Peresmian Kampus III BSD Universitas Katolik Indonesia Atma jaya


Hari ini tanggal 25 Juli 2017  adalah hari bersejarah bagi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya.

Ya...hari ini adalah hari dimana Universitas Katolik Indonesia Atma jaya meresmikan kampus III di BSD City, yang  berlokasi di jalan Raya Cisauk Sampora, Cisauk Tangerang Selatan. Jalan menuju kampus tersebut, sudah dipenuhi oleh spanduk-spanduk sebagai simbol kampus Atma Jaya resmi dibuka pada hari ini.  Memasuki pintu gerbang Kampus III BSD Universitas Katolik Indonesia Atma jaya ini pun bertambah meriah. Terpajang puluhan karangan bunga tanda ucapan selamat pada kampus ini memenuhi halaman kampus.

Acara peresmian kampus ini ditandai dengan perayaan Ekaristi Syukur dan Pemberkatan Kampus oleh Uskup Agung Jakarta Mgr. Ignatius Suharyo.

Lokasi Universitas Katolik Indonesia Atma jaya ini sangat strategis. Menuju ke lokasi sangat mudah di akses baik melalui transportasi kereta, Trans Jakarta, Bus kota ataupun kendaraan pribadi. Karena lokasi kampus Atma Jaya ini dapat diakses dari berbagai arah, sangat mudah dan strategis.

Selain strategis lokasi ini juga sangat menjanjikan di masa depan. Karena Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya BSD ini menggabungkan konsep hunian, perkantoran dan pendidikan.
Sangat lengkap sekali.

Setelah acara Pemberkatan, acara dilanjutkan dengan Konferensi Pers.

Ketua Yayasan Atma Jaya Ir. Aswin Wirjadi menyatakan fungsi daripada yayasan adalah menyiapkan prasarana dan sarana yang baik sehingga proses belajar mengajar di Unika Atma Jaya ini bisa berjalan lebih baik lagi.  Menandai usia Atma Jaya ke-57, kami bersyukur atas peresmian kampus ke tiga di BSD ini.

Kampus BSD dibangun dan didesain untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih ideal yaitu interaksi antar mahasiswa, dengan landscaping yang lebih baik. Dengan luas lahan 20 hektar, ruang gerak mahasiswa disini didesain 6,5 meter per orang lebih besar dari kampus Semanggi yang 1,5 meter per orang sehingga suasana kampus menjadi lebih baik.

Kampus yang sangat luas dilengkapi berbagai sarana dan prasarana. Halaman parkir pun disediakan begitu luas. Mahasiswa akan semakin fokus belajar karena selain kampus nya luas, ruang kelasnya pun disediakan senyaman mungkin.

Kampus BSD ini didedikasikan sebagai Center for Human Development yang dikonsentrasikan untuk mendidik S1.  Di sini komitmen kami yang utama yaitu pengembangan dan pembentukan karakter mahasiswa. Mempersiapkan para mahasiswanya dengan kompetensi kelas internasional, memiliki karakter Keindonesiaan dan kepedulian. jelas AA Prasetyantoko,Rektor Unika Atma Jaya.

Melalui kampus yang berlokasi di kawasan BSD ini, sebagai salah satu kawasan yang berkembang pesat, salah satunya dalam aspek digital dan akan menjadi Silicon Valley Indonesia yang pertama. Hal ini kedepannya akan menjadi mitra strategis kampus dalam rangka menyiapkan peserta didik dan profil lulusan yang lebih siap, berkontribusi dalam masyarakat pada era digital.

Pihak kampus pun nantinya akan memberikan fasilitas kebutuhan akses menuju kampus, dengan menyediakan transportasi jemputan dari stasiun ke kampus begitu juga sebaliknya. Dalam beberapa menit mobil jemputan ini akan bergantian datang, sehingga para mahasiswa tidak perlu menunggu lama mobil jemputan ke kampus.

Di sekitaran kampus ini juga banyak terdapat kos-kosan untuk para mahasiswa yang tinggal di luar kota. Wilayah nya sangat tenang dan jauh dari keramaian jalan raya, sehingga mahasiswa akan lebih fokus saat belajar.

Kampus III BSD Universitas Katolik Indonesia Atma jaya akan beroperasi pada tanggal 7 Agustus 2017.

Adapun jurusan di Kampus III BSD Universitas Katolik Indonesia Atma jaya ini menyediakan Fakultas Teknik, Teknobiologi, dan Hospitality and Tourism Management.

Jurusan diatas akan menjadi prioritas menempati dua gedung utama yang akan dilengkapi laboratorium modern. Jenis laboratorium antara lain engineering design center, Aerodinamika, Mekanika Eksperimental untuk Fakultas Teknik dan laboritorium mikrobiologi dan Tekno DNA untuk Fakultas Teknobiologi.

