Yuk Mengenal Teori Gelombang Elliot Lebih Dekat!

 

Salah satu teori yang bisa membantu Anda saat trading adalah Elliot wave. Lalu sudahkah apakah Anda tahu apa itu gelombang Elliot? 

Jika belum silahkan menyimak artikel ini sampai habis ya! 

Pengantar teori Elliot ini mengacu pada teori (atau prinsip) yang dapat di adopsi oleh Investor dan perdagangan dalam analisis teknis. Prinsip ini didasarkan pada gagasan bahwa pasar keuangan cenderung mengikuti pola tertentu tanpa memandang kerangka waktu.

Pada dasarnya terdiri gelombang Elliot (Elliot wave theory / EWT) menunjukkan bahwa pergerakan pasar mengikuti rangkaian alami dari siklus psikologi massa. Pola pola tersebut dibuat sesuai dengan kecenderungan pasar saat ini yang bergantian antara bearish dan bullish.

Pun saat trading Anda pernah mengamati jika grafik harga tidak pernah bergerak dalam satu garis lurus yang sempurna? Pergerakan harga bisa terlihat seperti liukan yang bentuknya seperti gelombang atau wave.

Di tahun 1920–an ada trader yang mencermati hal ini dan hasil renungannya tersebut terkenal di dunia trading dengan sebutan Elliot wave theory dan sesuai dengan nama penemu yaitu Ralph Nelson Elliott. Tidak hanya sebagai trader pemula, banyak trader pengalaman yang mengaku kesulitan untuk menggunakan teori gelombang Elliot. Lalu apa itu yang dimaksud dngan teori Elliot wave tersebut? Yuk simak!

Pengertian

Sebelum Anda mengetahui bagaimana cara trading dengan gelombang Elliot ada baiknya jika Anda tahu pengertiannya lebih dahulu. Yang dimaksud dengan gelombang Elliot adalah analisa teknikal yang digunakan untuk memprediksi arah gerakan tren dengan mengamati siklus pasar dalam  bentuk gelombang. Elliot wave juga mencerminkan reaksi para pelaku pasar dan mencerminkan psikologi pasar pada saat itu. Nah, pergerakan pasar baik itu naik atau turun menurut teori bisa selalu muncul dalam pola berulang.

Sederhananya, prinsip dasar dari teori Elliot wave adalah mengidentifikasi reaksi psikologis para pelaku trading terhadap perubahan pergerakan harga pasar. Harga selalu memiliki kecenderungan bergerak dalam dua kondisi yaitu impulsif dan korektif.

Gelombang impulsif merupakan pergerakan harga ke salah satu arah selama periode tertentu. Gelombang menjadi cerminan ketidakseimbangan sentimen pasar yang pada akhirnya bisa mengarah ke salah satu arah saja. Jika garis naik, maka situasi atau kondisi pasar sedang euforia, begitu pula sebaliknya. Saat garis terlihat menurun itu artinya trader dalam panik sehingga menekan harga yang terus menurun.

https://www.dcfx.co.id/account/live-account

Yang dimaksud gelombang korektif adalah saat terjadi pencapaian titik keseimbangan setelah terjadi ketidakseimbangan harga ketika periode gelombang impuls terkoreksi. Kecepatan pergerakan harga juga menjadi faktor yang paling berpengaruh pada gelombang korektif yang satu ini. Saat harga menurun dengan cepat, potensi untuk terkoreksi naik bisa semakin terbuka.

Yang Harus Anda Perhatikan

Setelah Anda mengenal apa itu Elliot wave, ada beberapa aturan teori Elliot Wave yang harus

Anda perhatikan seperti berikut ini:

  • Gelombang impulse nomor 3 tidak boleh lebih pendek dibandingkan nomor 1 dan 5.
  • Permulaan gelombang impulse nomor 2 tidak boleh lebih rendah jika bullish atau lebih tinggi jika bearish dibandingkan permulaan gelombang impulse nomor 1
  • Gelombang impulse nomor 4 tidak bisa menyentuh batas tertinggi jika bullish atau batas rendah gelombang impulse nomor 1.

Demikianlah informasi yang bisa membuat Anda mengenal teori Elliot wave lebih detail, untuk aktivitas trading Anda bisa mempercayakan pada DCFX, perusahaan pialang trading yang satu ini sudah sangat terpercaya dan profesional, dengan trading di DCFX Anda bisa mendapatkan pengalaman trading terbaik yang menakjubkan dan tidak pernah Anda rasakan sebelumnya, yuk bergabung bersama DCFX sekarang juga!

Komentar