Persalinan Gentle Birth Tersedia Di RS. Muhammadiyah Taman Puring



Kehidupan terbaik untuk masa depan si kecil harus kita perhatikan sejak si kecil berada dalam kandungan sang ibu. Ibu mempunyai kewajiban untuk memberikan yang terbaik kepada sang buah hati. Sejak dalam kandungan buah hati harus mendapatkan asupan makanan yang terbaik demi tumbuh kembang kedepannya kelak. Oleh sebab itulah RS. Muhammadiyah Taman Puring mengadakan seminar yang bertemakan "Yang Terbaik Untuk Yang Teristimewa". Acara ini bekerja sama dengan susu Prenagen.

Acara ini dihadiri oleh narasumber yang sangat luar biasa yaitu :

  1.  Dr. Dewi Rumiris, SpOG RS. Muhammadiyah Taman Puring.
  2. Dr. Arifianto, Sp.A Champion Imunisasi IDAI ( RSUD Pasar Rebo
  3. Sri Deviyanti, Bidan RS. Muhammadiyah Taman Puring.
  4. BpTaufik dan Bp. Fajar perwakilan dari Prenagen.

Acara dimulai dengan pemaparan dari Dr. Sri Deviyanti yang menjelaskan tentang proses melahirkan dengan Gentle Birth.
Untuk dapat melahirkan calon ibu harus ikhlas, sabar dan siap, agar persalinan berjalan lancar.

Kehamilan sudah selayaknya harus di syukuri oleh calon ibu, karena akan menjadi seorang Ibu untuk anaknya. Semua wanita akan merasa bahagia bila akan melahirkan, jadi tetaplah tenang dan jangan ada rasa kekhawatiran. Agar tidak berpengaruh pada janin yang dikandungnya.

Relaksasi juga sangat diperlukan agar sang ibu hamil tidak stress dan dapat mengelola pikiran yang positif. Buang jauh-jauh pikiran negatif yang ada dalam diri kita. Karena dengan membuang jauh-jauh energi negatif dan menjadi energi positif sangatlah dibutuhkan oleh calon ibu yang sedang mengandung buah hatinya.
Untuk melakukan persalinan agar lancar  selaraskan tubuh, hati dan pikiran.

Dengan semua itu diharapkan ibu akan mendapat kemudahan saat melahirkan.
Ramah jiwa juga harus didukung oleh berbagai pihak yaitu, sang ibu sendiri, pasangan ( suami ) dan juga lingkungan.

Tujuan dari gentle birth adalah mengolah tubuh, pikiran, emosi selama masa kehamilan agar calon ibu siap menghadapi persalinan secara fisik. Gentle birth merupakan metode melahirkan yang memudahkan orangtua untuk melahirkan dimana saja, tidak harus di rumah sakit.

Kehamilan merupakan kabar yang membahagiakan bagi semua pasangan. Namun, kehamilan juga tidak mudah untuk dijalani. Banyak hal-hal yang dapat terjadi saat kehamilan. Ini dikarenakan banyak terjadi perubahan dalam tubuh calon ibu, seperti perubahan hormon, perubahan kerja tubuh, dan perubahan pada bentuk tubuh ibu. Berbagai komplikasi kehamilan pun dapat terjadi, dan beberapa di antaranya bisa berakibat fatal.

Dr. Dewi Rumiris SpOG menjelaskan
Mikronutrien memiliki pengaruh penting terhadap kesehatan ibu dan janin. Defisiensi mikronutrien selama kehamilan dapat menimbulkan komplikasi seperti anemia dan hipertensi, serta mengganggu fungsi, perkembangan dan pertumbuhan janin.

Angka kematian di Indonesia untuk Ibu melahirkan dan anak masih sangat tinggi, ini menjadi kekhawatiran tersendiri buat kita semua.
Kekurangan mikronutrien hamil hasil dari kurangnya asupan makanan sehat, berserat dan infeksi juga bisa menjadi penyebabnya.

Oleh sebab itu ibu hamil memerlukan Vitamin yang cukup. Itulah sebabnya sebagian suplemen dan vitamin ibu hamil sangat diperlukan. Suplemen bagi ibu hamil mengandung banyak vitamin dan mineral, tapi beberapa kandungan terpenting yang paling diperlukan oleh ibu hamil dari suplemen kehamilan adalah asam folat, vitamin D, kalsium, dan zat besi.

