Selasa, 01 November 2016

Melawan Sindrome Baby Blues Pasca Melahirkan

Posted by tina sindi on 22.02 with 1 comment
Jum'at 28 Oktober Blibli.com mengadakan talkshow yang bertempat di Apartemen Kusuma Chandra. Acara talkshow ini bertema Babyblues and Modern Mom yang menghadirkan bintang tamu seorang ibu muda yang cantik yaitu Elizabeth Zenifer, yang biasa dipanggil juga dengan sebutan mami david ini. Iya eliz ini adalah ibu yang memiliki satu anak yang bernama david.

Elizabeth memaparkan bagaimana dia mencoba dan melawan diri dari baby blues ini. Iya mengalami baby blues pasca melahirkan. Dengan keinginannya yang kuat untuk mengurus pekerjaan rumah tangga dan bayi nya sendiri dia coba lakukan. Tapi apa yang terjadi, semua pekerjaannya hasilnya tidak memuaskan. Bahkan sang bayi pun menjadi kurang perhatiannya, dan Elizabeth akhirnya mengalami baby blues. Rasa malas memberikan ASI pada sang bayi di karenakan ibu satu anak ini telah kehabisan tenaga karena mengurus semuanya sendiri. Mulai dari pekerjaan rumah hingga mengurus baby. Alhasil mami Eliz kecapean dan tidak fokus pada baby nya dalam memberikan ASI.

Dan setelah Eliz melawan dan berperang pada hati nuraninya, akhirnya dia memutuskan untuk memakai jasa asisten rumah tangga, agar pekerjaannya dapat sedikit terbantu, dan mami eliz tidak mengalami kelelahan lagi, sehingga akan fokus memberikan ASI pada sang baby.
Keinginan yang kuat untuk memberikan ASI ekslusif pada anak kesayangannya david akhirnya terwujud. Pekerjaan Eliz menjadi lebih ringan dan terbantu sekali dengan menggunakan jasa asisten rumah tangga. Sehingga Eliz dapat fokus memberikan ASI pada david.

Perjuangan memberikan ASI pada sang buah hati pun melalui proses yang panjang. Sebelumnya ASI mami Eliz keluar sedikit sekali. Tapi setelah mami Eliz memompa ASI sebanyak 300 kali, maka ASI mama Eliz ini sangat lancar. Dan saat ini mama Eliz percaya, bahwa ASI yang selalu di peras dan disusui sang bayi tidak akan pernah habis, tapi malah akan bertambah banyak. Dan mami Eliz sangat senang sekali, perjuangan saat itu tidak sia - sia, dan semakin bersemangat untuk menyusui sang baby. Babyblues Elizabeth pun hilang, seiring dengan suksesnya pemberian ASI pada anak kesayangannya David.

Ya...Wajar saja kalau setiap Ibu pasti merasakan yang namanya Babyblues.
Apa itu babyblues ?
Babyblues adalah perasaan yang timbul dari seorang ibu muda yang akan menyusui bayinya. Perasaan gundah, ragu, sedih dan merasa kawatir apakah sang ibu bisa memberikan ASI nya dengan baik pada sang baby. Babyblues terjadi saat pasca melahirkan 3-4 hari. Babyblues syndrome ini sangat wajar bila dialami oleh ibu. Babyblues ini akan berlangsung selama 14 hari, setelah itu ibu akan mengalami keyakinan bahwa dia mampu memberikan ASI pada sang baby. Bila dalam waktu 14 hari pasca melahirkan babyblues belum hilang, maka segera periksakan ke dokter, karena itu biasanya kelainan postpartum Depression yang sangat serius.

Adapun ciri - ciri Baby blues Sindrome antara lain :

  •  Mudah emosi
  • Kurang percaya diri
  • Gampang menyerah
  • Pola makan tidak teratur
  • Merasa Bingung
  • Depresi
  • Sering menangis tanpa sebab
Baby blues biasa terjadi karena perubahan hormonal yang terjadi sewaktu kehamilan dan pasca melahirkan. Pada saat kehamilan sang ibu mengalami hormonal yang mengakibatkan depresi, mudah lelah, tidak bersemangat, dan pola makan yang berubah membuat babyblues mudah datang pada siapa saja. Ditambah lagi ibu muda yang pasca melahirkan akan mengalami perubahan hidup yang drastis yaitu mengurus bayi, menggendong dan juga menyusui, bangun ditengah malam dan kurang istirahat. Hasilnya depresi akan timbul dan sang ibu akan mengalami baby blues 3-4 hari pasca melahirkan. Bila baby blues bisa diatasi maka ibu akan mengalami kehidupan yang biasa, bahkan sangat menyenangkan dengan kehadiran sang bayi.

Oleh sebab itu, sebelum melahirkan kita harus mempersiapkan proses melahirkan dan sesudah melahirkan agar kita tidak mengalami babyblues ini.
Cara mengatasi baby blues adalah :

  • Persiapkan diri sebelum melahirkan dengan matang
  • Komsumsi makanan yang bergizi
  • Perbanyak membaca proses kehamilan dan melahirkan
  • Istirahat yang cukup
  • Dukungan penuh keluarga

Baby blues juga bisa terjadi pada ibu menyusui. Tanpa dukungan suami dan keluarga maka sang ibu akan mengalami depresi baby blues. Oleh sebab itu, sebelum ibu melahirkan harus mempunyai komitmen dan keinginan yang kuat untuk dapat menyusui dan memberikan ASI eksklusif. Karena ASI ini sangat penting bagi tumbuh kembang bayi nya hingga sang bayi dewasa. Jangan pernah berputus asa, semua ibu pasti bisa melakukannya asalkan kita benar - benar ingin memberikan yang terbaik buat sang buah hati. 

Semua ibu bisa memberikan ASI ekslusif dengan baik asalkan keyakinan itu sendiri datang dari sang ibu. 
Ibu bekerja maupun ibu rumah tangga dapat memberikan ASI nya dengan baik tanpa kendala apapun. ASI yang diperas terus menerus akan bertambah banyak karena akan membuat produksi ASI baru di dalam payudara kita.
Untuk ibu rumah tangga ASI dapat diberikan kapan saja ketika sang bayi haus dan menangis.
Sedangkan ibu pekerja kini juga sudah dilengkapi dengan alat yang sangat modern, untuk memberikan ASI perah kepada sang baby.
Saat ini telah hadir botol susu comotomo susu perah yang bisa tidak langsung diminum.

ComoTomo adalah brand botol bayi best seller dari Amerika Serikat ( USA ) yang sangat unik dengan desain yang sangat spesial 

Sehingga bayi tidak merasa aneh putting dan doble anti cholic vent untuk mencegah bayi kembung karena meminun ASI dari botol.
Botol ComoTomo di sertifikasi dan sesuai dengan standar US FDA ( Food and Drugs Administration ) dan CPSIA ( Customer Product Safety Impovemen Act ) yang di tanda tangani presiden George W. Brush di tahun 2008.
Botol ComoTomo ini 100% WPA Free dan terbuat dari medical grade silicon material yang tahan panas sampai dengan 180 - 220 derajat celcius.
Saat ini banyak beredar dipasaran botol plastik yang tidak tahan pahan, tapi comotomo ini sangat bagus, material botolnya yang sudah pasti tahan panas ya...jadi tidak usah pusing bila kita isi dengan air panas.
Dan yang pasti ComoTomo jadi semakin tahan lama nih pemakaiannya. Jadi lebih hemat buat para ibu - ibu.

Selain tahan panas dan baby tidak kembung ada lagi nih kelebihan lainnya dari ComoTomo ini, yaitu teksturnya.
ComoTomo ini memeiliki tekstur botol yang sangat lembut loh bu, sehingga akan memudahkan baby dalam memegang botol. Fungsi lainnya juga dapat meningkatkan kemampuan motorik baby dan yang terpenting aman nih. Iya...aman apabila botol jatuh tidak sengaja ke wajah bayi ataupun ke lantai.
Wah...sefety sekali ya ibu. Jadi tambah yakin kan untuk memakai ComoTomo ini.

Lantas bagaimana cara mencuci atau membersihkannya ? Nah...pertanyaan bagus nih ya bu, untuk membersihkannya sangat mudah. ComoTomo dapat dibersihkan dengan tangan ataupun sponge yang aman. Untuk menghindari terjadinya goresan pada botol yang menjadi tempat berkembang biaknya bakteri.
Ngeri ya bu...kalau dengar kata bakteri, apalagi pada botol untuk baby, duh..lebih baik kita beli yang udah pasti aman aja deh. Buat anak apa sih yang ga, asalkan bagus dan terjamin, betul kan?

Kelebihan lainnya dari ComoTomo ini juga ada lagi nih, ComoTomo memiliki venting system yang membuat bayi minum tanpa harus menelan udara. Botol bayi yang sering kita jumpai saat ini terlihat jelas bayi meminum dibotol ada udara yang tertelan.

Nah...inilah sebabnya bayi menjadi sakit perut dan susah tidur di malam hari. Kan repot ya...kalau bayi rewel, apalagi malam hari, Ibu pastinya jadi kurang istirahat dan bayi pun akan rewel.
Bentuk lekukan botol ComoTomo juga menyerupai payudara seorang ibu, bahan botol nya sangat lembut seperti kulit, ini akan memudahkan bayi untuk transisi ke botol dan tidak menolak menyusui dengan botol. Desain botol juga memudahkan susu mengalir lancar dan konsisten ke mulut baby.

Nah...keren kan ComoTomo ini. Sangat membantu ibu yang dirumah juga ibu pekerja. Comotomo ini sudah sesuai banget deh dengan standar payudara ibu. Baby tidak akan merasakan menyusui seperti di botol. Baby akan nyaman dan ibu pun akan tenang.

Bagaimana nih cara membeli ComoTomo ini, gampang banget nih bu. ComoTomo dapat di beli di blibli.com. ibu bisa lihat - lihat warna dan ukurannya. Tersedia juga puttingnya ya bu, busa dibeli satu set ataupun satuan saja.
Silahkan deh buka link http://blib.li/comotomo-bl
Berikan yang terbaik buat sang buah hati kita.

Selasa 02 November 2016
tinapurbo@gmail.com


Categories:

1 komentar:

  1. Baby blouse terlihat sepele padahal berpotensi membuat ibu depresi dan akhirnya anak tak terurus. Bantuan keluarga dan orang terdekat sangat diperlukan. Terima kasih sudah berbagi

    BalasHapus