Kampung Berseri Astra Kebon Pala Ruang Hijau Nan Teduh

 

Belum lama saya berkunjung ke tempat di mana saya dibesarkan. Dari kecil hingga menikah saya tinggal di daerah Kebon Pala Halim Jakarta Timur. Orang biasa menyebut daerah rumah orang tua saya dengan sebutan kampung sawah. Perkampungan yang padat penduduk, dan langganan banjir setiap hujan turun. Jaman saya kecil didaerah tersebut tidak banyak yg menanam penghijauan. Hanya bapak saya lah yang rajin menanan pohonan hias dihalaman depan rumah. Maklumlah yang memiliki halaman luas bisa dihitung dengan jari, hampir semua rumah dibangun sampai pembatas jalan. 

Kampung sawah juga memiliki gang yang sangat sempit, hanya satu motor saja yang bisa lalu lalang. Area bermain anak-anak pun tidak ada. Semasa kecil saya hanya main di jalanan depan rumah warga atau di lapangan. Yah begitulah daerah rumah orang tua saya. Meski begitu, saya memiliki rasa kangen yang luar biasa. Daerah dimana saya selalu ingin pulang meski sudah tidak ada orang tua saya lagi disana. 

Orang tua saya harus pindah rumah ke Cibinong Kab. Bogor supaya lebih dekat dengan anak-anaknya. Selain itu mengingat usia orangtua saya yang sudah sepuh, kasian kalau harus kebanjiran terus. Dan semenjak orangtua saya pindah rumah alhasil saya tidak pernah lagi datang ke kampung sawah. Hampir 20 tahun saya tidak menginjakkan kaki ke sana. 

Dan kemarin entah mengapa saya ingin sekali berkunjung ke Kampung sawah untuk tapak tilas. Begitu herannya saya karena sudah banyak perubahan. Saya hampir lupa jalan dan merasa asing. Dan ada satu titik lokasi yang membuat saya berdecak kagum. Yess Saya baru tahu juga kalau di Kampung sawah ada satu Kampung Berseri Astra yang sangat inspiratif. Tepatnya di Jl. Kamboja Kebon Pala RW 01 Kec. Makasar Jakarta Timur.  

Kampung Berseri Astra

Kampung Berseri Astra merupakan program Kontribusi Sosial Berkelanjutan Astra yang diimplementasikan kepada masyarakat dengan konsep pengembangan yang mengintegrasikan 4 pilar program yaitu :

  1. Pendidikan
  2. Kewirausahaan
  3. Lingkungan 
  4. Kesehatan.

Melalui program Kampung Berseri Astra ini masyarakat dan perusahaan dapat berkolaborasi untuk bersama mewujudkan wilayah yang bersih, sehat, cerdas dan produktif sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat di wilayah Kampung Berseri Astra.

Ada beberapa tahapan yang harus dilewati dalam memilih calon Kampung Berseri Astra (KBA), diantaranya:

  • Koordinasi perusahaan grup Astra
  • Pembentukan tim Kampung Berseri Astra
  • Koordinasi dengan pemerintah daerah Social mapping 
  • Penentuan lokasi Kampung Berseri Astra

Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Kebon Pala Jakarta Timur 

Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) di daerah Kebon Pala RW 01 Jakarta Timur memiliki ruang terbuka yang lebih luas dan memadai. RPTRA Kebon Pala berdiri di atas lahan seluas 1.100 meter persegi tersebut juga dilengkapi lampu PJU dan lampu sorot, agar warga tetap dapat beraktivitas di malam hari. Tidak hanya itu, RPTRA Kebon Pala juga dilengkapi embung yang berada di lahan seluas 3000-4000 meter persegi berfungsi menjadi daya tarik bagi RPTRA Kebon Pala, selain berfungsi sebagai resapan dan penampungan air.

Keberadaan ruang terbuka hijau yang ada di RPTRA Kebon Pala ini cukup membantu warga melepaskan kepenatan dan juga tempat yang baik untuk bercengkrama dengan tetangga satu sama lainnya, disamping juga ada hiburan dengan berbagai fasilitas yang ada.

Berlibur atau berekreasi bersama keluarga tak harus merogoh kocek dalam-dalam.  RPTRA bisa menjadi  tempat wisata yang menawarkan liburan murah meriah bagi masyarakat. salah satunya adalah Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) di Kebon Pala Jakarta Timur. 

Bertambahnya jumlah penduduk yang semakin masif di ibukota Jakarta, mengakibatkan terjadinya densifikasi penduduk dan permukiman yang cepat dan tidak terkendali di bagian kota. Ruang terbuka hijau menyokong kehidupan kota. Lokasi-lokasi ini berfungsi menyaring polusi kendaraan bermotor dan menyerap kelebihan air di musim hujan menjadi air tanah. 

Bagaimanapun juga kehadiran RTH bukan hanya untuk memenuhi kewajiban UU, tetapi juga sudah menjadi kebutuhan. Ruang terbuka hijau ini selain menjadi sarana berinteraksi sosial, RTH juga bisa berpikir anak jauh lebih baik saat belajar di ruang terbuka daripada mereka yang duduk di ruang-ruang sekolah. Anak-anak yang lebih banyak belajar di ruang terbuka hijau seperti bawah pohon, semak dan rumput, memiliki perkembangan otak lebih baik daripada anak-anak di sekolah yang memiliki sedikit ruang hijau.

Untuk itu, sangat penting untuk memiliki ruang hijau di dalam sekolah atau di rumah. Menyadari ruang RTH di Jakarta masih jauh dari ideal, pemerintah DKI Jakarta terus komitmen memperbanyak ruang terbuka hijau dan salah satunya dengan penambahan RPTRA. RPTRA sejatinya bukan Ruang Terbuka Hijau, melainkan wadah sosial. Pembangunan RPTRA tidak bisa mengandalkan peran pemerintah DKI Jakarta saja, tetapi perlu keterlibatan pihak swasta. Berangkat dari situlah, PT Astra Internasional Tbk aktif membangun beberapa RPTRA di beberapa titik di wilayah DKI Jakarta, termasuk RPTRA Kebon Pala Berseri. 

RPTRA Kebon Pala RW 01 Kec. Makasar Jakarta Timur ini dilengkapi berbagai fasilitas umum di luar ruangan, seperti lapangan olahraga, taman interaktif, taman gizi, arena bermain anak, dan kolam gizi. Adapun fasilitas di dalam ruangan terdiri atas ruang serbaguna, ruang pengelola, ruang laktasi & KB, PKK Mart, perpustakaan, dapur, dan toilet. RPTRA ini bermanfaat sekali karena bisa menjadi tempat berkumpul masyarakat dari seluruh lapisan, baik yang masih balita maupun yang sudah dewasa.

RPTRA Kebon Pala Berseri merupakan bagian dari pembangunan lima RPTRA oleh Astra di wilayah Jakarta Utara, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Barat dan Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu. Untuk mendukung pengembangan pengetahuan dan keterampilan dari Tenaga Pengelola Mandiri (TPM) RPTRA, Astra juga mendukung pelaksanaan pelatihan tersebut pada 26-27 Januari 2016 yang diikuti oleh 96 peserta.

Sebelum pembangunan RPTRA Kebon Pala Berseri, sejak Juli 2015, Astra melakukan beberapa program CSR di Jakarta Timur, yaitu Kampung Berseri Astra di Kelurahan Kebon Pala. Aktivitas yang telah dijalankan adalah penyelenggaraan Posyandu, pengembangan kader PAUD, pengembangan program bank sampah, donasi sembako hari raya serta beasiswa pendidikan.

Nah...saya jadi bangga tempat dimana saya dibesarkan dahulu oleh orangtua saya sudah sekeren ini. Bersyukur bisa melihat anak-anak bermain di lokasi yang nyaman, teduh, sehat dan aman. Semoga dengan adanya RPTRA di Kebon Pala semakin maju lagi. Dan warga bisa merawat apa yang sudah di bangun oleh pemerintah Jakarta dan juga Astra Tbk. 

Merawat dan menjaga fasilitas yang sudah ada menjadi tanggung jawab semua masyarakat sekitar. Jangan biarkan fasilitas yang sudah diberikan terbengkalai dan rusak. Karena Ruang Berseri Astra ini adalah aset bagi generasi mendatang. Selain berbagai kegiatan ada wadah yang bisa dipergunakan, RuanG Berseri Astra ini juga bisa buat rekreasi dan bermain anak yang aman. Sehat juga karena Ruang Berseri Astra bebas sampah.

Terimakasih Astra sudah membuat kampung tempat saya dibesarkan menjadi indah, nyaman, dan sehat. 















 


Komentar