati liburan bersama teman, keluarga ataupun sanak saudara lainnya ke Museum Tekstil ini, Museum Tekstil Jakarta ini buka dari hari Selasa sampai Minggu. Dari jam 09.00 - 15.00. Sedangkan untuk hari Senin dan hari libur besar Museum ini tutup.
Ingin masuk ke Museum Tekstil Jakarta ?  Anda hanya membeli tiket masuk Museum Tekstil yang harga tiket nya relatif murah.

Harga tiket:

Dewasa: Rp. 5.000
Mahasiswa: Rp. 3.000
Anak-Anak: Rp. 2.000

Untuk rombongan Min. 20 orang :
Dewasa: Rp. 3.750
Mahasiswa: Rp. 2.250
Anak-Anak: Rp. 1.500


Untuk kursus Batik:

Turis Lokal: Rp. 40.000
Turis Asing: Rp. 75.000

Museum Tekstil Jakarta ini juga ada beberapa fasilitas, diantaranya :


  • Gedung Pameran 
  • Galeri Batik
  • Pendopo Batik
  • Ruang pengenalan Wastra
  • Ruang Perawatan Kain
  • Perpustakaan
  • Mushola
  • Gazebo
  • Mini Theater
  • Shouvenir Shop
  • Galeri Shop
  • Taman Pewarnaan Alam
  • Kebun Serat


Nah...gimana ?
Seru kan Museum Tekstil Jakarta ini, yuk...jangan ragu lagi, rencanakan liburan Anda ke Museum Tekstil Jakarta ini, dijamin ga bakal menyesal.

Selain berkeliling di Museum Tekstil Jakarta ini, kita juga diberikan pengalaman baru cara berbelanja yang praktis dan ga bikin ribet. Cukup dengan bermodal Smartphone kita sudah bisa berbelanja berbagai kebutuhan keluarga kita. Tidak perlu capek - capek keluar rumah, menghabiskan ongkos dan juga waktu. Cukup pesan barang belanjaan kita, barang belanjaan akan datang dalam waktu yang sangat singkat. Tidak perlu menunggu sampai besok, barang belanjaan akan datang pada hari yang sama.
Loh kok bisa?
Bisa dong, dengan Honestbee semua menjadi mudah.

SEKILAS TENTANG HONESTBEE 

Honestbee merupakan layanan belanja dan pengiriman on demand untuk kebutuhan sehari hari berbasis online terkemuka asal Singapura. Diluncurkan secara resmi di Indonesia pada tanggal 25 Januari 2017 di Jakarta. Saat ini Honestbee bermitra dengan Transmart Carefour yang merupakan ritel terbesar di Indonesia. Selanjutnya Honestbee juga berencana akan bekerjasama dengan beberapa ritel besar lainnya di Indonesia.
Honestbee mulai beroperasi di kota kota besar di seluruh negara Asia sejak 2015.

Saat ini layanan Honestbee telah dinikmati di Singapura, Hongkong, Taiwan, Jepang, Malaysia, Thailand dan Indonesia.
Honestbee menawarkan cara berbelanja yang simpel, bisa dipesan dimana saja, kapan saja dan barang akan diantar sampai ke depan pintu Rumah kita.

Pengantaran barang Honestbee tidak lama, hanya beberapa jam dihari pesan yang sama. Bahkan waktu antar pun konsumen sendiri lah yang memilih waktu nya sesuai keinginan konsumen.
Dan Honestbee juga menyediakan asisten belanja yang profesional untuk setiap pesanan konsumen.
Honestbee menawarkan cara belanja kebutuhan sehari hari yang lebih cepat dan mudah. Konsumen bisa belanja kapan saja dan di mana saja. Konsumen juga bisa merasakan pengalaman belanja yang berbeda karena Honestbee menghadirkan asisten belanja profesional untuk setiap pesanan konsumen.

Setiap asisten belanja Honestbee telah dilatih secara profesional bersama dengan staf Transmart Carrefour untuk memilih bahan makanan dengan kualitas terbaik dari segi kesegaran dan mutu produk. Jadi jika ada pesanan yang tidak tersedia maka asisten belanja akan langsung menelpon dan sms untuk memberitahukan juga memberikan saran barang pengganti.

