Senin, 10 April 2017

Alergi Pada Anak Dapat DiCegah Dengan 3K

Posted by tina sindi on 04.00 with 8 comments


Ceria pagi....
Jangan pernah bosan untuk berolah raga ya...sesibuk apapun kita harus sempatkan diri berolah raga. Seperti yang saya lakukan di hari Minggu ini. Meski hari libur dan kantuk masih menggelayut di pelopak mata tapi saya paksakan untuk bangun dan bergegas menuju Sarinah Thamrin.

Ngapain ayo pagi - pagi kesana...
Iya, saya bahkan berangkat dari rumah sehabis shubuh loh, saya ingin mengikuti Car Free Day di Sarinah Thamrin. Saya tidak sendiri, di Sarinah Thamrin sudah ada teman - teman Blogger yang lain yang juga ingin mengikuti acara Fun Walk 2017 Langkah bersama Nutricia Sarihusada dengan tema "Si Kecil Tetap Ceria Karena Bunda Tanggap Alergi".

Di acara Fun Walk Si Kecil Tetap Ceria Karena Bunda Tanggap Alergi ini, para orang tua dapat berpartisipasi secara cuma - cuma untuk mendapatkan pengetahuan lebih mengenai alergi, dengan cara yang menyenangkan serta dapat berkonsultasi dengan dokter dan ahli gizi mengenai kondisi anak dan gizi tepat untuk anak alergi. Jalan sehat bersama sambil menyerukan pesan - pesan terkait alergi. Acara ini juga diisi dengan booth edukasi, games dan hiburan serta kampanye foto Tanggap Alergi. Semua rangkaian acara dan booth ini disediakan gratis !

Nah...hari gini mana ada sih yang gratis, apalagi kalau konsultasi ke dokter, wah biayanya itu biasanya lumayan loh.
Tapi di acara bersama Nutricia Sarihusada ini memang benar - benar gratis.

Dalam acara Fun Walk ini sekaligus memperingati World Alergi Week yang jatuh pada tanggal 2 - 8 April 2017, Nutricia Sarihusada kembali mengajak para bunda untuk bergabung dalam kampanye Bunda Tanggap Alergi dengan 3K.

Apa itu 3K ?

3K adalah, Kenali, Konsultasikan dan Kendalikan.
Acara Fun Walk Nutricia Sarihusada mengajak para orang tua serta anak mereka untuk berjalan 2017 langkah, yang dimulai dari Sarinah hingga Bundaran Hotel Indonesia.

Fun Walk ini bukan hanya bertujuan untuk kesehatan, tapi juga ada pesan - pesan yang disampaikan dalam Fun Walk ini. Pesan yang sangat bermanfaat untuk para bunda di mana saja, bahwa kesehatan Si Kecil sangatlah berarti.

Fun Walk 2017 langkah ini di adakan sebagai bentuk komitmen untuk mengedukasi para orang tua untuk tanggap terhadap alergi pada anak. Langkah - langkah ini menggambarkan bagaimana satu langkah para bunda dan orang tua yang hadir sangat berarti untuk menyebarkan informasi tentang tanggap alergi para Bunda yang lain.

Saat anak kita mengalami alergi diharapkan kita sebagai orang tua memahami cara - cara yang tepat dalam menangani alergi pada anak dengan penuh cinta dan kasih sayang. Karena dengan penanganan yang tepat secara fisik dan psikologis, si anak dengan alergi nya tetap ceria, hidup sehat dan bahagia sesuai dengan perkembangan usianya.

Dan di harapkan dengan pengetahuan yang lebih para Bunda tidak lagi di bayangi kecemasan dalam proses tumbuh kembang si kecil.

Fun Walk 2017 langkah ini diikuti oleh para Bunda yang sangat peduli pada anak dan buah hatinya. Tak ada seorang ibu pun yang ingin anaknya sakit. Apalagi mengalami alergi yang perawatan nya harus hati - hati dan sabar. Alergi akan membuat si kecil tidak bisa bebas memakan makanan. Tidak boleh sembarangan makan, harus selalu di kontrol oleh Bunda agar si kecil tetap sehat dan alerginya tidak kambuh.

Menurut Prof. Dr. Budi Setiabudiawan, Dr. SpA(k), M. Kes Cara yang paling tepat untuk menanggulangi alergi pada si kecil dengan mengontrol dan mencegah reaksi alergi. Sebagai orang tua harus tanggap terhadap alergi dengan melakukan 3K yaitu :

  • Kenali Resiko dan gejalanya
  • Konsultasi ke dokter agar si kecil mendapatkan penanganan yang tepat
  • Kendalikan penyebab alergi dengan nutrisi yang tepat agar si kecil bisa tetap tumbuh dengan optimal.

Tidak hanya secara fisik, alergi juga dapat mempengaruhi sisi psikologis Bunda maupun Si Kecil.


Menurut Psikolog Anak dan Keluarga, Anna Surti Ariani S. Psi.M. Si. Psi untuk memaksimalkan perkembangan mental si kecil yang memiliki alergi, sebagai orang tua juga bisa menerapkan 3K.

  • Kenali sifat anak, kemampuan diri sendiri, dan lingkungan sekitar anak.
  • Konsultasikan pada dokter bersama anggota keluarga yang bisa memberikan dukungan moral.
  • Kendalikan dengan mengajarkan anak tentang makanan yang boleh atau tidak boleh ia makan dengan cara menyenangkan, membuatkan bekal yang menarik dan jangan ragu informasikan kondisi anak pada guru atau orang tua teman.

Kenapa hal - hal di atas harus diterapkan pada anak, agar anak yang alergi paham dan mengerti bahwa dirinya tidak bisa bebas memakan makanan apa saja.


Dalam hal ini sebagai Bunda mempunyai peranan yang sangat penting untuk Si Kecil yang mengalami alergi. Karena Bunda lah yang bisa mengatur mana yang boleh di makan mana yang tidak. Terkadang si anak tidak mengerti karena faktor usia, tapi dengan pemahaman dan kasih sayang lambat laun sang anak akan mengerti akan keadaan dirinya.


Bunda pun harus pintar - pintar berkreasi bekal dan makanan Si Kecil agar tidak bosan. Kalau si anak senang maka ia tidak akan memakan makanan yang bukan buatan Bunda nya.
Karena anak adalah buah hati yang sangat berharga, maka sayangi, cintai dan perhatikan apapun kebutuhan Si Kecil. Kelebihan dan kekurangan Si Kecil pasti Bunda sudah paham dan hafal.

Melalui rangkaian acara ini diharapkan Nutricia Sarihusada dapat mendampingi orang tua dalam masa tumbuh kembang anak, termasuk anak dengan alergi.
Dengan orang tua memiliki informasi yang akurat dan tepat mengenai penanganan alergi yang dialami si kecil maka si kecil dapat tumbuh dengan ceria dan dapat bersosialisasi dengan lingkungannya sesuai usianya.


Saat ini Bunda di seluruh Indonesia bisa berpartisipasi menyuarakan komitmen Tanggap Alergi dan menyebarluaskan pengetahuan tentang alergi.

Caranya adalah dengan mengunggah foto momen yang menunjukkan kesamaan Bunda dan si kecil melalui website alergianak.com/tetapceria atau media sosial Twitter dan Instagram dengan mention @alergianakID serta #TetapCeria dan #TanggapAlergi . 

Kampanye foto berhadiah ini akan berlangsung hingga akhir Mei 2017. Kunjungi website alergi anak.com untuk info lebih lanjut.

Senin 10 April 2017
tinapurbo@gmail.com

8 komentar:

  1. aku belum pernah datang ke CFD, kepingin iiya. Temanya bagus banget ya soal alergi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo mba Aston kapan2 klu ada acara di CFD ikutan yuk, seru deh...dan pasti bermanfaat

      Hapus
  2. Alergi termausk yang jadi perhatian saya. Karena saya dan anak-anak memiliki alergi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah....sama dgn sy jg mba... sy dan anak pun alergi sama udang,

      Hapus
  3. Bermanfaat sekali wawasan tentang alergi ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener teh Ani, apalagi buat bunda2 skrng ini lebih mudah mendapatkan info tentang anak

      Hapus
  4. Setuju sama 3K
    Terutamq untuk kenali, ibu paling tau kebiasaan dan kondisi anak
    Tfs ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba Diah,pemahaman 3K ini sangat bermanfaat loh buat bunda2

      Hapus