Menjaga Kebersihan Saat Menstruasi


 Assalamualaikum Wr. Wb

Seperti yang kita ketahui bahwa semua wanita akan mengalami masa menstruasi yang umumnya datang setiap bulannya. Wanita yang sudah masuk masa puber akan ditandai dengan haid. Perempuan akan menjadi lebih rentan sakit selama masa menstruasi setiap bulannya, karena itu ia harus ekstra hati-hati dalam menjaga kebersihan untuk menghindari infeksi. Kurangnya kebersihan merupakan salah satu penyebab utama berbagai masalah penyakit.

Untuk masalah kebersihan ini sendiri saat menstruasi harus lebih diperhatikan. Orangtua wajib memberikan masukan dan pandangan agar anak mengerti dan selalu menjaga kebersihan saat menstruasi. Karena anak remaja biasanya masih belum paham akan bahaya jika tidak menjaga kebersihan saat menstruasi. Bimbingan dan arahan orangtua lah yang akan membuat mereka paham dan menjalankannya.

Selama kita menstruasi, ada ruang tambahan bagi kuman untuk berkumpul dan menginfeksi tubuh akibat lebih banyak berkeringat dan keluarnya cairan dari vagina. Akibatnya kesehatan seseorang juga bisa terpengaruh. Dan menjaga kebersihan merupakan salah satu cara aman untuk mencegah kuman dan infeksi yang nantinya bisa merusak kulit, sistem pernapasan, sistem gastrointestinal serta mengganggu rutinitas normal kehidupan. Hal ini karena darah yang keluar saat menstruasi berasal dari organ reproduksi, maka kondisi ini harus ditangani dengan benar dan hati-hati sehingga kebersihan daerah pribadi menjadi hal yang penting.

Ada 5 Langkah Penting Menjaga Kebersihan Vagina Saat Haid

  1. Mengganti pembalut dengan rutin, Sebenarnya, tidak ada patokan pasti berapa kali harus mengganti pembalut. Sebab, setiap orang memiliki aliran darah yang berbeda-beda dan menyebabkan jumlah darah yang dikeluarkan juga akan berbeda. Tetapi, untuk menjaga vagina bersih dan terbebas dari bakteri, Anda sebaiknya mengganti pembalut sekitar 4-6 jam setelah pemakaian. Jadi dalam sehari, pembalut harus diganti sebanyak 4-6 kali.
  2. Membersihkan Vagina dengan cara yang tepat. Basuh miss V dari arah belakang ke depan dengan air mengalir. Jangan lupa juga untuk mengeringkan area miss V Anda agar tidak lembap, sebab permukaan yang lembap disukai oleh bakteri dan jamur.
  3. Pilih pembersih yang tepat untuk vagina. Vagina yang cenderung asam bisa iritasi jika Anda bersihkan dengan sabun mandi biasa yang pH-nya basa. Normalnya, pH miss V adalah 3,8-4,5. Karena itu, kebanyakan sabun mandi tidak cocok digunakan untuk membersihkan vagina. Pilihlah pembersih vagina yang tidak mengandung sabun, dan mempunyai pH yang sesuai dengan miss V. Gunakan pembersih vagina hanya untuk membersihkan bagian luar vagina, bukan bagian dalam vagina, karena dapat membunuh bakteri baik.
  4. Mencukur rambut kemaluan menjelang haid. Biasakan untuk mencukur rambut kemaluan sebelum Anda datang bulan. Rambut kemaluan yang terlalu panjang dan banyak dapat membuat darah haid menggumpal. Hal ini sering kali terlewatkan dan terlupa. Darah yang menggumpal dan menempel pada rambut kemaluan akan menjadi sarang jamur dan bakteri jika tidak dibersihkan dengan benar. 
  5. Memakai celana dalam berbahan katun. Gunakan pakaian dalam yang berbahan katun, sebab pakaian berbahan ini cukup baik untuk menyerap keringat, terutama keringat di sekitar vagina. Keringat yang dihasilkan di sekitar area miss V, akan membuatnya lembap dan tidak kering. Kondisi seperti ini semakin membuat bakteri dan jamur betah untuk berlama-lama di vagina Anda.

Betadine Feminine Hygiene  

Betadine Feminine Hygiene adalah  pembersih organ kewanitaan. Betadine Feminine Hygiene digunakan untuk membersihkan organ kewanitaan, selain itu Betadine Feminine Hygiene juga dapat mencegah dan membantu mengatasi keputihan yang biasanya menyebabkan bau dan gatal pada daerah sekitar organ kewanitaan. Betadine Feminine Hygiene mudah dan praktis digunakan.


Kegunaan dari Betadine Feminine Hygiene

Betadine Feminine Hygiene digunakan sebagai sabun pembersih organ kewanitaan. Untuk mencegah keputihan gunakan Feminine Hygiene 2 kali selama 5 hari berturut-turut.

Mencegah keputihan: gunakan Betadine Feminine Hygiene 1 kali sehari selama 5 hari berturut-turut.

Cara Penggunaan: Larutkan 1 tutup botol Betadine Feminine Hygiene dengan 1 gayung air dan basuhkan pada organ kewanitaan, diamkan selama 1 menit lalu bilas. 

Untuk mendapatkan produk ini bisa dibeli di Shopee atau di Tokopedia

Komentar