BUMN Goes to Campus Dan Berbagi Bantuan Di Pesantren Karawang



Kamis pagi sebelum shubuh saya sudah berangkat dari rumah menuju stasiun. Supaya sampai di titik kumpul saya tidak terlambat dari jam yang sudah ditetapkan panitia. Untunglah pagi itu hari keberuntungan saya. Menuju stasiun dengan lancar, kereta datang tepat waktu dan perjalanan lancar tanpa ada hambatan, sehingga saya sampai di PT. Pupuk Indonesia di Kemanggisan Jakarta Barat ontime.

Kamis pagi tanggal 21 Maret 2019 saya bersama beberapa teman-teman Blogger akan berkunjung ke kota Karawang untuk menghadiri rangkaian acara HUT BUMN ke 21 di Universitas Singaperbangsa Karawang (UNSIKA). Perjalanan menuju Karawang lumayan macet di tol nya, tetapi akhirnya rombongan kami sampai juga di Karawang. Setibanya disana acara sudah dimulai.

Kegiatan Goes to Campus ini merupakan bagian dari rangkaian perayaan ulang tahun Kementerian BUMN ke-21 yang akan jatuh pada 13 April 2019 mendatang. Acara ini dihadiri oleh Bp. Wahyu Kuncoro selaku DEPUTI Bidang Usaha Industri Agro dan Farmasi Kementerian dan Bp. Aas Asikin Idat selaku Direktur Utama Pupuk Indonesia.

BUMN GOES TO CAMPUS

Acara BUMN Goes to Campus ini bertempat di Universitas Singaperbangsa Karawang (UNSIKA). Sebanyak 2500 mahasiswa menghadiri acara BUMN Goes to Campus. Dalam kegiatan ini bertujuan agar para generasi milenial bisa lebih mengenal perusahaan-perusahaan negara dan mengetahui peran yang telah dikerjakan selama ini.

BP. Wahyu Kuncoro selaku DEPUTI Bidang Usaha Industri Agro dan Farmasi BUMN mengajak para mahasiswa untuk dapat mengembangkan diri mengikuti perkembangan zaman guna memenuhi kebutuhan industri di masa mendatang. Kebutuhan SDM yang berkualitas akan semakin meningkat dari tahun ke tahun, jadi pengembangan diri sangatlah penting untuk bisa bersaing. Itu tidak hanya memberikan manfaat kepada diri sendiri tetapi juga bagi pembangunan daerah.

Dalam kegiatan berbagi inspirasi di Kampus Universitas Singaperbangsa Karawang (UNSIKA), Dalam Sesi Sharing Bp. Aas Asikin Idat selaku Direktur Utama Pupuk Indonesia, memaparkan kiprah BUMN dalam membangun negeri. Bp. Aas Asikin Idat menyatakan kebanggannya karena dapat berbagi kepada generasi pemimpin bangsa masa depan. Keluarga BUMN yang berjumlah 143 Perusahaan hadir sebagai agen pembangun ekonomi Negara dan memberikan manfaat untuk hidup masyarakat. Seperti halnya Pupuk Indonesia yang menjalankan tugas dan fungsi tersebut melalui upaya untuk menyalurkan pupuk bersubsidi kepada petani yang berhak.

Menurut prognosis Kementerian BUMN, pada 2018 lalu, laba bersih yang dikantongi seluruh perseroan, termasuk kontribusi Pupuk Indonesia, mencapai Rp188 triliun. Pencapaian itu tumbuh tipis 1,07% dari Rp186 triliun pada 2017.

Dalam acara BUMN Goes to Campus juga diberikan sertifikat kepada perwakilan mahasiswa peserta Program Magang Bersertifikat (PPMB) dan Kelas Terampil. PPMB sendiri merupakan program inisiasi BUMN yang berjalan salah satunya oleh Mahasiswa Universitas Singaperbangsa yang diikuti oleh 110 mahasiswa. Program ini bertujuan meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk meningkatkan kompetensi yang dibutuhkan oleh mahasiswa di dunia kerja nantinya.

Program itu dimulai pada Februari 2019 untuk Batch 1 dan berakhir pada Desember 2019 untuk Batch 2. Sejalan dengan PPMB, Kelas Terampil juga dilaksanakan selama periode Bulan Februari 2019 berupa Kelas Brevet Pajak A dan B, Training Public Speaking, E-entrepreneur yang diikuti lebih dari 280 mahasiswa Universitas Singaperbangsa Karawang (UNSIKA).
Selain itu juga BUMN menyerahkan bantuan Kantin Mahasiswa dan Beasiswa bagi mahasiswa berprestasi. Pembangunan ini untuk menunjang kebutuhan mahasiswa dalam memiliki dan menikmati kantin yang nyaman.

BUMN BERBAGI

Setelah rangakaian acara BUMN Goes to Campus di Universitas Singaperbangsa Karawang (UNSIKA) selesai, saya beserta rombongan menuju tempat acara kedua yaitu ke Pesantren Nihayatul Amal Rawamerta Karawang. Sesampainya disana saya terharu begitu melihat santri dan santriwati sudah berbaris rapi disepanjang jalan menuju pesantren mereka. Dengan antusias para santri dan santriwati menunggu untuk menyambut kedatangan Menteri BUMN Ibu Rini Soemarno. Beberapa saat kemudian rombongan Kementerian BUMN tiba di Pesantren Nihayatul Amal Rawamerta Karawang. Para santri dan santriwati menyambut dengan musik rabbana dan lantunan shalawat. Ibu Rini M Soemarno dengan ramah memberikan senyuman hangat kepada para santri dan santriwati yang menyambut disepanjang jalan menuju pesantren mereka.

Melalui rangkaian kegiatan HUT BUMN ke 21 ini diantaranya meliputi BUMN berbagi di pesantren Nihayatul Amal Rawamerta Karawang. Pemberian BUMN berbagi ini di hadiri langsung oleh Menteri BUMN, Rini M Soemarno dan Direktur Utama Pupuk Indonesia, Aas Asikin Idat yang pada kesempatan tersebut langsung berinteraksi dengan para santri.


Ibu Rini M Soemarno selaku Memteri BUMN menjelaskan bahwa BUMN ingin berbagi karena tugas BUMN bukan saja untuk mencari keuntungan tapi juga untuk dapat langsung berbagi kepada masyarakat. Oleh sebab itulah BUMN memberikan bantuan berupa 6 Ruang Kelas, Asrama Santriwati dan bantuan fasilitas belajar Pesantren Nihayatul Amal yang berlokasi di Rawamerta Karawang.

Sebagai simbolisasi pemberian dana bantuan di Pesantren Nihayatul Amal Rawamerta Karawang, Ibu Rini M Soemarno didampingi Bapak Aas Asikin Idat memasang batu bata di bangunan yang akan dibangun Asrama Santriwati ini. Semoga pembangunan Asrama dapat berjalan lancar dan sesuai target. Setelah selesai dengan pemasangan batu bata secara simbolis acara BUMN berbagi di Pesantren Nihayatul Amal Rawamerta Karawang pun selesai.





































Komentar

  1. Selamat siang trader Indonesia
    Kami broker dengan lengkap berbagai asset Forex dan Cryptocurrency
    DetikTrade Aman dan Terpercaya
    Penarikan Tercepat di dukung oleh bank-bank yang terpercaya

    Kelebihan bertransaksi di DetikTrade
    1. Teregulasi di FCA
    2. DetikTrade memberikan Bonus Deposit awal 10%** T&C Applied
    3. Waktu ekspirasi 30 detik
    4. Perusahaan berdiri sejak 2017 telah mengalami perubahan platform lengkap dengan fitur2 analis dan teknikal trading
    5. Deposit & Penarikan menggunakan BANK LOKAL BCA, BNI, BRI dan Mandiri
    6. Anda juga dapat uang tambahan dari Bonus Referral 1% dari hasil profit tanpa turnover
    - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
    Segera bergabung dan rasakan pengalaman trading yang light, kunjungi website kami DetikTrade

    Jika membutuhkan bantuan hubungi kami melalui :
    WA : 087752543745

    BalasHapus

Posting Komentar

Terimakasih atas kunjungan anda ke blog saya.
Saya sangat senang jika anda meninggalkan pesan pada postingan ini.
Terimakasih

Postingan Populer