Sabtu, 30 Juli 2016

Tour Keliling Terminal 3 yang Luas, Megah dan Elegan

Posted by tina sindi on 07.54 with 2 comments



Sejak kecil hingga usia remaja saya dibesarkan di daerah lingkungan yang dekat sekali dengan Bandara.
Ya...saya lahir dan dibesarkan didaerah yang berdekatan dengan Bandara Halim Perdana Kusuma Jakarta-Timur. Ayah saya Purnawirawan TNI,  maka dari itu saya lahir dan dibesarkan dilingkungan ini, karena letak Bandara Halim P.K ini berdekatan dengan komplek TNI. Dimana saya lahir dan dibesarka disana.
Maka dari itulah ketika mendengar kata Bandara, saya langsung Histeris. Apalagi ketika mendapatkan kesempatan untuk bisa mengunjungi Bandara Soekarno Hatt, saya langsung bersemangat. Kerinduan saya akan segala keramaian dan kemegahan suatu Bandara menjadi alasan saya mengapa, saya begitu bersemangat.
Saya dan teman-teman Blogger lainnya mendapatkan kesempatan untuk berjalan-jalan dan melihat Terminal 3 yang baru dibangun ini, sekaligus acara halal bihalal. Sebelum berangkat ke Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta kami semua berkumpul di SCTV Tower Senayan, untuk selanjutkan berangkat bersama-sama dalam 1 Bus menuju Terminal 3 Bandara Soetta.
Kegembiraan saya bertambah karena Bus Rombongan yang membawa kami menuju Terminal 3 sudah melaju dengan cepat. Tak sabar rasanya ingin cepat-cepat sampai di Terminal 3 ini.
Dan…akhirnya Bus rombongan yang membawa kami sampai di tempat tujuan Terminal 3 dengan selamat. Yeayy…kebahagian saya bertambah dan decak kagum ketika saya mulai turun dari Bus.

Depan gedung Terminal 3 yang begitu megahnya ditambah desain kokoh dan indah bermodel zigzag ini membuat Terminal 3 ini begitu berbeda dan keren. Luas dan benar-benar besar sekali terminal 3 ini. Apalagi ketika saya memasuki ke dalam Terminal ini. Decak kagum saya melihat Terminal yang sangat megah, luas dan keren ini. Berkeliling didalam Terminal 3 tak kalah kerennya dengan lantai keramik yang begitu bersih, lincin dan mengkilat. Saking bagusnya saya sampai berjongkok memegang lantai ini dengan beberapa teman blogger lainnya. Bagi saya, keramik lantai ini memang sangat bagus dan super sekali.

Di Area checkin ini pun desainnya sangat bagus dan unik. Unsur Indonesia terasa sekali dengan ukir-ukiran kayu yang dipasang disisi kiri dan kanannya. Saat itu rombongan saya dipandu oleh pihak AP II yaitu mas Hairul untuk berkeliling dan menerangkan detail-detail dari Terminal 3 ini. Duh rasanya seperti tamu istimewa saja ya, disambut dengan ramah oleh pihak AP II dan diajak berkeliling  sambil memberikan informasi. Benar – benar pihak Terminal 3 ini begitu resfek kepada rombongan kami para blogger.
Memasuki ruangan Flight satu ini pun begitu luas. Flight satu akan dibagi menjadi 2 bagian, sebelah kiri flight Internasional dan sebelah kanan flight Domestik. Terminal 3 baru akan beroperasi di pertengahan Agustus 2016 dan pastinya tetap menunggu ijin dari dinas Menhub.
Di pertengahan Agustus 2016 Terminal 3 akan resmi beroperasi untuk pesawat khusus Garuda Airlines, dan penerbangannya baru beroperasi untuk domestic saja. Dan di pertengahan September 2016 Terminal 3 sudah bisa beroperasi Internasional dan Domestik untuk pesawat khusus Garuda Airline. Sedangkan untuk semua Flight Internasional baru akan beroperasi di bulan Maret 2017. Di Terminal 3 terdapat 6 Airland khusus untuk checkin. Airland ini ada di sisi kiri dan kanan Terminal 3.
Terminal 3 ini memiliki luas bangunan 422.000 meter persegi. Terminal 3 yang sangat luas ini mampu menampung kapasitas 25 juta penumpang pertahun.
Penumpang untuk penerbangan domestic maupun internasional dan juga seluruh maskapai penerbangan internasional. Terminal 3 ini nantinya akan memindahkan semua maskapai pengguna Terminal 2 saat ini. Karena itu Terminal 3 dibangun dengan desain yang sangat elegan dan sangat luas.
Terminal 3 ini menjadi Terminal Bandara yang megah dan super lengkap. Selain itu, Terminal 3 ini mengedepankan unsur kental dari budaya Indonesia. Lukisan – lukisan Indonesia terpajang di bagian sudut Terminal 3. Untuk restoran Terminal 3 ini tak hanya menyediakan makanan atau minuman berlabel luar saja. Contohnya saja untuk restoran yang menyediakan minuman copy, di Terminal 3 ini restoran copy local disediakan. Bukankah copy local kita juga tak kalah enaknya dgn copy merk merk luar. Disinilah uniknya yang membuat Terminal 3 ini menjadi Terminal yang menonjolkan kekayaan akan Negara Indonesia. Terminal yang akan membawa kesan tersendiri bagi wisatawan asing maupun domestic jatuh hati.

Untuk Mushola Terminal 3 menyediakan mushola yang sangat luas dilantai atas. Mushola ini mampu menampung 100 orang jamaah yang akan melakukan sholat.


Fasilitas lainnya seperti ruang tunggu juga didesain senyaman mungkin dengan suasana yang cukup tenang. Dan untuk yang membawa putra putri nya juga tidak usah kuatir, karena Terminal 3 sudah menyediakan arena playground yang aman dan nyaman buat anak-anak. Agar supaya anak-anak tidak bosan bila berada di Terminal 3. Fasilitas lainnya toilet, toilet ini sangat bersih, nyaman dan luas. Sepanjang dinding kamar mandi disediakan beberapa kaca yang bisa digunakan pengunjung untuk bercermin, dan dibawah tiap-tiap kaca dosediakan wastafel yang elegan. Bertambah lengkap lagi di toilet ini ada karyawan yang ramah menyapa setiap pengunjung toilet yang datang.

Terminal 3 benar-benar sungguh luas sekali. Terbukti ketika saya di ajak tour berkeliling ke tiap-tiap sudut, berkeliling dari lantai dasar hingga lantai atas kaki saya rasanya pegal sekali. Karena memang Terminal 3 ini benar-benar sangat luas, megah dan elegan. Tak kalah dengan Terminal yang ada di luar Negeri. Bangga nya saya sebagai warga Indonesia mempunyai Terminal sebagus, sekeren dan modern ini.
Untuk keamanan Terminal 3 ini memasang CCTV dibeberapa titik yang dapat menjangkau semua tamu yang masuk ke Terminal 3. Dan canggihnya CCTV ini bukan hanya berfungsi merekam wajah-wajah yang datang ke Terminal 3 saja, bahkan CCTV ini langsung bisa mengenali DPO ( Daftar Pencarian Orang ) jadi CCTV ini dpat mengenali orang-orang yang sedang masuk dalam pencarian orang, seperti buronon. Keren kan?

Untuk taman di Terminal ini pun di desain sangat unik dan keren. Taman yang tidak ada di Terminal lain. Taman penghijauan yang sangat sejuk dan adem ini membuat mata kita merasa segar memandangnya.
Acara tour keliling pun selesai. Puas sudah saya bersama teman-teman blogger lainnya melihat dan berkeliling lantai demi lantai,. Bagi saya tak ada cela dan kekurangan dari Terminal 3 ini. Dan berharap suatu saat saya akan naik pesawat di Terminal 3 ini, Amin.
Setelah berkeliling acara dilanjutkan dengan acara makan dan halal bihalal yang di hadiri oleh Bp. Budi, Bp. Renald kasali dan jg artis ibukota. Acara halal bihalal ini sangat santai dan juga penuh canda tawa.
Mendengarkan penjelasan dr Direktur AP II dan Bp. Renald kasali dengan rencana – rencana yang belum terwujud karena memang Terminal 3 pembangunannya belum selesai 100%. Belum 100% saja sudah keren, gimana nanti kalau sudah sempurna ya…
Disediakan juga waktu untuk tanya jawab kepada blogger. Lomba live twett dan juga acara pengocokan doorprize. Dan akhirnya tak terasa kita sudah dipenghujung acara. Rasanya masih ingin berlama-lama ada di Terminal 3, tapi sayang…rombongan kami harus segera kembali ke Jakarta. Berharap dapat menginjakkan kaki ke Terminal 3 ini, lagi dan lagi.

Akhir kata saya atas nama warga Indonesia mengucapkan sukses untuk Terminal 3, sukses untuk Indonesia. Bangga jadi warga Indonesia yang memiliki Terminal yang sangat keren, megah, elegan dan luas ini.

Sabtu 30 Juli 2016
Tinapurbo@gmail.com

Categories:

2 komentar:

  1. Pengen ngerasain pergi ke Terminal 3 yang Indonesia banget kayak gini.

    BalasHapus
  2. sekarang terminal 3 sudah beroprasi ya mba
    tapi masalahnya baru-baru ini pas hujan besar bandara kebanjiran
    sayang banget terminal sebagus ini mengalami kejadian seperti itu
    tapi keren mba punya kesempatan mengeksplore terminal 3
    heheee

    salam kenal ya
    http://kelilingdesa.com

    BalasHapus