Meski begitu, selalu ingat untuk terlebih dahulu menanyakan setiap suplemen yang akan diminum kepada dokter kandungan. Melalui pemeriksaan yang tepat, dokter akan mengetahui vitamin serta mineral apa yang paling dibutuhkan oleh tubuh dan janin.

Ingatlah bahwa suplemen vitamin ibu hamil merupakan pelengkap dan bukan pengganti makanan. Selain itu, jangan mengonsumsi vitamin dalam dosis yang terlalu tinggi atau melebihi anjuran, karena malah dapat berdampak buruk pada ibu dan bayi.

Pemaparan selanjutnya dari Dr. Arifianto Sp.A, Champion Imunisasi IDAI ( RSUD Pasar Rebo ).
Dr. Arifianto menjelaskan tentang Imunisasi dan Vaksin.

Apa itu Vaksin ?

Vaksin adalah bahan antigenik yang digunakan untuk menghasilkan kekebalan aktif terhadap suatu penyakit yang disebabkan oleh bakteri atau virus, sehingga dapat mencegah atau mengurangi pengaruh infeksi oleh organisme alami atau "liar".

Vaksin dapat berupa virus atau bakteri yang telah dilemahkan, sehingga tidak menimbulkan penyakit. Vaksin dapat juga berupa organisme mati atau hasil-hasil pemurniannya (protein, peptida, partikel serupa virus). Vaksin akan mempersiapkan sistem imun manusia atau hewan untuk bertahan terhadap serangan patogen tertentu, terutama bakteri, virus, atau toksin. Vaksin juga bisa membantu sistem imun untuk melawan sel-sel (kanker).
Vaksin sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Banyak penyakit yang bisa di cegah melalui pemberian vaksin.

Menurut Dr. Arifianto, sekarang ini telah terdapat berbagai macam vaksin untuk bermacam-macam penyakit, walaupun demikian vaksin belum ada untuk beberapa penyakit penting, seperti vaksin untuk malaria, HIV, atau demini.

Vaksin yang dilemahkan digunakan untuk melawan tuberkulosis, rabies, dan cacar. Agen yang telah mati digunakan untuk mengatasi kolera dan tifus. Toksoid digunakan untuk melawan difteri dan tetanus.
Sehingga kita mempunyai kekebalan dan tidak akan menjadi sakit.

Jadi...intinya ketika anak kita lahir dalam 12 jam pertama saat lahir, bayi harus diberikan vaksin Hepatitis.
Berikan juga vaksin-vaksin lainnya dengan rutin, agar anak terbebas dari berbagai jenis penyakit.
Vaksin sangat diperlukan oleh anak-anak dan juga orang dewasa. Agar kita semua tidak menderita penyakit berbahaya.

Dalam acara seminar ini juga perwakilan dari Prenagen memberikan penjelasan tentang pentingnya asupan susu untuk ibu hamil.
Bp. Taufik perwakilan dari Prenagen menjelaskan 1000 Hari Pertama Kehidupan sangat penting. 1000 hari pertama kehidupan rentang waktunya sangat terbatas, karena itu disebut periode kritis. Apabila ada nutrisi dan stimulasi yang tidak terpenuhi, akan menyebabkan kerusakan permanen dimasa mendatang dan tidak bisa diperbaiki.
Perkembangan Otak tercepat terjadi pada periode ini, bahkan mencapai 80% ukuran otak orang dewasa. Tabung saraf ( Neural Tube ) juga sudah selesai terbentuk di minggu ke - 4 kehamilan.
Apabila nutrisi dan stimulasi selama 1000 hari pertama kehidupan tidak terpenuhi, tumbuh kembang anak akan terganggu, yaitu :

  • Tinggi dan berat badan rendah.
  • Kognitif atau kecerdasan rendah.
  • Meningkatnya resiko penyakit tidak menular.


Oleh sebab itulah bayi memerlukan Nutrisi yang lengkap yaitu :

  • Asam Folat.
  • Kalsium Fosfor, Magnesium + Vit. D
  • Protein Zat besi.
  • DHA Kolin.


