Festival Panen Raya Nusantara (PARARA) Kembali Di Gelar

 

Salah satu kain tenun yang ada di PARARA

Assalamualaikum Wr. Wb

Siapa yang suka produk lokal. Produk lokal sangat bagus loh, tak kalah bagusnya dengan produk luar negeri. Saya pribadi lebih suka produk lokal karena seni budayanya sangat tinggi. Contohnya saja kain tenunnya. Kainnya halus dan tenunnya memiliki motif yg eksotis. Selain tenun ada juga kerajinan tangan yang ga diragukan lagi nilai seninya. Bukan hanya orang Indonesia saja yang suka. Banyak turis mancanegara juga menyukai produk lokal Indonesia terutama kerajinan tangannya.


Selain kerajinan tangan Indonesia juga kaya akan berbagai macam tradisi pangan lokal dari berbagai daerah di Indonesia.

Nah...oleh sebab itulah pada tanggal 17 November 2021 Bertempat di PARARA ETHICAL STORE jl. Kemang Timur no. 52A Jakarta Selatan menggelar acara Press Conference untuk mengetahui lebih jauh mengenai FeatiFes PARARA 2021.


Festival Panen Raya Nusantara 2021 (Festival PARARA 2021) akan hadir kembali sebagai acara yang lahir dari inisiatif Festival SLIMs (Sustainable Livelihoods Initiative and Models) yang merupakan ide dan program dari NTFP-EP Indonesia.

Festival Panen Raya Nusantara (PARARA) 2021 akan diikuti oleh lebih dari 105 Komunitas di Seluruh Indonesia. Komunitas lokal dan masyarakat adat dari seluruh Nusantara akan ikut memeriahkan Festival Panen Raya Nusantara (PARARA) dengan skema hybrid, yang akan digelar pada 2 - 18 Desember 2021.


Tradisi pangan lokal dari berbagai daerah di seluruh Indonesia, berbagai produk kreatif, hasil kerajinan, produk hasil non kayu serta dialog interaktif di beberapa region (Kalimantan, Sumatera, Sulawesi, Jawa dan sekitarnya, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Bali, Papua, dan Maluku) akan menjadi tajuk utama festival ini.


Festival Panen Raya Nusantara (PARARA) bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat agar lebih peduli akan produk lestari dan tradisional Nusantara. Hal ini diharapkan masyarakat Indonesia memahami pentingnya cara melestarikan dan menjaga tradisi agar tetap hidup dari generasi ke generasi.


Ketua Konsorsium PARARA, Jusupita Tarigan mengatakan, PARARA bertujuan mendukung ekonomi komunitas lokal dan masyarakat adat secara adil dan lestari di mana pengelolaan produk komunitas lokal dan masyarakat adat nantinya dapat mempertahankan kearifan lokal dan lingkungan.

PARARA juga bertujuan mempromosikan produk komunitas lokal dan masyarakat adat dan meningkatkan akses pasar yang mampu menilai produk tersebut dengan harga yang adil.

Dengan melestarikan produk berbasis kearifan lokal, dapat memperkuat identitas dan perekat bangsa. Apalagi, Indonesia merupakan salah satu negara yang paling kaya dalam keanekaragaman hayati di dunia, sekaligus negara yang memiliki kekayaan budaya yang sangat beragam.

Tenun tidak hanya menjadi warisan budaya, namun juga potensi wirausaha yang memiliki pasar di dalam dan juga luar negeri. Oleh karena itu, dibutuhkan perhatian kita untuk menjaga dan melestarikan produk-produk lokal Indonesia sekaligus komunitas lokal dan masyarakat adat produsen serta kearifan lokalnya.

Ketahanan dan kedaulatan pangan juga merupakan salah satu pesan yang ingin disampaikan melalui PARARA Indonesia adalah negara agraris dan maritim, namun untuk kebutuhan pangan masih bergantung pada import. Dari sisi hargapun susah mengendalikan.


Untuk itulah PARARA memiliki tujuan  mengajak semua pihak untuk dapat memberikan ruang lebih besar kepada pangan lokal yang sehat, adil dan lestari bagi petani, nelayan, komunitas lokal dan masyarakat adat, produsen skala kecil serta mendukung dengan kebijakan dan praktek ekonomi yang lebih adil, ramah lingkungan, dan mempertahankan ketahanan di tingkat lokal terhadap perubahan iklim.

Festival PARARA juga merayakan produk-produk komunitas lokal dan masyarakat adat lainnya seperti tekstil dan kerajinan tangan.


Selain Festival, PARARA diharapkan menjadi platform untuk mendukung integrasi antara komunitas lokal dan masyarakat adat, pasar, dan juga kebijakan-kebijakan yang mengatur industri kreatif dan lokal.

Selain pameran produk kreatif, PARARA 2021 juga menghadirkan sesi seminar dan coaching clinic yang akan mengangkat topik-topik menarik seputar kewirausahaan, management keuangan, industri kreatif dan workshop craft. Bagi pencinta fotografi, akan ada sesi lomba fotografi.

Komentar