Sabtu, 28 Januari 2017

Apakah Minyak Goreng Kita Sudah Aman Dan Sehat ?

Posted by tina sindi on 20.15 with 4 comments

Minyak goreng adalah salah satu bahan pokok yang sangat penting dalam kebutuhan memasak.
Kebutuhan dapur ini sangat diperlukan di setiap kegiatan masak memasak, apalagi untuk memasak dengan menu di goreng ataupun di tumis, pasti membutuhkan minyak sebagai bahan utamanya.

Nah....untuk itu kita harus pintar - pintar memilih minyak goreng yang aman dan sehat untuk keluarga.
Banyak pilihan minyak goreng yang ada tapi eits....tunggu dulu, coba perhatikan komposisinya, apakah minyak tersebut aman dan sehat untuk tubuh kita ?

Sebagai seorang ibu saya selalu memilih semua menu masakan dirumah untuk keluarg saya olah sendiri. Setiap hari saya memasak sendiri dirumah hidangan untuk keluarga saya. Mengolah dan memasak sendiri menjadi pilihan utama saya, agar lebih terjamin kebersihan dan kesehatannya.
Tetapi tidak menutup kemungkinan masakan rumah yang kita olah itu tidak sehat.

Beruntung nya saya bisa mengikuti acara Simposium dalam rangka memperingati Hari Gizi Nasional yang jatuh pada tanggal 25 Januari 2017 yang bertempat di RSPP Jakarta.
Hadir sebagai Nara Sumber Simposium ini adalah Dr. Entos Zainal, DCN, SP, MPNM selaku Sekjen Persaji, Ibu Theresia Irawati SKM,M. Kes adalah Kasi Kemitraan Subdit advokasi dan kemitraan Direktorat promosi Kesehatan Pemberdayaan Masyarakat Kemenkes RI Dr. Tirta Prawita Sari. Cristian Sugiono sebagai Brand Ambassador munyak goreng Sunco dan Mulina Wijaya selaku Deputi Marketing Manager Sunco.

Acara ini membahas tentang pentingnya memilih minyak goreng yang aman dan sehat, dan juga bahaya pemakaian minyak goreng berlebih.
Terkadang kita menganggap masakan yang kita masak dirumah itu sudah aman dan sehat. Padahal masakan yang kita masak sendiri belum tentu aman dan sehat. Takaran pada bumbu dan penyedap belum tentu pas dengan kesehatan tubuh kita. Jadi tetap perhatikan nilai - nilai yang terkandung dalam masakan rumahan kita ya...

Ya....karena banyak kemungkinan masakan rumah di juluki "The Sillent Killer". Salah satunya dalam hal pemilihan minyak goreng. Masih banyak persepsi di masyarakat bahwa semua minyak goreng itu sama saja. Dan penggunaan minyak goreng yang berulang - ulang dalam penggorengan itu membuat masakan rumah menjadi The Sillent Killer. Persepsi ini sudah melekat di benak masyarakat saat ini.
Bahayanya banyak keluarga muda saat ini cenderung memilih yang serba praktis dalam menata hidup kesehariannya. Demikian pula halnya dalam hal memilih minyak goreng. Terbatasnya waktu dan padatnya kegiatan menjadikan ibu rumah tangga jarang sekali memperhatikan komposisi minyak goreng yang baik dan aman.
Minyak goreng terlihat hal sepele bagi kita, sehingga kita sering menyamaratakan semua minyak sama berdasarkan kebutuhan dan manfaatnya. Tanpa melihat komposisi yang terkandung dalam minyak itu sendiri.

Pada dasarnya minyak diperlukan dalam gizi seimbang, lemak / minyak yang terdapat dalam makanan berguna untuk meningkatkan jumlah energi, membantu penyerapan vitamin A, D, E dan K serta akan menambah lezatnya hidangan yang kita olah.