Ibu harus memperhatikan asupan nutrisi selama kehamilan karena perkembangan janin dan bayi bergantung sepenuhnya pada Status  Gizi ibu untuk tumbuh kembang  yang optimal.
Oleh sebab itulah ibu memerlukan Nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuhnya, yaitu :

  • Kalsium, Fosfor
  • Magnesium + Vit.D
  • Serat Pangan ( Inulin ).


Nah...untuk kehamilan terbaik, pilih asupan nutrisi yang komposisinya tepat dan sesuai dengan tahapan kehamilan. Prenagen dapat memenuhi semua asupan yang dibutuhkan oleh ibu dan bayi. Karena Prenagen mengandung Asam Folat, Mikroenkapsulasi Zat Besi, Vitamin B12, Kalsium, Vitamin dan Omega 3&6, Asam Folatnya untuk mencegah resiko tabung saraf otak.

RS. Muhammadiyah Taman Puring

RS. Muhammadiyah Taman Puring kini menyediakan persalinan Gentle Birth. Melahirkan dengan Gentle Birth kembali diminati. Gentle Birth dipercaya sebagai sebuah metode melahirkan yang nyaman bagi ibu dan minim akan trauma. Metode ini bukanlah metode terbaru, akan tetapi sudah ada beberapa tahun yang lalu, dan kembali menjadi pilihan para ibu hamil.

Gentle Birth merupakan seni untuk menjadikan proses kehamilan dan persalinan natural, karena fitrah dan alamiah.
Gentle Birth merupakan metode persalinan yang menggabungkan persiapan pikiran dan mental, sejak awal kehamilan hingga proses persalinan berlangsung dengan meminimalisasi intervensi dan trauma bagi ibu dan bayi.
Meningkatkan pengetahuan ibu dan keluarga selama kehamilan, untuk mempermudah proses adaptasi kehamilan dan memperlancar proses persalinan ( knowledge ia power ).

Gentle Birth memerlukan beberapa persiapan yang dimulai sejak masa kehamilan. Ibu diminta melakukan pengaturan asupan makanan yang benar selama hamil, rutin berolahraga, rajin latihan pernapasan maupun melakukan pijat yang nantinya untuk melancarkan peredaran persalinan. Selain persiapan yang bersifat fisik, mental ibu pun disiapkan dengan menanamkan pikiran positif tentang kehamilan dan persalinan.

Merupakan filosofi yang terbaik bagi ibu dan bayi sebagai media tumbuh kembang yang optimal untuk generasi yang dilahirkan.

Rangkaian kegiatan Gentle Birth ini adalah :
  • Antenatal Class
  • Senam Hamil
  • Klinik Laktasia
  • Painless Labour
  • Baby Spa.

Semua rangkaian program Gentle Birth ini sudah tersedia di RS. Muhammadiyah Taman Puring.

Untuk informasi lebih lanjut hubungi :

RS. Muhammadiyah Taman Puring
Alamat   : Jl. Gandaria 1/20 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.
Telp        : 021 - 720 8358, 725 0243 Ext. 122
Email      : info@rsmtp.co.id
Website : www.rsmpt.co.id


Rabu 08 November 2017
tinapurbo@gmail.com











Komentar

  1. Iya mbak, kebanyakan bumil suka mual kan jdnya malas makan dan ngerasa cukup minum vitamin, pdhl sebaiknya ya dua2nya dikonsumsi jd kandungannya sehat.
    Alhamdulillah ya jd tercerahkan soal vaksin TFS ulasannya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mba April, vitamin untuk ibu hamil sangat penting dan jangan lupa vaksin untuk anak dan dewasa jg sangat penting, terimakasih mba....sudah mampir

      Hapus
  2. klo baca pengalaman artis-artis, mereka puas melakukan gentle birth. bakal jadi booming neh metode melahirkan demgan gentle birth

    BalasHapus
  3. Menarik banget bisa mengikuti kegiatan ini dan tahu banyak tentang gentle birth ya mba. Skarang makin banyak ya program gentle birth yang memang jadi salah satu pilihan bagi ibu hamil :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer