SMK ORA et LABORA Mencetak Lulusan Yang Handal Dalam Keahlian Pembangkit Tenaga Listrik


kamis tanggal 18 Oktober 2018 saya berkesempatan menghadiri peresmian gedung Sekolah Menengah Kejuruan Ora et Labora yang berlokasi di Agggrek Loka Sektor II.I BSD, Tangerang Selatan. SMK Ora et Labora ini berfokus pada jurusan Keahlian Teknik Pembangkit Tenaga Listrik. SMK Ora et Labora saat ini telah memasuki angkatan ke dua. Sektor ketenagalistrikan memiliki peranan yang sangat strategis dalam mewujudkan tujuan pembangunan nasional. Tenaga listrik merupakan kebutuhan fundamental dalam kehidupan manusia yang semakin meningkat dari waktu ke waktu.

Ketua Yayasan Ora et Labora, Bp. Sandi Rahaju menjelaskan Yayasan Ora et Labora sebelumnya telah beroperasi untuk sekolah TK, SD, SMP dan SMA. Kemudian untuk memenuhi kebutuhan pemerintah akan program kebutuhan listrik 35000 mega watt, maka Yayasan Ora et Labora mendirikan Sekolah Menengah Kejuruan ketenagalistrikan. Saat operasional nanti pemerintah membutuhkan para pekerja yang ahli dibidang kelistrikan tersebut. Oleh sebab itulah Yayasan Ora et Labora merasa perlu menciptakan SMK Ora et Labora untuk melahirkan tenaga kelistrikan yang handal. Memiliki kemampuan dan keahlian teknik pembangkit tenaga listrik sehingga diharapkan generasi muda terampil ini dapat berkarya dan memberikan solusi terhadap permasalahan di sektor ketenagalistrikan.

SMK Ora et Labora adalah satu-satunya SMK Kejuruan yang menyediakan jurusan pembangkit tenaga listrik, sekaligus yang pertama di Indonesia. Berbeda dengan Sekolah kejuruan listrik lainnya, karena SMK Ora et Labora didukung oleh pengajar yang profesional, dan mampu menciptakan man power handal untuk mendukung kebutuhan industri di masa yang akan datang. Selain itu SMK Ora et Labora ini masa pendidikannya selama 4 tahun. Secara berkesinambungan berkolaborasi dengan industri, memiliki komite eksekutif yang mengawal kurikulum pendidikan dan memastikan siswa dapat langsung terjun ke dunia industri. 

Para pengajar SMK Ora et Labora ini adalah pengajar yang memiliki unggulan dan berkualitas. Kepala sekolah SMK Ora et Labora ini adalah pendidikan S3 di Jepang, bekerjasama dengan Swiss German University (SGU) menghadirkan pengajar yang kompeten dan kredibel dibidangnya, serta menggandeng Central Industrial Technology Enterprise (CITE), sebuah lembaga berbasis indutri dan berorientasi sosial yang teruji di dunia.

PT Saratoga Investama Sedaya Tbk dan Adaro adalah sponsor utama dari SMK Ora et Labora. Dan beberapa perusahaan lain yang berada di grup Saratoga seperti MPM finance Tower Bersama dan Paiton Energy. President Direktur Saratoga Michael W.P. Soeryadjaya menjelaskan sebagai perusahaan investasi aktif, Saratoga sangat mendukung upaya pemerintah dalam meningkatkan pembangunan nasional melalui peningkatan sektor ketenagalistrikan terutama mencetak generasi berkualitas yang kompeten, terampil, serta memiliki keahlian khusus yang mampu menjawab kebutuhan industri.

PT Saratoga juga mengirim eksekutif untuk mengurus langsung SMK Ora et Labora dan secara aktif memberi masukan terhadap kurikulum berdasarkan kebutuhan industri melalui Komite Eksekutif SMK ORA et LABORA yang anggotanya dari para profesional termasuk Asosiasi Produsen Listrik Swasta Indonesia.

Komite Eksekutif SMK ORA et LABORA ini terdiri dari para praktisi di bidang pembangkit tenaga listrik telah dan akan terus terlibat langsung dalam pemantauan proses pembelajaran sesuai dengan kebutuhan industri.


Proses belajar mengajar di SMK Ora et Labora ini juga didukung dengan peralatan penunjang sebagai alat praktek yang mendekati keadaan asli di lapangan yang didatangkan langsung dari Jerman dan Amerika. Ini semua untuk membantu peserta didik memahami dan menguasai kondisi realitas yang terjadi di industri terutama sektor pembangkit tenaga listrik. Dengan keunggulan dari para tenaga pengajar hingga kurikulum yang dijalankan SMK Ora et Labora akan menjadi salah satu yang terbaik dan memberikan manfaat positif bagi masyarakat serta mempercepat pembangunan ekonomi bangsa Indonesia.

Inilah 5 Alasan Utama Mengapa SMK ORA et LABORA Berbeda

  1. Pendidikan Karakter Tersistem : Pendidikan karakter menjadi prioritas dalam membina peserta didik untuk menyiapkan mereka memasuki usia kerja atau pendidikan lanjut dimasa depan.
  2. Praktik 65% Teori 35% : Praktik menjadi bagian penting di kurikulum SMK Ora et Labora.  Peralatan berkualitas tinggi dari Amerika dan Jerman digunakan agar pembelajaran benar-benar seperti yang ada di industri.
  3. Kurukulum Berdasarkan Kebutuhan Terkini dari Industri : Komunikasi dengan industri di lakukan secara intensif kemudian akan direspon untuk dikembangkan menjadi materi pembelajaran di sekolah agar benar-benar menghasilkan lulusan yang dibutuhkan oleh industri.
  4. Kesempatan Kerja di Perusahaan Pembangkit Tenaga Listrik di Indonesia : Program listrik 35000 Megawatt yang dicanangkan oleh pemerintah akan menciptakan lapangan pekerjaan baru releven dengan lulusan SMK Ora et Labora sehingga memiliki peluang yang lebih besar.
  5. Ekstrakurikuler Kekinian : Siswa siswi SMK Ora et Labora dapat memilih ekstrakulikuler antara Marching Band, Futsal, Instalasi Listrik, dan Robotik. Aktifitas dirancang untuk memberikan nilai tambah bagi siswa siswinya.
Setelah lulus dari SMK Ora et Labora, pekerjaan apa yang dilakukan di Perusahaan Pembangkit Tenaga Listrik ?
Lulusan SMK berada ditingkat operator atau maintenance contohnya pada PLTU (Pembangkit Listrik Tenaga Uap), pekerjaannya meliputi pengoperasian Generator, Boiler, Turbine, Coal Plant, Sea Water Treatment dan Balance of Plant.

Kurikulum 3+1 SMK Ora et Labora setara di level beberapa pada IQF atau KKNI. Pemerintah Indonesia juga telah menerbitkan Indonesia Qualification Framework (IQF) atau disebut juga sebagai Kualifikasi Kerja Nasional Indonesia (KKNI) yang telah diakui oleh UNESCO, WORLOBANK, ILO, APEC, dan organisasi dunia lainnya. Dalam IQF, kurikulum 3+1 SMK Ora et Labora berada pada tingkat 3.

Pada kurikulum SMK tahun 2018 program keahlian Ketenagalistrikan memiliki tiga kompetensi keahlian yang serupa namun berbeda diantaranya :

  • Teknik Pembangkit Tenaga Listrik (3 tahun). Lingkup kerja pembangkit listrik dari tenaga Batubara, Gas Alam, Air, Matahari dan Diesel. Keahlian yang diperlukan meliputi perangkat pembangkit, proteksi, intrumentasi dan sistem kontrol.
  • Teknik Jaringan Tenaga Listrik (3 tahun). Distribusi listrik dari pembangkit yang bertegangan sekitar 20kV kemudian dinaikkan ke 500kV untuk ditransmisikan ke jarak jauh.
  • Teknik Instalasi Tenaga Listrik (3 tahun). Pemasangan instalasi listrik pada rumah-rumah, gedung atau pabrik untuk penerangan, mesin-mesin dan keperluan lainnya.

SMK ORA et LABORA  membuka siswa dari daerah mana saja dan juga agama apa saja untuk menjadi siswa dan menuntut ilmu di SMK Ora et Labora ini. Untuk siswa dari daerah luar tangerang diharapkan dapat membangun daerahnya atau desanya ketika mereka sudah lulus nantinya. Karena SMK ORA et LABORA ingin mndukung pemerintah akan kebutuhan industri pembangkit tenaga listrik. 





Komentar

  1. Mbaaa Tinaa, iyaa. Lulusan sini beneran pasti membantu pemerintah utk SDM di bidang listrik ya. Kereen. .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, keren banget ya mba...SMK Ora Et Labora ini

      Hapus
  2. Waktu SD aku pernah.lomba bareng SD ora et labora, ternyata sekolahnya sampe sekarang tambah maju, sampai ada SMKnya yaa. Hebat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba...maju banget, karena memang kualitas sekolahnya bagus

      Hapus
  3. SMK memang lebih pas buat pelajar yang ingin lulus sekolah dengan memiliki keahlian khusus. Dan SMK Ora et Labora ini pas banget bagi anak anak yang berprestasi maksimal :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener mba....jadi buat anak² yg memang punya ketertarikan tentang Pembangkit Tenaga Listrik bersekolah disini, pasti puas deh

      Hapus
  4. Makasih infonya mak. Jadi tahu juga perkembangan sekolah ini. Dulu zaman sekolah punya teman sekolah di sini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba...dulu baru ada sekolah umum saja, kalau sekarang kejuruannya sudah ada

      Hapus
  5. anak ketiga mak Tina mungkin akan bersekolah disini ya mak. Cakep sekolahnya dan banyak peralatan canggih, serta 4 tahun pula kan menempuh pendidikannya. Jadi makin terasah nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha....iya pengennya kalau ada anak ke 3 tapi sayang anakku cuma 2 dan tahun bsk yg bungsu jg udh lulus SMK

      Hapus
  6. Kebayang deh kalau sekolah di sini, pasti banyak yg cari buat direkrut, gak susah lagi cari kerja, lulusannya keren sih, fasilitasnya menunjang penuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah...bener banget mba...secara sponsor utama dr sekolah ini sangat terkenal

      Hapus
  7. Kalau lihat sekolah keren begini aku menyesal.... kenapa sih zaman aku sma dulu ngga ada sekolah bagus begini hehehehehee.....

    Mudah-mudahan makin banyak yang memperoleh manfaat dari sekolah ini yaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener mba....jangankan jaman mba memez, anakku lulus SMP kmrn pun blm ada ANAK ini, jd pengen mengulang

      Hapus
  8. Iya biasanya emang kalau SMK itu banyak prakteknya dibanding teori ya mak, jadi skill anak2 pun semakin terasah karena sering praktek. Dan kerennya disini ada pendidikan karakter juga ya mak, apalah arti ilmu kalau tanpa adab, mantap

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba.....andai dulu pas lulus sekolah SMP anakku sudah ada SMK ini, tapi sayang blm berjodoh

      Hapus
  9. mba tinah , artikelnya sangat bermanfaat. sukses selalu

    BalasHapus
  10. Aku sebagai lulusan SMK, dukung banget kalau semakin banyak SMK berdiri. Apalagi yang jurusannya masih terbilang jarang ini. Semoga SMK semakin banyak mencetak generasi penerus yang kerenn

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba bener, skrng ini SMK juga lebih banyak jurusan dan sesuai kebutuhan saat ini

      Hapus
  11. Makin banyak anggota masyarakat yang peduli sama pendidikan.makin bagus.
    SMK khusus makin lama makin dibutuhkan, sesuai dengan tuntutan industri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba....dan jurusan seperti ini yg banyak dibutuhkan saat ini

      Hapus
  12. Sebagai guru SMK aku bangga ada sekolah seperti ini dan satu-satunya pula di Indonesia. Zaman makin ke sini butuh tenaga yang handal apalagi lulusan kejuruan. Keren mak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba....jurusan semakin banyak dan mengikuti perkembangan yg ada

      Hapus
  13. Karena aku basicnya SMA jadi beneran ngga tau dalemnya SMK itu. Sekarang aku tau ternyata asyik juga ya sekolah di SMK. Banyak praktiknya untuk mempersiapkan siswa terjun ke dunia kerja. Semoga SMK Ora Et Labora bisa menjalankan visi dan misinya

    BalasHapus
  14. SMK bisa jd salah satu pilihan yg tepat utk melanjutkan pendidikan bagi anak2 yg memiliki keinginan utk mempunyai ketrampilan yg bs digunakan utk buka usaha. Unik nih SMK Ora Et Labora, sptnya msh jarang SMK yg fokus ke listrik

    BalasHapus
  15. Proyek 35 ribu megawatt ini pastinya butuh banget banyak tenaga ahli di bidang power plant ya mak?
    Masa depan anak2 SMK Ora et Labora ini kyknya dah terjamin banget, krn mereka dah jd ahlinya, spesialisnya...

    BalasHapus
  16. Bisa langsung kerja ini ya mba.. punya keterampilan khusus soalnya keren nih mengurangi pngangguram

    BalasHapus
  17. Semoga semakin banyak sekolah-sekolah kejuruan buar generasi kita semakin handal ya mak.

    BalasHapus
  18. Lapangan pekerjaannya terbuka lebar nih buat yg mau kerja di bidang pembangkit tenaga listrik ya

    BalasHapus
  19. Senangnya ya ada SMK Ora et Labora yang memberikan banyak kesempatan praktek ke para siswanya ya. Apalagi banyak peralatan canggih yang dihadirkan ya :)

    BalasHapus
  20. SMK OL keren banget mak. Sayang sih jauh dr rumah aku huhuhu

    BalasHapus
  21. Kereeeennn... Jadi nyesel dulu lanjut ke SMA, kenapa ga ke SMK aja gitu .. apalagi udah ada spesialisasi pembangkit listrik kayak ini... Mantab lah

    BalasHapus
  22. Salut sama Saratoga dan YPK OeL yang biki SMK ini.
    Moga kebutuhan pemerintah akan teknisi power plant bisa tercukupi semua dr alumni di sini ya :D

    BalasHapus
  23. Disiapkan untuk siap kerja ya lulusannya , masa sekolah 4 tahun , klo kejuruan yg bagus beneran cepat dapat kerja lulusannya

    BalasHapus
  24. Seruu banget sih launching sekolahnya, berasa lagi visit site dimanaa gitu yah Mba ^^

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer