Rabu, 27 April 2016

Dengan Selembar kertas semua dapat menjadi berarti

Posted by tina sindi on 05.15 with 4 comments
Kertas adalah alat tulis yang sangat penting dalam Kehidupan keluarga saya Sehari-hari. Dimana dalam keluarga saya pun semua selalu mencari kertas, terutama kertas hvs yang selalu siap sedia dirumah. Semua anggota keluarga memerlukan kertas, mulai dari anak saya yang kuliah, anak saya yang kelas 3 SMP, suami yang selalu mencorat-coret hitungan pekerjaannya dan saya Sendiri yang selalu membuat draft tulisan. Dari selembar kertaslah kita bisa melakukan apa saja.

Meski saat ini serba modern, semua bisa dikerjakan lewat gadget, tapi buat saya menulis draft dan catatan dikertas sangatlah membantu. Karena beberapa pengalaman saya mencatat di memo gadget ataupun menulis draft tulisan di gadget sering kali membuat saya kecewa. Sering sekali saat mencatat di memo gadget tiba-tiba batre lowbatt dan gadget mati, sementara catatan belum di save, alhasil hilang semua catatan yang sudah saya buat. Sementara tidak 100% tulisan terekam diotak walaupun sudah mencoba mengingatnya kembali.
Kecewa juga saya rasakan ketika menulis di Blog langsung, saat tulisan hampir selesai dan memasukkan foto tiba-tiba sinyal hilang dan hilang pula semua tulisan yang sudah saya buat dengan susah payah. Itulah beberapa pengalaman saya selama ini. Tapi tidak berlaku dengan menulis catatan di selembar kertas. Semua catatan aman bahkan kita dengan mudah dapat mencoret/ menghapus kalimat yang ingin kita edit.

Beberapa hari yang lalu saya mendapatkan kesempatan untuk ikut jalan-jalan ke pabrik kertas yang berlokasi di kerawang.
Kesempatan ini pun tidak saya sia-siakan. Bagi saya mendapatkan kesempatan ini sangat langka, karena kita bisa mendapatkan pengalaman yang sangat berharga. Kita bisa melihat langsung bagaimana cara membuat kertas dan lengkap dengan penjelasan yang sangat luar biasa.

Dan kesempatan jalan-jalan ke pabrik PT. Pindo Deli Pulp and Papers Mill dikerawang menjadi jalan-jalan yang sangat indah dan berkesan buat saya.
Perjalanan yang sangat indah ke Kerawang di mulai. Selasa pagi ditemani hangatnya mentari rombongan berangkat dari Jakarta menuju Karawang. Butuh perjalanan selama 2 jam. Rasa kekeluargaan terjalin didalam bis rombongan yang membawa kami menuju Kerawang.
Setelah menempuh perjalanan selama 2 jam akhirnya bis yang membawa rombongan tiba juga ditempat tujuan.

Di PT. Pindo Deli Pulp and Papers Mill Kerawang rasa takjub aku menghirup udara dan melihat pemandangan yang hijau dan segar. Rerimbunan pepohonan acacia crassicarpa begitu indah. Tumbuh rapi dan sangat teratur bagaikan pasukan baris berbaris.
Ini adalah bahan baku utama untuk pembuatan kertas. Tidak hanya acacia crassicarpa untuk bahan baku kertas, ada pula mangium dan juga eucalyptus. Bahan baku dari pepohonan diatas dapat dipanen dalam waktu yang sangat singkat yaitu 5-6 tahun.
Dan selanjutnya bahan baku ini akan dihacurkan dan selanjutnya dimasukkan kedalam mesin dan menjadi seperti bubur.
Dengan mencampurkan beberapa bahan kimia dan beberapa kali proses yang memerlukan waktu yang panjang jadilah kertas yang sering kita gunakan untuk berbagai macam kebutuhan dan kegunaan.

Pabrik ini sangat luas sekali. Luas pabriknya kurang lebih 450 hektar. Kanan kiri pabrik ditanami dengan pepohonan penghijauan. Pemandangan yang sangat Segar di mata.
Sampai di pabrik rombongan disambut dengan ramah oleh Pak Andar Tarihoran, CSR dan Humas Pindo Deli.
Bapak Direktur Pindo Deli, Huang Hua Ching memberikan kata sambutan, kemudian dilanjutkan dengan presentasi oleh Bapak Jumali, memberikan penjelasan proses pembuatan kertas dan sejarah PT. Pindo Deli Pulp and Papers Mill. 

Kertas yang diproduksi PT. Pindo Deli Pulp and Papers Mill adalah kertas printing dan kertas non printing yang didistribusi di Indonesia dan Luar Negeri. Jenis kertasnya bervariasi mulai dari art paper, art board, cast coated paper dan cast coated board.
Sedangkan produk andalannya yaitu "Top Quality paper dan Cast Coated board.     Tak hanya kertas saja yang diproduksi, pabrik ini juga memproduksi tissue paseo yang beragam jenisnya. Karena jenis tissue ini bermacam-macam. Ada tissue khusus untuk wajah, tissue makan dan tissue toilet. Masing-masing jenis tissue mempunyai kegunaan yang berbeda-beda dan harus pas dipakai sesuai dengan kegunaannya.
Dan yang utama produksi PT. Pindo Deli Pulp and Papers Mill sudah mendapatkan sertifikat halal dari MUI, aman dan higienis. Dan tissue paseo juga sangat lembut.


PT. Pindo Deli Pulp and papers Mill telah mendapatkan pengakuan dunia Internasional dengan meraih sertifikat ISO 9002 yang diperoleh pada tanggal 12 Juli 1996.
ISO 9002 diberikan kepada PT. Pindo Deli Pulp and Papers Mill karena telah memenuhi Quality management system yang bertaraf Internasional.


Industri Pulp dan kertas menurut kementrian perindustrian nasional yang sangat Protensial.
Saat ini industri pulp nasional menempati peringkat ke - 9 dunia dengan kapasitas mesin terpasang 8 juta ton / tahun.
Sementara untuk industri kertas nasional menempati peringkat ke - 6 dunia dengan kapasitas mesin terpasang 13 juta ton / tahun.
Konsumsi perkapita kertas Indonesia masih sangat rendah : 32,6 kg, 
Sementara di negara lain lebih tinggi, diantaranya : 
- USA 324 kg
- Jepang 242 kg
- Malaysia 106 kg
- Belgia 295 kg
- Kanada 250 kg
- Singapura 180 kg
Saat ini kebutuhan kertas dunia sekitar 394 juta ton dan diperkirakan akan meningkat menjadi 490 juta ton pada tahun 2020.
Dengan kertas dunia tersebut jadi potensi Indonesia untuk meningkatkan eksport pulp dan dan kertas dengan unggulannya sumber daya alam kita.
Pada tahun 1977 produksi Pindo Deli dimulai dan menghasilkan produk kertas HVS dengan gramature 70-80 GSM ( Gram per Sguare Meter ). 
Pindo Deli dilengkapi dengan 10 generator plan dengan kafasitas 94 MW, HRS 6 berkafasitas 2 x 120 ton / jam.
Pindo Deli juga dilengkapi waste water plan dengan kafasitas 35000m3/hari, fresh water berkafasitas 60000m3/hari.
Orientasi pasar PT. Pindo Deli Pulp and papers Mill meliputi pemasaran dalam negeri 40% dan pasar eksport 60%.
Industri pulp dan kertas mengubah bahan baku serat menjadi pulp, kertas dan kardus.

Setelah mendengarkan presentasi rombongan diajak keliling pabrik untuk melihat langsung pembuatan kertas ini. Ada beberapa peraturan yang harus kita patuhi sebelum masuk kedalam pabrik. Kita tidak boleh merokok karena berbahaya, tidak boleh melewati batas kuning, tidak boleh memontret dengan menggunakan blitz karena dapat mengganggu jalannya mesin. Dan demi keselamatan harus memakai helm, memakai masker dan tutup telinga. Berkeliling didalam pabrik sangat engap dan panas. Bau khas kertas sangat terasa didalam pabrik. Bunyi mesin yang sangat keras membuat kita tuli bila tidak memakai tutup telinga.




Setelah kita semua berkeliling pabrik rombongan masih diajak berkeliling mengelilingi pabrik yang sangat luas. Setelah itu kita semua di ajak menuju restoran untuk menikmati makan siang dan juga istirahat sejenak. Berhubung waktu kita tak banyak maka tepat jam 2 kita semua kembali ke Jakarta. Terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya di #SiAPPJalanJalan ini. Semoga saya bisa mendapatkan kesempatan yang sama di #SiAPPJalanJalan berikutnya.
Terima kasih juga kepada semua pihak pabrik yang menyambut dan memperlakukan kami dengan sangat baik.

Dan special terima kasih kepada mba Emmy Kuswandari selaku Media Affair - Corporate Communication President Office - Sinar Mas.

Rabu 27 April 2016
Tinapurbo@gmail.com


Categories:

4 komentar:

  1. Wuih, dari selembar kertas ratusan tulisan bisa tercipta. Mantap Mak Tina :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget mba...dan dengan selembar kertas dokumen penting dan berharga dapat dibuat

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus