Ngabuburit Dan Bukber Bersama Saudagar Muda Di Halal Park Senayan


Bulan puasa bukan untuk bermalas-malasan. Tetapi harus semangat dan mengisi dengan hal-hal yang bermanfaat, seperti yang dilakukan oleh para  pelajar dan mahasiswa di Halal Park Senayan. Hari ke 10 puasa, tepatnya hari Selasa tanggal 14 Mei 2019 jam 15.00 saya mengikuti acara Ramadan Halal Park BNI. Sekaligus Buka Puasa Bersama Saudagar Muda dan Blogger di Halal Park Kawasan GBK Senayan.

Acara ini di selenggarakan oleh BNI untuk menyemarakkan Ramadan di Halal Park, Senayan. Acara ini di hadiri oleh 3 Narasumber dan juga para pelajar dan mahasiswa. Melalui program rumah kreatif bertema Aku Saudagar Muda, diharapkan para pelajar dan mahasiswa akan mendapatkan inspirasi dan edukasi bagaimana menjalankan usaha dengan baik dan sukses. Kegiatan ini juga bertujuan untuk mempererat jalinan silahturahmi antar siswa peserta program "Aku Saudagar Muda BNI" di Jabodetabek dengan tema Berbisnis Out The Box di era digital.

Berbisnis Out The Box di era digital

Saudagar Muda BNI merupakan salah satu program unggulan RKB BNI yang bertujuan mengajak remaja untuk mengenal dan memahami dunia wirausaha sejak dini, khususnya dibidang digital entrepreneurship. Program RKB BNI ini menjadi sarana belajar dan praktek secara langsung bagi pelajar SMA/SMK dan UMKM binaan Rumah Kreatif BUMN yang dikelola oleh BNI di beberapa kota di Indonesia.

Dalam acara Rumah Kreatif ini, para narasumber memberikan penjelasan dan edukasi dalam menjalankan bisnisnya dengan benar. Akbar Al Kautsar atau biasa disapa Aldo yaitu Owner dari @moo_nyusu yang telah memiliki cabang dimana-mana memberikan pengalamannya bagaimana usahanya bisa sampai pada titik saat ini.  Yang perlu di ingat untuk menjadi sukses harus memiliki mental yang sukses juga. Jika ingin sukses harus spesifik, jadi jika sudah sukses jelas tujuannya.

Membangun bisnis bukan suatu yang mudah. Seperti kisah dari Mas Aldo yang menjalani bisnis Moo Nyusu dengan penuh kegagalan. Dan akhirnya menuju kesuksesan sampai sekarang. Penuh perjuangan, kerja keras dan kegigihan menurutnya orang sukses harus mempunyai mental gagal, merasakan bagaimana gagal itu, baru nantinya akan sukses. Mental sukses itu harus ditanamkan dari sekarang. Intinya menjadi orang sukses harus siap akan kegagalan, harus tetap percaya diri dan selalu kreatif. Jika sudah memiliki mental di atas insyaallah kesuksesan akan bisa diraih.

Tips Sukses dari Owner Moo Nyusu, yaitu SMART, yang memiliki arti :
S : Spesifik
M: Measurable (terukur)
A : Achievable (bisa didapatkan)
R : Realistic
T : Time bone (jangka waktu)

Jiwa entepreneur adalah orang yang memiliki jiwa yang maju. Bisnis online dengan Smartphone merupakan salah satu cara berbisnis out of the box di era global.

Pembicara kedua adalah mba Selly Hadiyati yang sharing tentang endorsement. Endorsement sendiri memiliki keuntungan yaitu irit budget marketing. Tapi tetap perlu dihitung hitung budgetnya juga ya...

Apa sih sebenarnya endorsement ?

Endorsement sebenarnya adalah mendukung dan suppot. Jadi tujuan endorsement adalah mendukung.
Endorsment fashion harus menarik perhatian pembeli. Sebagai contoh endorsement harus menampilkan gaya yang bagus, pose keren, penampilan dan wajah yang menarik, agar mendapatkan perhatian dari masyarakat yang melihat. Hal ini bertujuan agar masyarakat kenal sama produk kita dan mau membeli produknya. Endorsement sangat penting dalam berbisnis, karena konsumen biasanya akan mencari rekomendasi melalui endorsement melalui media sosial.

