Kamis, 24 November 2016

Membuat Dompet Kulit Kayu Dengan Mesin Jahit Brother

Posted by tina sindi on 18.49 with 4 comments

Hari ini saya mau belajar menjahit lagi dengan menggunakan mesin jahit super keren Brother. Mesin jahit yang super lengkap, mudah penggunaanya dan cocok untuk pemula.

Dan...kali ini saya ingin membuat Dompet dengan bahan kulit kayu.
Wah...bagaimana bisa ya kain kayu di jadiin dompet.
Nah....ini akan saya bahas tuntas disini, yuk disimak.

Kalau melihat dari hasil yang sudah jadi rasanya ga percaya saya bisa membuat dompet ini. Maklum lagi - lagi kan saya baru belajar. Dibolak balik dan dilihat dompetnya rasanya kok sulit banget ya...

Tapiii... Pas saya coba, wah...serasa ga percaya deh.
Nah....saya aja bisa apalagi kamu - kamu yang lebih mahir dan pintar. Makanya coba dulu ya sebelum menyerah.

Pertama membuat dompet ini saya diberikan selembar kain saten yang bercorak batik oleh sang pengajar yang sabar yaitu Mba Astri Damayanti selaku founder Kriya Indonesia. Kain ini berbentuk segi panjang. Dan setelah itu saya di kasih juga kain kulit kayu dua lembar persegi panjang.

Lantas apa bedanya dengan kain biasa ?
Kain biasa seperti yang kita sering pegang setiap hari, halus, lemas dan ringan.
Tapi kalau kain kayu ini agak kasar, kaku dan keras. Nah...bisa dibayangin dong gimana bisa dijahit kalau bahannya kaku, kasar dan keras.
Tapiii....dengan menggunakan mesin jahir Brother semua bisa di jahit dengan sempurna, tanpa kendala dan hambatan apapun.

Keren kan.. Mesin jahit ini. Saya aja naksir loh sama mesin jahit ini, tapi sampe sekarang belum kesampean, mudah - mudahan suatu saat saya bisa memilikinya.
Lah kok sy jadi curhat ya....

Yuk terusin lagi.
Setelah tiga bahan berbentuk persegi panjang saya pegang, kemudian ketiganya di susun dan disatukan menggunakan jarum pentul supaya letaknya pas dan ga miring. Letakkan bahan batik ditengah, setelah itu kiri kanan bahan kain batik di kombinasikan dengan kain kulit kayu.
Setelah diberi jarum pentul kemudian bahan yang tadi sudah dirapihkan di setrika terlebih dahulu, gunanya agar bahan kulit kayunya menempel pada kainnya.
Setelah itu disetrika, jangan lupa setrika juga bagian khusus dalam dompetnya. Apa saja sih bahan khusus dalam dompetnya. Ada bahan tipis dan keras. Di setrika juga supaya bahan tipisnya menempel.

Sudah...belum dong, masih banyak tahapan - tahapannya. Setelah semua disetrika dan rapih, semua bahan dijadikan satu. Dirapikan masing - masing pinggirnya, digunting supaya rapi. Kemudian di bordir semua pinggirnya dengan menggunakan mesin jahit Brother yang keren. Setelah di bordir semua sisinya, lalu di dilipat sesuau selera dompet. Jahit lipatan pinggir dompet nya. Lantas tekuk untuk penutup dompetnya. Beri kancing dompet untuk mengunci dompetnya. Kancingnya memakai kancing jepret magnet. Jadi dompet tertutup kencang dan ga mudah terbuka.

Dan.....taraaa....dompet sudah selesai dijahit dan siap dipakai. Nah...mudah kan ?
Mudah karena memakai mesin jahit super keren Brother.
Saya memakai mesin jahit Brother tipe GS 2500. Mesin jahit ini bisa menjahit bahan sekeras apapun. Keren banget kan?


Mesin jahit ini dilengkapi dengan bordir berbagai gaya. Kita tinggal pilih saja mana model yang kita suka. Dilengkapi dengan pemasang benang otomatis, pemotong benang otomatis dan masih banyak kelebihan lainnya. Mudah digunakan terutama untuk pemula seperti saya. Warnanya keren dan cantik.

Yuk...yang penasaran dan kepengen seperti saya, beli dan cobain deh mesin jahit Brother ini. Pasti kalian jadi semangat menjahit dan ga mau berhenti. Mesin jahit Brother satu mesin banyak fungsinya.

Jum'at 25 November 2016
tinapurbo@gmail.com
Categories:

4 komentar: