Membuat Akar Kelapa Menggunakan Mixer Cosmos CM 1579


Lebaran sudah semakin dekat, dan para ibu pun sudah disibukkan dengan berbagai kegiatan membuat kue lebaran. Pun termasuk saya yang sibuk membuat kue cemilan kesukaan anak saya. Iya...lebaran kurang lengkap kalau tidak ada kue akar kelapa ditoples. Ibarat kata bagai sayur tanpa garam.

Pasti teman-teman banyak yang bertanya, tapi kenapa harus akar kelapa nih...Karena anak-anak suka sekali dengan akar kelapa dibanding kue kering lainnya. Makanya kehadiran akar kelapa di hari lebaran sangat dinantikan.

Kebetulan banget nih Minggu lalu saya mendapatkan kejutan manis semanis akar kelapa yaitu Mixer Cosmos CM 1579.
Pas banget kan mumpung masih hangat dan fresh apa salahnya Mixer Cosmos CM 1579 baru ini kita uji coba kecanggihannya. Tanpa basa basi lagi saya langsung cuuuss menyiapkan bahan-bahan untuk membuat kue akar kelapa yang renyah dan enak.

Eits tapi ijinkan saya bercerita sedikit dulu kenapa sih keluarga saya sangat menyukai kue akar kelapa ini. Membuat akar kelapa ini sudah rutin saya lakukan dari semenjak saya menikah dan memiliki anak. Karena meneruskan tradisi orang tua yang selalu ada kue ini di hari lebaran.






Kue kering akar kelapa ini adalah kue khas orang Betawi. Memang saya bukan orang Betawi asli, tetapi semenjak orang tua saya merantau ke Jakarta dan menetap di lingkungan sekitar orang Betawi makanya kami sekeluarga jadi ikut-ikutan tradisi mereka. Menurut orang tua saya, awal mulanya diberi hantaran oleh tetangga ketika lebaran. Lama kelamaan kami sekeluarga menyukainya dan akhirnya orang tua saya ikut membuat kue akar kelapa sendiri dirumah. Dan menurun ke anak-anaknya sampai sekarang.

Anak saya kalau makan kue akar kelapa ini tidak mau berhenti. Apalagi kalau sambil menonton televisi ataupun mendengarkan musik. Dulu saya sempat kesulitan untuk mengocok adonan utamanya yaitu telur dan gula. Saya hanya memakai alat pengaduk dengan bantuan tangan yang tenaganya harus extra dan extra. Pegel bangeeeett rasanya kalau abis mengocok bahan dasarnya. Tetapi untunglah saya sekarang memiliki Mixer Cosmos ini, semua jadi mudah dan praktis.

Biar ga penasaran saya share dulu ya resep dan cara membuat kue akar kelapa ini, biar teman-teman yang dirumah bisa ikutan membuat akar kelapa home made yang renyah dan enak.

Kue Akar Kelapa

Bahan bahannya : 
  • 1 kg Tepung ketan 
  • 250 gram Gula pasir 
  • 300 mili liter Santan 
  • 4 butir telur
  • 200 gram margarin 
  • 1/2 sendok teh garam
  • Vanili 1 sendok teh


Cara membuatnya :
  1. Langkah awal kocok telur menghunakan Mixer Cosmos, lalu tambahkan gula pasir, dan vanili.
  2. Masukkan tepung ketan, lalu aduk rata
  3. Tambahkan margarin dan santan sedikit demi sedikit. 
  4. Uleni adonan sampai kalis.
  5. Masukkan adonan ke dalam cetakan kue akar kelapa, lalu seprotkan adonan di atas minyak goreng yang telah dipanaskan sebelumnya.
  6. Goreng dengan menggunakan api kecil saja sampai kue akar kelapa kuning keemasan. 
  7. Lakukan sampai semua adonan habis, angkat, tiriskan.
  8. Setelah dingin masukkan ke dalam toples agar tetap renyah dan garing.


Nah...mudahkan, Ayuk ibu-ibu silahkan dicoba, murah, sehat dan yang pasti higienis.

Untuk mengocok gula dan telur ini saya menggunakan Mixer Cosmos CM 1579. Biasanya kalau mengocok menggunakan alat kocokan secara manual saya membutuhkan waktu selama 1 jam. Tetapi dengan Mixer Cosmos CM 1579 hanya membutuhkan waktu 15 menit, lebih cepat dan tidak menghabiskan tenaga. Hasilnya sangat luar biasa, kue menjadi mengembang, renyah dan enak banget.

Mixer Cosmos CM 1579

  • Mixer Cosmos CM 1579 memiliki teknologi berkualitas, kelebihan dari Mixer Cosmos ini adalah satu-satunya pertama di Indonesia yang dilengkapi container dengan bahan tidak mudah pecah yang dapat digunakan untuk menyimpan alat pengaduk dan pengocok agar lebih rapih serta higienis.
  • Mixer Cosmos CM 1579 memiliki 5 level kecepatan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Selain itu terdapat juga Turbo Knob (Tombol Turbo) yang mudah dijangkau dengan kecepatan mencapai 1350 RPM sehingga proses menghaluskan lebih maksimal dan efisien.
  • Mixer Cosmos ini juga sangat aman digunakan karena memiliki Thermostat Overheat Protection yaitu pelindung motor mixer agar lebih awet.
Juga terdapat Push Button Tiltling yaitu tombol yang mempermudah untuk melepas beaters atau hooks (pengaduk atau pengocok) agar mudah saat dibersihkan. Design nya juga modern, menjadikan tampilan dapur semakin elegan dan kekinian.

Kelebihan Mixer Cosmos
  1. Turbo Knob yang mudah dijangkau mencapai 1350 RPM sehingga proses menghaluskan lebih maksimal dan efisien.
  2. Thermostat Overheat Protection pelindung motor mixer yang akan memutus aliran listrik untuk mencegah motor terbakar pada saat suhu motor mencapai ambang batas panas yang ditentukan (agar motor lebih awet).
  3. Unbreakable Container Dilengkapi tempat penyimpanan untuk beater dan dough hook.
  4. Complete with 2 Beaters, 2 Dough Hooks, and Mixer Bowl (for Stand Mixer) Dilengkapi dengan aksesoris yang lengkap berupa 2 beaters (pengaduk), 2 dough hooks (pengocok)
  5. 5 Variable Speed Level mengatur kecepatan pengaduk sesuai dengan kebutuhan.
  6. Push Button Tilting For Removing The Beaters From Mixture Easily mempermudah untuk melepas beaters atau hooks (pengaduk atau pengocok) agar mudah dibersihkan.

Nah...gimana, naksirkan sama Mixer Cosmos ini. Sebelum THR abis segera deh beli produk Cosmos yang bisa didapatkan di toko elektronik, supermarket, dan juga secara online di marketplace seperti Lazada, Tokopedia, Bukalapak, Shopee
Atau ingin lebih jelas lagi mengetahui info lengkap produk Cosmos lainnya bisa mengunjungi website Cosmos di www.cosmos.id
Selain produk juga banyak resep & tips yang bermanfaat lho!





Komentar

Postingan Populer