Langsung ke konten utama

Menjaga dan Memelihara Lingkungan Bersama Keluarga

Sebagai seorang ecomom, ada baiknya kita selalu update dengan perkembangan zaman. Saya pernah baca artikel tentang global warming. Asli ya, agak serem juga baca dampak yang bisa ditimbulin dari gobal warming. Salah satu dampak buruknya adalah terjadi perubahan iklim dan cuaca, gunung es bakal mencair dan es yang mengapung di laut tambah sedikit saja.  It means bumi bakal kena pemanasan global. Aduh, kebayang deh gimana kalo seluruh dunia kena pemanasan global.
Walaupun cuma artikel, tapi ini ngefek banget sama diri saya. Tiba-tiba saya jadi takut saja kalo apa yang saya lakukan malah menambah dampak global warming. Dari situ deh, saya kepikiran buat mengatasi global warming, minimal dari keluarga saya dahulu yang saya terapkan. Ada beberapa rencana yang bakal saya lakukan buat mengatasi global warming, beberapa rencana ada yang sudah berjalan. Berikut beberapa hal yang sudah saya lakukan bersama keluarga.
Apa saja yang sudah saya lakukan bersama keluarga, diantaranya adalah :

  1. 1. Mengajarkan anak - anak untuk cinta lingkungan


Anak saya dua, satu kelas 10 satu lagi kuliah. PR banget buat saya ngasih tau mereka waktu mereka masih kecil tentang pentingnya cinta lingkungan. Tapi, yang saya lakukan adalah pelan-pelan memberi tahu mereka untuk mencintai lingkungan. Sampai saat anak saya menginjak remaja pun saya selalu mengingatkan hal itu. Misalnya nih, kalo mereka lagi jajan, bungkus makanannya saya suruh buang langsung ke tempatnya. Karena kebersihan harus dipupuk dari kecil. Kalau bukan dari diri kita sendiri yang cinta lingkungan, siapa lagi yang akan memelihara lingkungan ini. Ya pokoknya as simple as that lah ya.



  1. 2. Memberikan Contoh


Kita yang ngajak, kita yang ngajarin, ya udah pasti kita juga harus ikut praktekin hidup cinta lingkungan buat mengatasi dampak dari global warming. Salah satu contoh kecil, saya sering banget kalo keluar rumah bawa tumbler sendiri, jadi ga perlu beli air minum kemasan diluar sana. Dirumahpun saya jarang beli minum kemasan, lebih sering bikin minuman sendiri, seperti jus atau es buah gitu. Makanya saya selalu sedia buah-buahan didalem kulkas yang punya teknologi econavi inverter, energy savingnya bisa menghemat energy dan mendinginkan lebih cepat, jadi kalo bikin jus saya jarang pake es batu, cukup disimpen sebentar dikulkas pasti dingin.


  1. 3. Kerja bakti keluarga


Kemarin sempet baca artikel tentang tips parenting disini ecomom.co.id ternyata banyak juga kegiatan sederhana yang bisa kita lakuin supaya bikin si anak aktif. Salah satunya ya dengan ngajak dia bekerja bakti, kasih dia tugas-tugas kecil buat lingkungan, misal nyiram tanaman.
Tugas - tugas itu nantinya akan berdampak sampai dia dewasa. Jangan pernah menyerah untuk selalu memberikan contoh kebaikan.


  1. 4. Memberikan barang - barang ramah lingkungan


Memberikan mereka barang-barang ramah lingkungan, misalnya sapu tangan, tumbler dan lain - lain. Biar mereka terbiasa saja sih, buat lebih ramah lingkungan dengan memakai barang-barang yang bisa digunakan terus menerus, bukan barang yang sekali pakai terus dibuang, yang bikin sampah didunia ini semakin bertambah.

Kalo emang cinta lingkungan, ayok kita ajak orang-orang terdekat kita buat turut andil dalam usaha mengurangi dampak global warming. Ga usah yang berat-berat, kita bisa mulai dari membuang sampah pada tempatnya.
Karena kita yang menikmati alam, sudah seharusnya kita mencintai alam tersebut. Alam pun ingin diperlakukan dengan baik oleh kita. Lingkungan bersih maka udara yang kita hisap pun akan sehat.

Lingkungan bersih dan sehat maka kita juga akan merasakan dampak positif nya.

Rabu 23 November 2016
tinapurbo@gmail.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Vitacimin White Dan Vitacimin Nutriglow Adalah Vitamin Untuk Wanita

Vitacimin meluncurkan produk barunya yang sangat membantu menjaga kesehatan para wanita. Vitacimin ini sebelumnya sudah terkenal dikalangan masyarakat yaitu merk Vitacimin C, yang telah ada di Indonesia dari generasi ke generasi. Dan kini Vitacimin meluncurkan produk terbaru nya yaitu Vitacimin White dan Vitacimin Nutriglow. Vitacimin ini adalah produk dari Takeda Indonesia.

PT. Takeda Healthcare Products Co., LTD., Kyoto, Jepang yang sudah dikenal memiliki standar kualitas yang tinggi. Vitacimin White dan Vitacimin Nutriglow merupakan suplemen makanan dalam bentuk tablet salut gula yang praktis untuk dikonsumsi setiap hari untuk membantu menjaga kesehatan.

Vitacimin White  ini dikemas dalam kemasan berwarna putih dan biru. Kandungan dalam Vitacimin White ini adalah Vitamin C, Vitamin E, Vitamin B2, L-Cysteine dan Vitamin B5 ( Pantothenate ).

Sedangkan untuk Vitacimin Nutriglow  dalam kemasan berwarna putih dan merah. Kandungan dalam Vitacimin Nutriglow ini adalah Vitamin C, Biotin, Vi…

Bergaya Di Studio Foto Surya Maxima Kota Lampung

Lampung... Mendengar kota ini selalu di kait - kait kan dengan hal - hal yang buruk.  Itulah awal mula pasangan suami istri ini mendirikan sebuah usaha di kota kelahirannya, Lampung.

Ya... Dari pengalamannya yang setiap pergi ke kota lain,  dan setiap kali ada percakapan dengan orang di kota lain,  selalu mendapat jawaban yang merasa diri nya sedih. Lampung selalu di cap menjadi kota penyalur pembantu,  kota tidak aman dan lain -  lain.  Dari situlah sepasang suami istri ini membangun usaha yang diharapkan dapat mengangkat nama Lampung.  Setidaknya bisa membuat kota Lampung lebih maju dan menciptakan lapangan pekerjaan buat anak -  anak muda Lampung menjadi maju dan kreatif.

Usahanya sangat berlian dan cemerlang,  usahanya itu membuat kota Lampung menjadi lebih maju.  Usaha ini pula di inisiatif dengan tidak ada Mall besar di Kota Lampung.
Studio Surya Maxima ini lah usaha yang didirikan oleh sepasang suami istri Mas Bayu dan Mba Yuke ( jebolan pencari bakat AFI asal Lampung di sebua…

Domus Rumah Permanen Instan

Apa itu rumah DOMUS 

Sebagian masyarakat sudah ada yang mengenal rumah DOMUS, ada juga yang belum tahu dan bahkan belum pernah dengar.
PT. Tatalogam Lestari melebarkankan sayapnya dengan membangun rumah DOMUS Instant permanen hanya dengan 5 hari, untuk rumah satu lantai. Bayangkan saja, rasanya tidak mungkin membangun sebuah rumah hanya membutuhkan waktu secepat itu. Tapi semua bisa dibuktikan oleh PT Tatalogam Lestari ini.

PT Tatalogam Lestari Adalah perusahaan genteng metal terbesar dan baja ringan terbesar di Indonesia. Berbagai penghargaan telah diraihnya. Dan kini Tatalogam Lestari kembali meluncur gebrakan nya dengan menghadirkan rumah instan permanen Domus. Perusahaan yang sudah ada sejak tahun 1994 ini menunjukkan keseriusannya dalam memproduksi genteng metal, baja ringan dan rumah DOMUS ini.

Pameran Indonesia Building Technologi EXPO pada tanggal 17 - 21 May 2017 yang bertempat di ICE - BSD CITY ini, PT Tatalogam Lestari ikut ambil bagian dalam pameran ini. Pameran yang berla…