Saat ini jaman sudah berubah. Semua serba digital, oleh sebab itulah iklan ataupun berjualan pun dilakukan secara online. Endorsment harus menampilkan gambar yang bagus dan juga caption yang keren, yang akan mempengaruhi pembeli.

Endorsment termasuk dalam konsep AIDA yaitu :

  • Attention : Attention atau menarik perhatian, adalah salah satu konsep untuk mendapatkan pelanggan sehingga mereka tertarik untuk membeli produk yang kita jual. 
  • Interest dapat dilakukan dengan caption menarik. Hal ini diharapkan orang yang melihat memiliki ketertarikan pada produk yang kita endors.
  • Desire juga dengan caption. Desire bertujuan untuk menggoda orang dengan produk yang di iklankan. Jika sudah tergoda maka rasa penasaran masyarakat akan sebuah produk semakin tinggi.
  • Dan akhirnya Action. Dengan ketiga jika dijalankan dengan benar maka akan menimbulkan Action konsumen untuk membeli produk yang di endors. 

AIDA tujuannya adalah menarik perhatian orang akan produk yg ditampilkan. Yang mempengaruhi endorsment saat ini dilakukan dalam media sosial. Contohnya seperti Endorsement fashion, tentu akan menarik jika di iklankan di Instagram. Dengan berbagai gaya menarik yang ditampilkan oleh modelnya.
Nah...dengan menerapkan konsep AIDA dengan benar, maka produk yang akan di jual akan laku di pasaran.

Halal Park Senayan

Saat ini di Gelora Bung Karno (GBK) Senayan sedang berlangsung Ramadan Halal Park yang diselenggarakan oleh Kementerian BUMN. Halal Park ini terletak di Pintu Satu Senayan, Area Gelora Bung Karno, Jakarta. Halal Park dapat menjadi destinasi wisata halal sekaligus sentra aktivitas masyarakat untuk memenuhi kebutuhan rekreasi sampai ekonomi kerakyatan.
Bagi yang sedang berada di sekitaran Senayan dan ingin mampir ke Halal Park, pasti akan terkejut. Karena Halal Park ini  berada di lahan seluas 21 ribu meter persegi. Di sana juga terdapat taman dengan banyak bangku untuk bersantai, tempat bermain anak, dan berbagai stan yang menawarkan aneka kebutuhan, mulai dari makanan, minuman, sampai busana.
Halal Park menggabungkan rancangan aktivitas yang mengacu dalam nilai-nilai Nusantara. Adaptasi nilai-nilai Islam yang digabungkan dengan budaya Nusantara, pembangunan Halal Park ditargetkan selesai pada 2010.

Halal Park didasari karena  bertumbuhnya populasi generasi milenial berhijab, kebutuhan mereka pun semakin beragam. Kini semakin banyak produk yang berorientasi pada sertifikasi halal dan industri halal.
Tidak hanya memamerkan hasil kreasi pelaku industri halal di Indonesia, Halal Park juga menghadirkan kelas-kelas kreatif guna mengedukasi generasi muda. Selama bulan Ramadhan, Halal Park disemarakkan dengan Halal Park Festival Kuliner Ramadhan. Festival kuliner ini ramai diikuti oleh puluhan UMKM binaan BUMN. Festival ini dibuka secara resmi oleh Menteri BUMN Rini Soemarno.
Festival Kuliner menambah lokasi kuliner yang bisa dikunjungi saat menjelang berbuka puasa. Beragam sajian khas tradisional dapat dinikmati selama tanggal 11-29 Mei 2019, menjelang berbuka puasa. Tempat nya luas, strategis, dan sangat Instagramers. Cocok untuk para Millennials yang senang berselfi.

Halal Park juga menyediakan  coworking space gratis hanya dengan menulis buku tamu yang tersedia  disana. Coworking ini menyediakan fasilitas WiFi, print dan juga ngeteh loh...
Jam operasionalnya selama puasa mulai pukul 14.00 - 21.00 WIB. Sedangkan Untuk hari biasa jam operasional pukul 08.00 - 17.00 WIB.

Yuk...yang ada diseputaran Senayan dan membutuhkan tempat Coworking Space, bisa loh ke Halal Park Senayan.
























Komentar

Postingan Populer