KoinWorks Meluncurkan “Leveling Up Beyond Finance".

 


Usaha Mikro, Kecil dan Menengah  (UMKM) merupakan salah satu sektor strategis yang memiliki peran dalam pertumbuhan dan  perkembangan ekonomi di Indonesia. Hal yang paling dominan kendala yang dialami oleh UMKM adalah soal permodalan dan pemasaran. Modal yang terbatas membuat masyarakat tidak berani untuk menjangkau pemasaran secara luas sehingga penjualan produk memiliki skala kecil. Suatu UMKM yang ingin memiliki modal besar bisa mengambil modal dari bank dan non-bank dengan berbagai resiko dan tantangan yang harus dihadapi. 

Tapi sekarang tidak perlu takut dan bingung lagi buat dapat pinjaman usaha, karena KoinWorks mendukung usaha kecil menengah di Indonesia dengan berbagai layanan bisnis untuk terus berkembang. Koinworks NEO Siap Mendukung UMKM di Indonesia untuk Wujudkan Mimpi Mereka. NEO siap membantu bikin usaha kamu lebih maju dan sat set. Nah bersyukur nih yang usahanya masih jalan dan bertekad untuk maju karena sudah ada yang mendukung dalam hal permodalan. 

KoinWorks meningkatkan inklusi keuangan bagi industri-industri UMKM yang berdampak terhadap ekonomi tapi belum terlayani sepenuhnya di Indonesia.  KoinWorks, salah satu platform pinjaman P2P terkemuka di Indonesia, telah merilis Laporan Dampak pertamanya yang berjudul "Leveling Up Beyond Finance". Laporan ini memaparkan praktik bisnis berkelanjutan perusahaan dan jalan ke depannya untuk komitmen lingkungan, sosial, dan tata kelola (ESG).


KoinWork Meluncurkan  “Leveling Up Beyond Finance".


Dan pada Hari Kamis tanggal 30 Maret 2023 KoinWorks meluncurkan Impact Report “Leveling Up Beyond Finance”. Dengan merancang Impact Report, KoinWorks memastikan bahwa tolak ukur dampaknya jelas, relevan, terukur, dan menerapkan kebijakan ketat untuk keamanan data. Melalui Impact Report ini, KoinWorks juga mengumumkan komitmennya untuk menjadi the most impactful fintech di Asia Tenggara.

Dalam acara peluncuran yang bertempat di Hotel Atlet Century Park Senayan, dihadiri oleh narasumber yang ahli dibidangnya yaitu :

  • Benedicto Haryono, CEO dan Co-Founder KoinWorks
  • Bernard Arifin, Chief Operation Officer KoinWorks
  • Danang Sri Wibowo selaku Plt. Asisten Deputi Bidang Koperasi dan UMKM Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian 
  • Angelique Timmer, Senior VP Impact & ESG KoinWorks.

Bapak Benedicto Haryono, CEO dan Co-Founder KoinWorks memberikan sambutan pertama dan menjelaskan kalau Model bisnis KoinWorks ini selalu mengutamakan inklusi dan dampak sosial. Impact Report yang baru diluncurkan ini merupakan langkah penting dalam memberikan dampak sosial yang ingin  dituju. KoinWorks ingin membangun ekosistem digital yang inklusif, dan ingin partner, shareholders, dan pengguna KoinWorks memiliki akses ke strategi yang layak dan praktik bisnis terbaik yang telah diterapkan.


Bernard Arifin, Chief Operation Officer KoinWorks, menyoroti pertumbuhan pesat usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia. Selain peningkatan jumlah pelaku UMKM, para pelaku UMKM yang mendapatkan pembiayaan melalui KoinWorks juga mengalami peningkatan pendapatan hingga 34% dan mampu menciptakan 116 ribu lapangan kerja baru.


Sementara itu Danang Sri Wibowo, Plt. Asisten Deputi Bidang Koperasi dan UMKM Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, mengatakan bahwa UMKM berperan penting dalam menciptakan pembangunan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.

KoinWorks merancang Laporan Dampak ini dengan memastikan bahwa tolak ukur dampaknya jelas, relevan, terukur, dan menerapkan kebijakan ketat untuk keamanan data. Perusahaan mengadopsi standar internasional pada kerangka ESG untuk startup, sehingga dapat mengekspresikan literasi berkelanjutan dan inklusi keuangan yang diterapkan dengan cara yang sama layaknya komunitas global.


Selanjutnya Angelique Timmer, perwakilan KoinWorks, menambahkan bahwa perusahaan akan semakin mahir dalam inovasi-inovasi yang berfokus pada ESG dan menarik investasi untuk mendukung upaya perusahaan dalam rangka memperbaiki lingkungan dan masyarakat Indonesia sembari mempertahankan pertumbuhan bisnis.

Kontribusi Signifikan KoinWorks Dalam Menciptakan Dan Mendukung Pertumbuhan Ekonomi Digital Yang Berkelanjutan.

Laporan Dampak ini juga menunjukkan kontribusi signifikan KoinWorks dalam menciptakan dan mendukung pertumbuhan ekonomi digital yang berkelanjutan. Perusahaan juga bertujuan untuk mencapai karbon netral dan mendorong UMKM memiliki model bisnis yang berkelanjutan dan ramah lingkungan.


Tujuan KoinWorks Ke Depannya

Ke depan, KoinWorks bertujuan untuk mencapai karbon netral, dan mendorong UMKM memiliki model bisnis yang berkelanjutan dan ramah lingkungan. KoinWorks berkolaborasi dengan mitra sebagai salah satu pendekatan penting untuk menciptakan solusi yang lebih komprehensif guna melayani segmen underserved

KoinWorks juga bertujuan untuk meraih Golden Certificate Cerise, panduan berstandar internasional untuk perlindungan konsumen, sebagai salah satu bentuk komitmennya. Pada tahun 2025, KoinWorks menargetkan lebih dari 2 juta UMKM bergabung dalam ekosistem digitalnya yang inklusif, dan memiliki setidaknya 40% gender diversity di dalam perusahaan.



 

Komentar