Deteksi Dini Kanker Serviks Sebelum Terlambat


Sebagai seorang wanita kita semua haruslah menjaga kesehatan tubuh kita agar terhindar dari berbagai penyakit. Baik penyakit dalam maupun penyakit luar. Wanita lebih rawan mengidap berbagai macam penyakit berbahaya, seperti kanker rahim, kanker payudara, kanker serviks dan masih banyak lagi. Deteksi dini penyakit akan lebih baik, agar mendapatkan penanganan yang lebih cepat.

Nah... beruntungnya saya mendapatkan kesempatan menghadiri acara Talkshow yang bertema "Kanker Serviks" yang diadakan oleh Malaysia Healthcare dan ParkCity Medical Centre, Minggu 06 Oktober 2019 di Apiary Coworking Space, Puri Jakarta.

Acara ini di hadiri oleh para narasumber, diantara :

  • Dr. Jeevaretanamm A/L Soosaimuthu Park City Medical Centre
  • Farah Delah Suhaimi Direktor - Indonesia Market Malaysia Healthcare Travel Council
  • Nurul hasyikin Park City Medical Centre


Dr. Jeevaretanamm A/L Soosaimuthu menjelaskan bahwa Kanker serviks adalah kanker yang tumbuh pada sel-sel di leher rahim. Umumnya kanker serviks tidak menunjukkan gejala pada tahap awal. Gejala baru muncul saat kanker sudah mulai menyebar.
Kanker serviks adalah salah satu jenis kanker yang paling mematikan pada wanita, selain kanker payudara. Sebagian besar kematian pada wanita disebabkan oleh penyakit kanker serviks. Deteksi jenis kanker serviks yang diderita pasien akan membantu dokter dalam memberikan penanganan yang tepat.

Adapun jenis kanker serviks terbagi menjadi dua, yaitu :

  1. Karsinoma sel skuamosa (KSS). KSS adalah jenis kanker serviks yang paling sering terjadi. KSS bermula pada sel skuamosa, yaitu sel yang melapisi bagian luar leher rahim.
  2. Adenokarsinoma. Jenis kanker serviks ini bermula pada sel kelenjar pada saluran leher rahim.

Kedua jenis kanker serviks di atas dapat terjadi secara bersamaan.

Stadium Kanker Serviks

Tahap atau stadium digunakan untuk menjelaskan tingkat penyebaran kanker. Semakin tinggi stadium kanker, maka semakin luas penyebarannya.

Berikut ini adalah stadium kanker serviks berdasarkan penyebarannya :

  • Stadium 1, Sel kanker tumbuh di permukaan leher rahim, tetapi belum menyebar ke luar rahim.Terdapat kemungkinan kanker sudah menyebar ke kelenjar getah bening di sekitarnya, namun belum menyerang organ di sekitarnya. Ukuran kanker bervariasi, bahkan bisa lebih dari 4 cm.
  • Stadium 2, kanker sudah menyebar kerahim, namun belum menyebar hingga ke bagian bawah vagina atau dinding panggul. Terdapat kemungkinan kanker sudah menyebar ke kelenjar getah bening di sekitarnya, namun belum menyerang organ di sekitarnya. Ukuran kanker bervariasi, bahkan bisa lebih dari 4 cm.
  • Stadium 3, Kanker sudah menyebar ke bagian bawah vagina, serta menekan saluran kemih dan menyebabkan hidronefrosis.Terdapat kemungkinan kanker sudah menyebar ke kelenjar getah bening di sekitarnya, namun belum menyerang organ di sekitarnya.
  • Stadium 4, Kanker telah menyebar ke organ lain, seperti kandung kemih, hati, paru-paru, usus, atau tulang.

Penelitian mengungkapkan bahwa angka harapan hidup pada penderita kanker serviks tergantung stadium yang dialami. Meskipun demikian, angka harapan hidup hanya hitungan persentase penderita yang masih hidup, lima tahun setelah didiagnosis menderita kanker serviks.

Oleh sebab itulah sebelum terlambat sebaiknya kita memeriksakan kesehatan rahim kita. Deteksi kanker serviks harus dilakukan sedini mungkin untuk memperbesar peluang sembuh. Selama ini, tingkat kematian akibat kanker serviks cukup tinggi karena banyak wanita baru menyadari dirinya terkena kanker serviks saat sudah memasuki stadium lanjut, atau bahkan sudah menyebar. Padahal, jika terdeteksi sejak dini, kanker serviks masih bisa disembuhkan.

Tes untuk deteksi kanker serviks

Deteksi kanker serviks secara dini dapat dilakukan dengan menjalani dua jenis tes, yaitu:

1. Tes pap smear
Tes pap smear umumnya direkomendasikan untuk wanita yang telah berhubungan seksual.Tes pap smear adalah pemeriksaan yang bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pertumbuhan sel yang abnormal pada rahim. Pertumbuhan sel kanker pada leher rahim juga bersifat abnormal, sehingga dapat dideteksi oleh alat ini.

Pap smear dilakukan dengan cara mengumpulkan sel-sel yang ada di leher rahim dan kemudian sel-sel tersebut dites di laboratorium. Pap smear dapat menunjukkan perubahan sel atau tanda-tanda jika di tubuh Anda sudah atau akan mengembangkan sel kanker di leher rahim. Sehingga, semakin awal Anda melakukan pap smear, semakin bisa Anda mencegah sel kanker berkembang lebih parah.

2. Tes DNA HPV
Tes ini melibatkan pengujian sel yang dikumpulkan dari serviks untuk infeksi dengan jenis HPV mana yang paling mungkin menyebabkan kanker serviks. Tes ini dapat dilakukan secara bersamaan dengan tes pap smear. Dokter dapat merujuk Anda pada ginekolog, yaitu ahli kesehatan sistem reproduksi wanita, jika hasil tes menunjukkan kelainan, atau jika dokter melihat adanya pertumbuhan dalam serviks atau jika Anda memiliki perdarahan abnormal.

Pengobatan terhadap kanker serviks meliputi bedah, kemoterapi, radioterapi, atau kombinasi ketiganya. Metode yang dipilih tergantung kepada beberapa faktor, yaitu stadium kanker, jenis kanker, serta kondisi kesehatan pasien. Sejumlah pengobatan yang dapat dilakukan pada kanker serviks.

Medical Check Up di Ramsay Sime Darby Park City Medical Centre


Nurul Hasyikin selaku Perwakilan Park City Medical Centre
Menjelaskan bahwa Park City Medical Centre, sebelumnya bernama Sime Darby Medical Centre ParkCity, terletak di Desa ParkCity, Kuala Lumpur, Malaysia. Rumah sakit yang merupakan salah satu pelayanan medis di Malaysia yang menggunakan fasilitas modern, prosedur diagnostik lengkap, tenaga medis professional dengan beragam spesialis, serta didukung oleh pelayanan dan fasilitas kesehatan, seperti pusat pemindaian dan diagnostik, klinik spesialis rawat jalan dengan taman rehabilitasi, 9 ruangan pusat cuci darah, dan kateterisasi jantung & angiografi (cath lab).

Rumah sakit ini dirancang untuk menyediakan perawatan medis dan bedah dengan standar internasional, serta memberikan pengalaman menyenangkan bagi pasien dengan pelayanan dari tim dokter dan staf yang handal, penggunaan teknologi canggih, serta peralatan medis modern.

Pusatnya ParkCity Medical Centre diatur oleh Ramsay Sime Darby Health Care, yaitu salah satu rumah sakit terpercaya di Malaysia. Rumah sakit ini bertujuan memberikan pelayanan regional yang fokus pada perawatan wanita dan anak-anak, serta orang tua. Selain melayani prosedur diagnostik modern dan perawatan pasien, Ramsay Sime Darby Health Care juga mempertahankan keunggulannya dalam perawatan dan pelayanan persalinan.

Nah...siapa yang ingin berencana memeriksakan penyakit atau mendeteksi kanker serviks sejak dini, Rumah sakit Sime Darby Medical Centre ParkCity, Kuala lumpur ini bisa menjadi rekomendasi Rumah Sakit yang nyaman, kamarnya didesain seindah mungkin agar para pasien merasa nyaman dan tenang, tidak memikirkan penyakitnya.

Berbagai fasilitas Rumah Sakit Sime Darby Medical Centre ParkCity, Kuala lumpur ini sangat memanjakan pasiennya yang akan berobat ataupun pulang berobat. 

Yuk deteksi sedini mungkin sebelum terlambat !

Komentar

Postingan Populer