Terapkan GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat ) Dari Sekarang


Hidup sehat adalah hak semua orang, menjaga tubuh agar selalu sehat adalah kewajiban kita semua.

Nah...agar tubuh kita tetap selalu sehat, kita juga harus menerapkan hidup sehat setiap saat.
Bersama teman- teman blogger kesehatan dari Jakarta saya menghadiri acara Temu Blogger Kesehatan yang diadakan di Kota Semarang. Menuju Semarang di pagi hari membuat saya bersemangat ingin mengikuti Kunlaptik Blogger 2017. Saya akan berada di Semarang selama 3 hari, dengan jadwal yang padat ilmu.

Tema dalam acara ini adalah Mari Hidup Sehat dengan GERMAS. Bukan hanya blogger dari Jakarta saja yang hadir, akan tetapi blogger dari Semarang pun turut hadir dalam acara Temu Blogger Kesehatan ini. Hari pertama ini Kunlaptik Blogger 2017 ini di adakan di Ballroom Hotel Santika premiere Semarang.

Saat ini Indonesia tengah menghadapi tantangan besar yakni masalah kesehatan, karena Kesehatan di Indonesia sudah mulai menurun. Banyak masyarakat yang tidak mengerti akan hidup sehat. Dan karena kesadaran masyarakat akan hidup sehat juga masih sangat minim, maka peningkatnya penyakit tidak menular (PTM) dan penyakit-penyakit yang seharusnya sudah teratasi muncul kembali. Pada era 1990, penyakit menular seperti ISPA, Tuberkulosis dan Diare merupakan penyakit terbanyak dalam pelayanan kesehatan. 

Namun, perubahan gaya hidup masyarakat menjadi salah satu penyebab terjadinya pergeseran pola penyakit (transisi epidemiologi). Tahun 2015, PTM seperti Stroke, Penyakit Jantung Koroner (PJK), Kanker dan Diabetes justru menduduki peringkat tertinggi.

Oleh karena itu, Kementerian Kesehatan RI secara khusus mengajak Blogger Kesehatan untuk menyebar luaskan akan pentingnya kesehatan dengan pola hidup sehat. Kementerian kesehatan RI mengingatkan untuk menjaga kesehatan melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat ( GERMAS ) guna mewujudkan Indonesia sehat, dan terbebas dari berbagai macam penyakit.

Tentang Masyarakat Hidup Sehat ( GERMAS ) 

Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) merupakan suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup. Pelaksanaan GERMAS harus dimulai dari keluarga, karena keluarga adalah bagian terkecil dari masyarakat yang membentuk kepribadian.

GERMAS dapat dilakukan dengan cara :

  • Melakukan aktifitas fisik.
  • Mengonsumsi sayur dan buah.
  • Enyahkan asap rokok.
  • Tidak mengonsumsi alkohol.
  • Memeriksa kesehatan secara rutin.

GERMAS secara nasional dimulai dengan berfokus pada tiga kegiatan, yaitu:

  1. Melakukan aktivitas fisik 30 menit per hari.
  2. Mengonsumsi buah dan sayur.
  3. Memeriksakan kesehatan secara rutin. 


Tiga kegiatan tersebut dapat dimulai dari diri sendiri dan keluarga, dilakukan saat ini juga, dan tidak membutuhkan biaya yang besar.
Saat ini banyak masyarakat yang kurang gerak. Semua bisa dikerjakan dengan cara mudah dan teknologi canggih. Apalagi dengan makanan yang kita konsumsi saat ini jauh dari kata sehat. Pola hidup sehat adalah mengubah cara hidup kita dengan sehat. Mengkomsumsi makanan sehat, yaitu selalu mengkomsumsi sayur dan buah setiap hari, berolah raga setiap hari secara rutin, perbanyak gerakan tubuh, istirahat teratur dan jauhkan dari asap rokok.

Semua itu bisa kita lakukan dengan mudah kalau kita bersungguh-sungguh ingin tubuh selalu sehat.

GERMAS  merupakan gerakan nasional yang diprakarsai oleh Presiden RI yang mengedepankan upaya promotif dan preventif, tanpa mengesampingkan upaya kuratif-rehabilitatif dengan melibatkan seluruh komponen bangsa dalam memasyarakatkan paradigma sehat. Untuk menyukseskan GERMAS, tidak bisa hanya mengandalkan peran sektor kesehatan saja. Peran Kementerian dan Lembaga di sektor lainnya juga turut menentukan, dan ditunjang peran serta seluruh lapisan masyarakat dan juga Blogger, karena blogger adalah penerus info kesehatan dalam menyebarkan informasi melalui media sosial.

Selain itu GERMAS juga harus didukung oleh individu, keluarga, dan masyarakat dalam mempraktekkan pola hidup sehat, akademisi, dunia usaha, organisasi kemasyarakatan, dan organisasi profesi dalam menggerakkan anggotanya untuk berperilaku sehat; serta Pemerintah baik di tingkat pusat maupun daerah dalam menyiapkan sarana dan prasarana pendukung, memantau dan mengevaluasi pelaksanaannya.

Salah satu dukungan nyata lintas sektor untuk suksesnya GERMAS, diantaranya Program Infrastruktur Berbasis Masyarakat (IBM) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang berfokus pada pembangunan akses air minum, sanitasi, dan pemukiman layak huni, yang merupakan infrastruktur dasar yang mendukung Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan Badan Pengawas Obat dan Makanan dalam hal keamanan pangan.

Dalam kehidupan sehari-hari, praktik hidup sehat merupakan salah satu wujud Revolusi Mental. GERMAS mengajak masyarakat untuk membudayakan hidup sehat, agar mampu mengubah kebiasaan-kebiasaan atau perilaku tidak sehat. Kementerian kesehatan RI ingin semua lapisan masyarakat sadar akan pentingnya kesehatan dan mau melaksanakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat, dengan kesadaran dari diri sendiri tanpa adanya paksaan dari pihak manapun. Kesehatan adalah tanggung jawab kita dan juga tanggung jawab bersama.


Diharapkan dengan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat, Indonesia menjadi kuat. Informasi ini harus disebarkan secara luas, seiring dengan Program Indonesia Sehat dengan pendekatan keluarga dan juga masyarakat luas, melalui gerakan masyarakat hidup sehat (GERMAS). Secara khusus, GERMAS diharapkan dapat meningkatkan partisipasi dan peran serta masyarakat untuk hidup sehat, meningkatkan produktivitas masyarakat, dan mengurangi beban biaya kesehatan.


Pentingnya hidup sehat ini bagi kita semua. Kalau bukan dari diri kita sendiri, siapa yang akan menjaga tubuh kita.
Lebih baik mencegah dari pada mengobati. Karena sakit sangatlah tidak enak buat kita semua.
Jadi....yuk terapkan hidup sehat dimulai dari sekarang. Hidup sehat dambaan semua orang.


Senin 18 September 2017
tinapurbo@gmail.com

Komentar

  1. Benar sekali. Harus sering mnyebarkan info kesehatan yg benar, bukan hoax. Salam sehaaat!

    BalasHapus
  2. Semoga dengan konsistenya kita melakukan GERMAS, tubuh kita jadi semakin sehat dan Happy ya Mak Tina.

    Kalau saya ketemu Mak Tina ajah udah bikin happy plus dikasih voucher pula #KodeKeras 😊😉

    BalasHapus
  3. Sip banget tips nya! Mak Tina juga jangan lupa olahraga ih, harus sehat, jangan kelayapan terusss

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer