Penyakit Parkinson Semakin Meningkat



Kalau bicara soal penyakit rasanya semua orang paling takut atau waa was untuk membahasnya. Akan tetapi saat kita sehat pun banyak yang mengabaikan kesehatan dirinya. Tidak peduli makanan yang di konsumsi sehat atau tidak, tidak peduli dengan diri untuk istirahat, dan masih banyak lagi kelalaian kita menjaga tubuh sendiri.

Tidak heran jika penyakit sering sekali mendapatkan respon yang lambat dari si penderita. Bahkan ada yang baru mengetahuinya setelah penyakit sudah parah. Hal demikian ini yang akan membuat dokter kesulitan untuk menanganinya. Terlambat terdeteksi, maka akan terlambat juga mendapatkan penanganannya.

Apalagi usia seperti saya yang terbilang tidak muda belia lagi. Menjaga kesehatan harus menjadi prioritas yang utama. Banyak sekali penyakit yang menyerang usia lanjut. Bukan tiba-tiba penyakit datang, tetapi sudah ada penyebab dari diri kita sendiri. Gaya hidup menjadi faktor utama timbulnya penyakit hari tua.

Beruntung nya saya bisa mendapatkan kesempatan untuk mengikuti acara Seminar Mengenal Penyakit Parkinson, yang diadakan di RS Premier Jatinegara jakarta, Kamis 07 November 2019. Acara ini dimulai dengan penjelasan Penyakit Parkinson oleh dr. Sukono Djojoatmodjo, Sp.S.
dr. Sukono Djojoatmodjo menjelaskan bahwa penyakit Parkinson ini bisa dialami oleh usia antara 50 - 60 tahun. Penyakit Parkinson adalah sebuah penyakit yang disebabkan oleh adanya gangguan degeneratif yang dapat mempengaruhi sistem saraf karena kekurangan dopamin neurotransmitter dibagian otak.

Penyakit Parkinson

Penyakit Parkinson adalah suatu gangguan sistem saraf pusat yang mempengaruhi gerakan, sering disertai tremor. Kerusakan sel saraf di otak menyebabkan tingkat dopamine turun, sehingga berujung pada gejala Parkinson.Penyakit Parkinson saat ini menjadi salah satu penyakit yang berbahaya dan perlu mendapatkan perhatian dan penanganan yang cepat dan benar. Penyakit Parkinson semakin hari semakin berbahaya dan perlu mendapatkan penanganan yang serius. Penderita penyakit Parkinson semakin lama semakin meningkat di Indonesia dan juga di dunia.

Penyebab penyakit Parkinson belum diketahui secara pasti, tetapi beberapa faktor berperan dalam terjadinya kerusakan saraf seperti : Genetik, lingkungan, usia, jenis kelamin, adanya kehadiran Lewy body, dan Alpha-synuclein ditemukan di dalam Lewy body.

Gejala Penyakit Parkinson pada setiap orang berbeda-beda. Tanda pada awal-awal mungkin tidak akan terlihat oleh kasat mata. Gejala biasanya di mulai ketika salah satu bagian tubuh mulai memburuk.

Beberapa Gejala Penyakit Parkinson

  • Tremor Gemetar diawali pada bagiian kaki atau tangan, bahkan jari. Salah satu karakteristikdari Parkinson adalah adanya gerakan tak terkendali pada tangan ketika dalam keadaan rileks.
  • Pergerakan yang melambat. Seiring berjalannya waktu, kemampuan bergerak akan menurun. Lambat dalam bergerak, langkah menjadi berjalan akan menjadi lebih pendek. Bahkan akan mengalami kesulitan berdiri dari kursi. Dan lambat laun, penderita akan menyeret kakinya ketika akan melangkah.
  • Otot menjadi kaku. Kekakuan ini dapat terjadi dibagian tubuh manapun. Otot otot yang mulai kaku ini akan membatasi pergerakan dan juga dapat menyebabkan rasa sakit.
  • Gangguan postur dan keseimbangan. Tubuh orang yang mengalami penyakit Parkinson akan mengalami perubahan postur, menjadi bungkuk, dan hilangnya keseimbangan.
  • Gangguan gerakan otomatis. Penderita akan mengalami penurunan kemampuan untuk menggerakkan tubuh yang seharusnya terjadi otomatis tanpa berpikir dahulu. Seperti berkedip, tersenyum, atau mengayunkan lengan ketika berjalan.
  • Adanya perubahan cara bicara. Penderita Parkinson akan merasa berbicara lembut, cepat, dan ragu-ragu sebelum berbicara. Atau nada bicara akan terdengar menoton.
  • Penurunan kemampuan menulis. Penderita Parkinson akan menemukan kesulitan ketika menulis dan tulisannya pun akan berubah atau menjadi kecil.
Tetapi jika mendapatkan salah satu tanda-tanda diatas, kita jangan asal menyimpulkan penyakit. Sebaiknya serahkan pada ahli kesehatan dan periksakan lebih lanjut ke dokter. 

Biasanya kita akan kebingungan saat mendapatkan keluarga, orang tua kita terkena penyakit seperti ini. Tetapi sekarang tidak perlu risau, karena di RS Premier Jatinegara Jakarta sudah menyediakan pengobatan penyakit parkinson ini. Dokter yang menangani masalah penyakit Parkinson ini adalah dr. Sukono Djojoatmodjo, Sp. S . 

Pengobatan Penyakit Parkinson

Penyakit Parkinson sebenarnya  belum bisa disembuhkan secara total. Tetapi ada beberapa metode pengobatan yang dapat dilakukan untuk membantu meredakan gejala dan meningkatkan kualitas hidup pasien.
Pengobatan di RS Premier Jatinegara ini adalah dengan bantuan Cityscan maka alat akan bisa menjadi pengobatan unggulan. Untuk pengobatan Parkinson sendiri ada obat oral, obat melalui infus atau operasi. Semua pengobatan ini bisa dilakukan di RS Premier Jatinegara Jakarta. 

Untuk mengetahui lebih jelas apa dan bagaimana pengobatan Parkinson, sebaiknya datang langsung ke RS Premier Jatinegara Jakarta. Owh ya tidak perlu khawatir soal biaya, karena Penyakit Parkinson biaya pengobatannya bisa di cover oleh BPJS dan asuransi lainnya. 

Pasien yang sudah menjalani pengobatan penyakit Parkinson akan bisa bergerak dengan baik tanpa ada kendala seperti saat belum mendapatkan pengobatan. Pasien yang menderita Parkinson akan lebih cepat pulih jika mendapatkan dukungan dari keluarganya. Karena bagimanapun keluarga lah yang akan menjadi semangat dan mempercepat pemulihan.

Belum diketahui apakah penyakit Parkinson dapat dicegah. Akan tetapi olahraga rutin dan konsumsi makanan kaya antioksidan diyakini dapat mengurangi risiko seseorang terkena penyakit Parkinson. Sejumlah penelitian juga menunjukkan bahwa penyakit Parkinson jarang menyerang seseorang yang rutin mengkonsumsi minuman berkafein, seperti kopi dan teh.

Yuk...mulai merubah gaya hidup kita dari sekarang. Terapkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat akan membantu kita terserang dari berbagai penyakit. Olah raga teratur, makan makanan yang bergizi, konsumsi buah dan sayur dan istirahat yang cukup menjadi kunci utama hidup sehat..

Hidup sehat dimulai dari diri sendiri, sayangi tubuh kita sebelum penyakit datang.



Komentar

Postingan Populer