Inilah Jenis Dan Karkteristik Burung Walet Yang Perlu Anda Ketahui

 

beritasatu.com

Pada umumnya burung walet memiliki ciri-ciri meliputi ekor yang panjang, sayap yang runcing, dan tubuhnya berwarna hitam. Tapi, sebenarnya burung walet memiliki banyak jenis dan masing-masing dari jenisnya memiliki ciri khas dan karakteristik yang berbeda-beda. 

Burung walet biasanya hidup di tempat yang memiliki ruang cukup besar seperti atap kosong, gua, dan pantai. Bagi Anda yang sedang mencari peruntungan dalam budidaya walet, penjelasan berikut ini dapat membantu Anda untuk membedakan berbagai jenis burung walet. 

Masing-masing dapat dibedakan berdasarkan warna bulu, suara, ukuran tubuh, dan kegiatan saat membuat sarang. Simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

  1. Burung Walet Besar, jenis lainnya adalah burung walet besar. Ciri-cirinya meliputi warna bulu bagian bawah berwarna coklat gelap, tubuhnya berwarna hitam, dan memiliki panjang kurang lebih 16 cm lebih besar daripada ukuran burung walet umumnya. Tidak heran jika kemampuan terbang burung walet jenis ini lebih tinggi dan cepat. Biasanya walet besar hidup di dalam lubang. Yang membedakannya dengan burung walet lainnya yaitu sarangnya tidak dapat dikonsumsi. Perlu diketahui, bahwa sarang burung walet memiliki khasiat bagi kesehatan. Ada berbagai manfaat sarang burung walet yang bisa dirasakan saat Anda mengkonsumsinya secara rutin.
  2. Burung Walet Gunung, Burung ini hidup berkelompok di puncak gunung, maka dari itu dinamakan burung walet gunung. Sarangnya terletak di bekas kawah gunung dan celah-celah batu. Ciri berikutnya yaitu ukuran tubuhnya cukup besar, ekornya bercelah dalam, memiliki kaki yang berbulu dan tidak berbulu. Seperti burung walet lainnya, suara burung ini juga terdengar nyaring.
  3. Burung Walet Putih, Burung walet jenis ini memiliki ciri khas pada sarangnya yang berwarna putih dan bagian ekornya sedikit bercelah. Bulunya berwarna coklat kehitam – hitaman. Sedangkan bulu bagian bawah cenderung coklat atau abu-abu. Ciri-ciri lainnya yaitu suaranya nyaring tinggi. Dikarenakan sayapnya lebih kokoh, maka cara terbangnya juga sangat kuat. Harga sarang burung walet putih terbilang mahal karena terbuat dari air liur dan biasanya paling banyak dicari. 
  4. Burunh Walet Sarang Hitam, Berbeda dengan burung walet putih,  jenis burung walet ini mempunyai warna bulu coklat dan coklat ke abu-abuan. Di kakinya terdapat bulu merata dan di bagian bulu ekornya sedikit bercelah. Kaki dan paruhnya berwarna hitam adalah ciri khas uniknya. Sarang burung walet hitam bentuknya seperti mangkok yang terbuat dari campuran serat, lumut, dan akar tumbuhan. Makanan dari burung walet hitam adalah serangga-serangga kecil. Biasanya lebih suka tinggal di dalam gua-gua kapur. 

Itulah beberapa jenis burung walet yang harus Anda ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin melakukan budidaya burung walet. Share artikel ini ke teman-teman Anda yang membutuhkan informasinya ya. 

Komentar