Rabu, 01 Maret 2017

Menabung Di Bank Aman, Nyaman Dan Tenang Karena Di Jamin Oleh LPS

Posted by tina sindi on 01.12 with 2 comments

Setiap individu sudah seharusnya memiliki tabungan. Banyak sedikitnya tabungan dari masing - masing individu pasti berbeda - beda. Banyak dan sedikit saldo yang kita tabung bukan menjadi ukuran, asalkan kita punya kemauan untuk menyisihkan sebagian uang kita di tabungan. Dan yang paling aman dan tenang menabung harus di Bank pastinya. Selain aman tabungan kita akan di jamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan ( LPS ).

Lembaga Penjamin Simpanan ( LPS ) ini akan menjamin simpanan tabungan kita di Bank hingga 2 Milliar apabila Bank simpanan kita di tutup atau bangkrut.
Nah....aman dan tenang kan...selain itu, kita jg bisa mengurangi pengeluaran alias tidak boros. Karena kalau uang simpanan kita di simpan di Rumah pasti kita gatel ingin mengambilnya terus ya...alias tidak kumpul - kumpul.

Prinsip saya menabung di Bank adalah suatu keharusan buat saya. Apalagi bagi kita yang sudah berkeluarga.  Minimal 10% dari penghasilan harus kita simpan di bank untuk dana darurat.  Dana darurat ini penting sekali untuk kita, bila terjadi musibah ataupun membutuhkan dana yang mendadak.
Sayangnya saat ini masyarakat masih beranggapan menabung di Bank banyak pertimbangannya dan lebih memilih menabung di rumah.  Padahal menyimpan uang di rumah jauh lebih rawan,  tidak aman dan tidak tenang.  Banyak kejadian perampokan yang terjadi saat ini dengan modus uang dan harta bahkan tidak sedikit yang sampai kehilangan nyawa nya.

Menabung di Bank masyarakat merasa takut kalau bank yang mereka percaya menyimpan simpanannya akan bangkrut atau tutup. Sehingga masyarakat berpikiran, bila Bank tersebut bangkrut maka uang simpanan mereka akan hilang. Padahal dari segi keamanan menabung di bank jauh lebih aman dan terjamin.
Ya... Karena saat ini menabung di bank sudah di jamin oleh LPS ( Lembaga Penjamin Simpanan), jadi tidak perlu takut lagi,  karena apabila bank tempat kita menyimpan uang simpanan kita tutup maka dana kita di bank tersebut akan di jamin oleh LPS sampai simpanan senilai 2M loh. Nah... Apalagi yang ditakutkan kalau kita menabung di bank.

Apakah semua bank di jamin oleh LPS?
Ya... Semua bank yang memasang logo LPS di pintu bank kantor atau cabang bank, itu tandanya bank tersebut menjadi kepesertaan penjamin simpanan LPS. Bank konvensional maupun bank syariah sudah banyak yang  menjadi kepesertaan LPS. Nah... Jadi kalau mau menabung lihat -  lihat ya,  apakah ada stiker LPS di pintu Bank nya atau tidak ya,  demi keamanan kita semua.

Terbukti kan menabung di bank jauh lebih aman,  nyaman dan tenang. Jadi walaupun bank nya tutup dana simpanan kita tetap bisa diambil karena LPS yang akan membayar dana simpanan kita.
Saat ini sudah 118 bank ( bank konvensional ataupun bank syariah)  sudah menjadi peserta LPS.  Dan 1.700 an lebih BPR ataupun BPRS di seluruh Indonesia yang menjadi peserta penjamin LPS.
Dan yang perlu kita ketahui juga pada April 2016 lalu,  Undang -  undang No. 9 tahun 2016 tentang pencegahan dan penengahan krisis sistem keuangan ( UU PPKSK)  telah di sah kan DPR RI dan sudah berlaku.  Undang -  undang ini di sah kan bertujuan untuk memperkuat stabilitas sistem keuangan melalui protokol penanganan krisis keuangan jika suatu saat terjadi krisis.
Undang -  undang PPKSK memberikan amanah lebih besar yang harus di emban oleh LPS dalam turut menjaga stabilitas keuangan dan penanganan krisis keuangan.
Bagaimana?  Masih takut menabung di bank. Pastinya sudah tidak

Ya... Karena sudah ada penjamin tabungan kita yaitu LPS.  Banyak loh yang menabung di bank dengan penghasilan pas -  pas an tapi mereka bisa mewujudkan impian ya,  misalnya naik haji,  beli rumah,  biaya sekolah,  uang muka KPR dan masih banyak lagi keajaiban dari menabung. Jadi yuk... Kita menabung di bank.
Banyak juga contoh menabung di rumah yang bikin kita menjadi takut. Misalnya di datangi tamu tak diundang alias maling, bahkan sampai menghilangkan nyawa kita dan keluarga, Nah.. .bikin serem kan.
Belum lagi ada yang menabung di bank bertahun - tahun uangnya rusak di makan rayap, wah....ini jg bikin miris. Menabung bertahun - tahun tapi uangnya ga laku.
Nah....jangan ambil resiko deh...kalau ada yang aman dan nyaman kenapa harus yang mengundang bahaya.
Menabung di Bank juga saat ini mudah kok, bisa diambil kapan saja, disediakan ATM yang bisa di ambil 24 jam dan ada juga beberapa Bank yang tidak ada biaya administrasi nya. Jadi ga ada alasan lagi kalau menabung di Bank bikin ribet.

Gimana, Setuju kan....
Ayo deh...segera menabung di bank dari sekarang. Jangan tunda - tunda lagi ya... selain aman, tenang dan nyaman menabung di Bank juga bisa digunakan membayar angsuran apapun juga, membayar cicilan, belanja online dan lain - lain deh...
Satu kartu multi manfaat...
Dan yang terpenting sebelum menabung di Bank harus lihat - lihat bank nya dulu, ada logo LPS nya atau tidak. Supaya uang simpanan kita aman ketika Bank simpanan kita bangkrut ataupun di tutup.

Semoga bermanfaat.


Rabu 01 Maret 2017
tinapurbo@gmail.com

Categories:

2 komentar:

  1. Ayo mak kita nabung, pake uang receh biar keras terus dibentuk bukit, merealisasikan sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit. :v

    BalasHapus
  2. yessss yukkkss nabunggg... Receh di celengan kalo yang duit lembaran di bank....

    BalasHapus