Sedangkan untuk jurusan Manajemen, Akutansi, Ilmu Administrasi Bisnis, Ilmu Komunikasi, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru SD, Psikologi dan Hukum, Universitas Katolik Indonesia Atma jaya membuka kelas pararel di Kampus Semanggi dan BSD.

Nah... mahasiswa yang mengambil bidang studi di atas bisa memilih tempat kuliah. Mau ambil di Semanggi atau BSD, tinggal pilih sesuai keinginan masing-masing mahasiswa.

Kampus Universitas Katolik Indonesia Atma jaya ini telah selesai membangun tahap pertama seluas 3,5 hektar dibangun dengan spesifikasi delapan lantai dan satu lantai semi basement. Peruntukan setiap lantai digunakan untuk laboratorium, ruang kelas, tempat ibadah termasuk mushola, serta ruang serba guna. Disiapkan pula tempat olah raga, dan kantin sebagai penunjang. Total daya tampung tahap pertama adalah 3,000-3,500 mahasiswa.  Kampus ini juga memperhatikan kebutuhan mahasiswa difabel seperti tangga landai bagi pengguna kursi roda, dan kursi bagi mahasiswa yang kidal. Dari sisi keamanan kampus juga telah lolos uji pemadam kebakaran. Sepanjang atap ruangan dipasang pipa penyalur air pemadam kebakaran.

Kehadiran Unika Atma Jaya, Jakarta akan menambah pilihan siswa/ siswi untuk melanjutkan jenjang pendidikan tinggi. Kelebihan kami adalah tradisi dan reputasi akademis yang sudah kuat seiring usia ke-57 ini. Ditambah, sekarang dengan fasilitas fisik yang memadai tentu akan menghasilkan kualitas lulusan terpercaya dan bereputasi tinggi, jelas Prasetyanto.

Selain itu, pembangunan kampus ini juga bersinergi dengan Sinar Mas Land, dengan pembangunan kota cerdasnya BSD City yang dilengkapi berbagai fasilitas modern, seperti intermoda station untuk akses transportasi, cluster perumahan dan apartemen untuk tempat tinggal, serta berbagai sarana hiburan modern indoor dan outdoor.


Tentang Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

Unika Atma Jaya yang berdiri tanggal 1 Juni 1960 kini memiliki 21 program studi sarjana (S1) dan 11 program Pasca Sarjana serta 4 Prodi Profesi.
Fakultas: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis dan Ilmu Komunikasi (berdiri 1960), Fakultas Pendidikan dan Budaya (FPB) dan Fakultas Teknik (FT) tahun 1961, Fakultas Hukum (FH) tahun 1965, Fakultas Kedokteran (FK) tahun 1967, Fakultas Psikologi (FP) tahun 1992, serta Fakultas Teknobiologi (FTb) tahun 2002 sebagai fakultas teknobiologi pertama di Indonesia.
Program Pasca Sarjana:
Graduate School of Business and Economics: Magister Manajemen (MM), Magister Administrasi Bisnis (MABI), Magister Akuntansi (MAKSI) dan Magister Ekonomi Terapan (MET) dengan konsentrasi Ekonomi dan Perbankan (Risiko Keuangan).
Magister Bioteknologi, Magister Sains Psikologi, Magister Ilmu Hukum, Magister Teknik, Magister Teknik Elektro dan Magister Linguistik Terapan Bahasa Inggris (LTBI),
Program Doktor: Linguistik Terapan Bahasa Inggris (LTBI) dan Psikologi
Program Profesi: Profesi Akuntansi, Profesi Psikologi, Profesi Dokter, dan Profesi Insinyur

Unika Atma Jaya akan memiliki 3 lokasi kampus:
Kampus Semanggi sebagai Center for Nation Development (3,6 hektar)
Mengembangkan beragam kajian yang sangat relevan dengan sinergi Bisnis-Pemerintah-Masyarakat.
Kampus Pluit sebagai Center for Health Development (4,2 hektar)
Menyelenggarakan pendidikan Kedokteran dan Farmasi yang unggul, berkualitas, dan bereputasi internasional melalui metode experiental learning hospital bersama Rumah Sakit Atma Jaya.
Kampus BSD sebagai Center for Human Development di BSD (20 hektar)
Berfokus pada pengembangan dan pembentukan karakter mahasiswa sebagai penerus bangsa.
Berbagai penghargaan diraih oleh Unika Atma Jaya. Tahun 2016 meraih Akrediasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT),  menjadi salah satu dari Indonesian best 50 promising universities dengan prestasi pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat yang diakui secara nasional maupun internasional. Kampus peraih Standar Nasional Indonesia (SNI Award),  Juara Umum PTS Bersih Narkoba 2014, predikat dari BNN dan Kemenpora. PTS Unggulan 2012 dan 2013 bidang Penjaminan Mutu, Budaya Akademik, Pembinaan Dosen Tetap, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, serta Pembinaan Mahasiswa.