Honestbee berkomitmen untuk membantu toko offline seperti Transmart Carrefour dan toko khusus lainnya di Jakarta untuk dapat diakses secara online melalui situs dan aplikasi. Dengan demikian waktu belanja pelanggan bisa dihemat. Para konsumen tidak perlu lagi membuang waktu berjam jam di perjalanan dari rumah menuju tempat belanja. Waktu tersebut bisa dimanfaatkan untuk bekerja atau berkumpul bersama keluarga dan shopper Honestbee akan mengantarkan barang yang dipesan hingga ke depan pintu rumah.
Semua produk yang ada di Transmart Carrefour tersedia juga di Honestbee dengan harga yang sama. Konsumen bisa memilih berdasarkan kelompok barang. Untuk memudahkan belanja, Honestbee juga menyediakan sarana riwayat belanja. Jadi konsumen bisa mengulang jenis belanjaan yang mereka beli sebelumnya.

Siapa yang tidak suka belanja ?
Semua wanita pasti paling suka belanja, termasuk saya. Hal yang tidak bisa dipungkiri. Setelah puas berbelanja di honestbee akhirnya saat yang ditunggu - tunggu pun tiba.

Nah....saat yang paling saya suka yaitu demo memasak pun tiba. Saatnya acara hari ini diisi dengan acara terakhir yaitu demo memasak oleh Cheft Jun Winanto.



Cheft Jun Winanto akan mendemokan masakan ayam rica - rica dan puding srikaya gula merah.

Hmmm.....pasti enak nih !

Cocok dengan hobi saya yang juga suka memasak. Jadi tambah ilmu dan resep nih buat memasak dirumah.

Owh ya....semua bahan - bahan untuk demo memasak ini di beli dari honestbee loh !
Nah kan.....praktis ya...ga perlu repot-repot bawa bahan masakan, tapi ketika sudah sampai di tempat untuk demo masak, tinggal pesan aja semua keperluan di honestbee, dalam hitungan jam belanjaan kita sudah di antar. Keren deh honestbee ini.

Demo masak dari dapur ayah ini disambut antusias oleh para undangan yang hadir. Saat nya Cheft Jun Winanto beraksi.
Pertama Cheft Jun Winanto memasak ayam rica - rica. Ayam nya menggunakan ayam pejantan, agar rasa dan kekenyalannya lebih enak. Semua bumbu yang dibutuhkan dihaluskan kecuali Batang serai.

Dan....bau harum dan pedas sudah tercium di hidung saya.
Wow....ayam rica - rica sudah jadi dan siap disantap.
Lanjut dengan menu kedua yaitu puding srikaya gula merah. Dan bahan utamanya pastinya gula merah dan santan ya, namanya juga puding gula merah. Puding ini juga cukup simpel membuatnya. Hanya hitungan menit saja, puding ini sudah siap dimasukkan ke cetakan. Rasa dan wanginya sangat menggodanya selera.

Nah....dua masakan yang di demo kan oleh Cheft Jun Winanto sudah selesai. Saat nya icip - icip hasil masakannya. Rasanya ayamnya enak , gurih, empuk dan bumbunya meresap. Tak kalah enaknya adalah puding yang biasa menjadi pencuci mulut, rasanya gurih, manis, lembut dan wanginya begitu khas. Benar-benar masakan yang enak di nikmati oleh semua pecinta kuliner.
Saya saja ketagihan gimana dengan Anda !
Rasanya ingin cepat-cepat pulang dan mencoba nya dirumah.

Akhirnya keseruan hari ini selesai sudah.
Berwisata ke Museum Tekstil Jakarta, Berbelanja dengan asisten belanja yang profesional dari honestbee, demo masak dari Cheft Jun Winanto, dan icip-icip masakannya.



Terima kasih Kriya Indonesia yang sudah mengundang saya, menikmati semua keseruan acara hari ini.



Sabtu 04 Maret 2017
tinapurbo@gmail.com
Categories:

6 komentar:

  1. jiaaah aku gak liat mbak tina kemarin di honestbee saking ramenya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk....iya ya mba....kita ga ketemu

      Hapus
    2. Wkwkwk....iya ya mba....kita ga ketemu

      Hapus
  2. Seru euy acaranya. Jalan2, belanja ditambah icip2 pula...

    BalasHapus