Mulina Wijaya selaku Deputi Marketing Manager Sunco melihat masyarakat seringkali menganggap minyak goreng adalah hal yang tidak berbahaya. Nah...agar terhindar dari penyakit berbahaya pastikan jangan menggunakan minyak goreng secara berulang - ulang. Jika minyak goreng sudah berubah warna akibat sisa makanan sebaiknya ganti dengan minyak yang baru. Selain itu hindari penggunaan suhu terlalu panas saat memasak karena dapat membentuk radikal bebas yang merugikan kesehatan dan merusak kandungan vitamin dalam minyak goreng itu sendiri.

Wah....serem ya...nah mulai dari sekarang ga usah lagi ya sayang - sayang untuk mengganti dan membuang minyak goreng yang sudah berubah warna dengan yang baru. Karena kesehatan keluarga jauh lebih penting dari apapun juga. Jangan hanya karena mau irit tapi keluarga terkena penyakit yang berbahaya.

Saat ini sudah ada minyak goreng yang aman dan sehat untuk keluarga kita loh.
Minyak goreng Sunco #MinyakGorengBaik yang #DikitNempel di makanan, sangat baik untuk makanan yang di goreng. Jadi tidak perlu banyak - banyak menggunakan minyak goreng karena minyak Sunco ini sedikit saja sudah menempel di masakan.

Tahu kah anda pemakaian minyak berlebih akan menyebabkan penyakit yang berbahaya.

Penyakit apa sajakah itu ?
Kelebihan lemak akan menyebabkan obesitas dan penyakit degeneratif, seperti kanker, penumpukan lemak di hati, dan yang paling populer yaitu jantung koroner.
Maka dari itu kandungan lemak yang masuk ke dalam tubuh harus dijaga betul ya...
Dan jangan salah pilih minyak goreng yang sehat dan aman untuk keluarga tercinta.

Sunco sudah terbukti minyak goreng aman dan sehat. #MinyakGorengBaik  yang #DikitNempel di makanan. Sunco sangat cocok untuk makanan yang di goreng ataupun tumisan.
Pilih minyak goreng yang baik, karena minyak goreng itu salah satu sumber lemak lho!

Berikut ini saya lampirkan ciri - ciri minyak goreng yang baik, adalah :


  • Warna minyak goreng bening. Jika minyak goreng berubah warna itu adalah salah satu tanda minyak mulai mengalami kerusakan / oksidasi.
  • Memiliki tingkat kekentalan yang menyerupai air ( lebih encer ). Minyak goreng yang lebih encer membuat minyak yang menempel di makanan menjadi lebih sedikit, otomatis lebih sedikit juga minyak yang terkomsumsi.
  • Tidak mudah beku, artinya mempunyai kandungan lemak jenuh yang lebih sedikit.

Itulah ciri - ciri minyak goreng yang baik, aman dan sehat.

Nah....supaya lebih yakin lagi buktikan saja dengan tes Organoleptic, yaitu dengan cara mengecap sejumlah minyak goreng ( kira - kira 1 sendok ), jika tanpa ada rasa atau rasanya seperti air, itu adalah salah satu juga tanda minyak goreng yang baik.

Nah...jadi para ibu sudah tahu ya, mana minyak yang baik dan sehat mana yang tidak sehat.
Jangan ragu lagi ya, untuk membeli minyak goreng yang aman untuk kesehatan keluarga. Ingat! minyak goreng yang sehat adalah : dikit nempel dimakanan, bening, tidak mudah beku, nampak lebih encer dan tidak serik ditenggorokan.

Ayo...silahkan cek minyak goreng Ibu - ibu dirumah, dan segeralah mengganti dengan minyak goreng yang aman, sehat dan baik untuk kesehatan keluarga tercinta.
Kalau ada yang lebih baik kenapa ga?

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Sunco ini bisa di buka melalui Web di link : www.minyakgorengsunco.com atau di www.resepsehat.com
Atau melalui Fanspage = Sunco Indonesia ( https://www.facebook.com/sunCoIndonesia ).


Minggu 29 Januari 2017
tinapurbo@gmail.com
Categories:

4 komentar:

  1. memang kita harus pinter milih minyak goreng ya

    BalasHapus
  2. Minyak goreng pilihanku nih mba Tina

    BalasHapus
  3. Wah trima kasih bunda untuk review minyak gorengnya 😃

    BalasHapus