Tentang Sinar Mas Land

Sinar Mas Land adalah pengembang property terkemuka di Asia Tenggara dengan pengalaman lebih dari 40 tahun dalam bidang pengembangan properti di Indonesia.  Sinar Mas Land tercatat di bursa saham Indonesia atas nama PT. Bumi Serpong Damai Tbk, (BSDE). Awal tahun 2011, BSDE  telah merampungkan proses akuisisi perusahaan terafiliasi yakni PT Duta Pertiwi Tbk, PT Sinar Mas Teladan dan PT Sinar Mas Wisesa. Akuisisi ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja BSDE terutama portofolio pendapatan dan diversifikasi usaha BSDE.

Dengan lebih dari 50 proyek besar yang telah dikembangkan di Indonesia, dan juga memiliki lebih dari 10.000 ha land bank, Sinar Mas Land dapat disebut sebagai pengembang properti terbesar dan paling terpecaya di Indonesia. Bukti kesuksesan Sinar Mas Land juga diakui oleh dunia dengan mendapatkan berbagai macam penghargaan International yang prestigious seperti World FIABCI Prix dexcellence Award di Cyprus (2011), Taichung (2013) & Kuala Lumpur (2015), Asia Pacific Property Award di Kuala Lumpur (2012, 2013, 2015), dan Cityscape Awards For Emerging Market di Dubai (2014).

Dengan dukungan tim manajemen yang kuat, Sinar Mas Land juga dikenal sebagai pengembang kota mandiri paling berhasil (Melalui BSD City Development), serta menjadi pelopor dalam pengembangan konsep perumahan Klaster / concept- clustered residential (Kota Wisata, Legenda Wisata, Grand Wisata, dan lain-lain). Disamping itu, Sinar Mas Land juga merupakan pelopor / pioneer pengembangan proyek inovatif Strata Mall / Trade Center (ITC) di Indonesia.

Sinar Mas Land sebagai pengembang berupaya untuk mewujudkan kepedulian terhadap masalah pelestarian lingkungan melalui penerapan visi green di setiap proyeknya. Kesadaran perusahaan untuk bertanggung jawab melestarikan lingkungan hidup diwujudkan melalui berbagai program,seperti pembangunan kawasan hijau Green Office Park, sertifikasi Green Building, Mall tanpa dinding yang ramah lingkungan The Breeze, jalur-jalur pejalan kaki yang nyaman serta berbagai acara untuk membangun kesadaran masyarakat terhadap pentingnya menjaga kelestarian lingkungan salah satunya melalui penyelenggaraan acara Festival Hijau yang diselenggarakan setiap tahun. Sejauh ini Sinar Mas Land telah menanam lebih dari tiga juta pohon di area komersial, pedestrian, median jalan, taman lingkungan,  dan mengembangkan taman kota serta hutan kota. Inisiatif dan komitmen terhadap masalah sosial juga terus dilakukan melalui program  program CSR yang memberi kesempatan masyarakat sekitar dan usaha kecil dengan dapat menikmati pembangunan yang dilakukan Sinar Mas Land seperti penyediaan tempat usaha untuk UKM di Pasar-pasar tradisional dan taman jajan kaki lima serta program-program CSR lainnya.

Sinar Mas Land memiliki mitra strategis yang kuat seperti Sojitz Japan dan Itochu-Japan, Hongkong Land serta mitra lokal seperti Kompas Gramedia dan Kalbe.

Untuk informasiUntuk lebih lanjut hubungi:

Panji Himawan
Head of Corporate Communication
Sinar Mas Land
Tel: 021- 50 368 368
Email: panji.himawan@sinarmasland.com

Christiani Ajeng Rianti
Head of Public Relations
Unika Atma Jaya
Tel: 081288640858
Email: christiani.ajeng@atmajayaa.ac.id


Komentar

  1. Mau banget kuliah di Atma Jaya BSD tempatnya tenang dan nyaman

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba tati, kampusnya luas dan nyaman, jd pengen sekolah lg emak 😀

      Hapus
  2. Salut buat atma jaya yang memperhatikan kebutuhan kaum difabel

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba...bener banget, Atma jaya memang patut diacungi jempol ya

      Hapus

Posting Komentar

Terimakasih atas kunjungan anda ke blog saya.
Saya sangat senang jika anda meninggalkan pesan pada postingan ini.
Terimakasih